Modifikasi Yamaha R25 Ala Tracer Sport Adventure, Bikin Pangling Ya..

Motomaxone.com – Yamaha R25 tak lagi sepopuler dulu sewaktu rilis perdananya. Apalagi generasi pertamanya. Itu mengapa banyak pemilik yang berinisiatif memodifikasinya dengan model lain untuk mengusir kebosanan. Seperti modifikasi yang satu ini.

Banyak yang mengira Yamaha R25 versi adventure mirip model ducati multistrada ini adalah produk resmi pabrikan. Namun perkiraan tersebut salah. Alih-alih model baru, motor ini ternyata basis dari yamaha r25 yang disulap alias dimodifikasi sehingga memiliki postur jangkung mirip motor sport adventure layaknya versys nya kawasaki.

Pemilik Yamaha R25 yang dimodifikasi ala sport adventure ini ternyata asal Tegal Indonesia. Menurutnya modifikasi kali ini cukup rumit dari sisi perubahan basis full fairing menjadi half fairing. Fairing penuh Yamaha R25 itupun dipotong. Hasilnya jadi bolong.

Namun si pemilik berkreasi dengan dihadirkannya crashbar custom lengkap dengan slider pengaman saat terjatuh. Agar terlihat samar dikelir warna hitam. Tentu tak hanya sampai disitu. Seperti trend nya modifikasi ala motor adventure. Maka kehadiran crashbar dimanfaatkan sebagai tempat lampu tambahan yaitu fog lamp. Jenisnya Cree 6 mata dengan beban daya 25 watt yang terletak disamping kanan dan kiri.

Ubahan lain tentu dibuat lebih tinggi. Peninggi shock yang digunakan mencapai 15cm. Tak lupa ditambahkan pula pelindung shock ala motor adventure. Segitiga kemudi ternyata juga mendapatkan ubahan. Akibat dibuat jangkungnya si motor. Berikut setang lebar yang menyesuaikan karakter baru si motor.

Setelah posturnya ditinggikan, ada masalah lain. Kabel-kabel yang terdapat pada kemudi harus disesuaikan. Tentunya menggunakan kabel-kabel lebih panjang agar nyaman dan aman saat dipakai berkendara.

Visor depan asli yamaha R25 ditanggalkan. Diganti yang lebih cocok untuk genre adventurenya. Dipilihlah visor kawasaki versys 650. Sedangkan braket visornya pakai braket visor dari matik petualang honda yaitu ADV150.

Sepasang spion R25 lagi-lagi  tentu tidak pantas. Pilihannya jatuh pada Pulsar 200NS. Entah apa yang mendasari memilih sepasang spion Pulsar ini. Nah bagian bawah yang cenderung terbuka, ditutup kelemahan tersebut dengan cover engine milik saudara r25 yaitu MT25.

Sementara itu untuk menunjang gaya petualangnya, saluran gas buang alias knalpot juga diganti. Kali ini knalpot milik Ninja 250 FI yang secara model lebih keren ketimbang bawaan R25. Bagian velg pun tak luput dari ubahan. Velg belakang diganti ukuran 5,5 inch. Sepasang ban tapak lebar disematkan. Bagian depan berukuran 120/70 dan bagian belakang berukuran 180/55. Untuk mendukung kebutuhan membawa barang saat melakukan touring maka si pemilik menjatuhkan pilihan pada top box bermerk givi tipe E43 berkapasitas 43 liter. Untuk total biaya yang sudah dikeluarkan tentunya pembaca sekalian bisa melakukan estimasi perhitungan sendiri, mengingat si pemilik pun tak mau menyebutkan biaya modifikasinya tersebut mengingat proses modifikasi nya itu dilakukan bertahap.

Overall, hadirnya R25 bergaya tracer ini memberikan motivasi baru untuk pabrikan. Bahkan saking viralnya, beberapa media otomotif mainstream memuatnya. Hal tersebut sebagai bukti bahwa ada sektor kosong yang tak dimanfaatkan oleh yamaha untuk pengembangan produknya. (red)

Kolom Komentar