Menilik Peta Kekuatan Tim Pabrikan, Pedrosa Dominasi 2 Sesi Latihan Bebas…

pedrosa-lemans-fp12-2013

Pembukaan GP Le Mans telah dimulai mulai hari ini Jum’at. Mencoba tak ingin tertinggal dalam hal start, honda dengan pembalap utamanya Dani Pedrosa melesat sejak awal latihan bebas pertama hingga kedua.

Berturut-turut dalam free practice pertama dan kedua, Dani Pedrosa terlihat mendominasi jalannya latihan bebas GP Le Mans. Selain sukses menduduki posisi tercepat dalam satu putaran lap, Pedrosa juga membukukan sebagai rider yang mencapai top speed tertinggi hingga 308 kpj.

Bagaimana dengan pasukan Yamaha? Yup, Lorenzo pun cukup konsisten pada latihan bebas pertama dengan menempel ketat Pedrosa diposisi kedua. Namun, pada FP2 Lorenzo justru melorot ke posisi 4 dibawah Marquez dan Valentino Rossi. Rossi yang sesumbar bahwa track Le Mans merupakan lintasan favoritnya membuktikan pernyataannya dengan menjadi tercepat ke 3 berturut-turut pada FP1 dan FP2, bahkan pada free practice kedua Rossi berhasil lebih cepat dari rekan setimnya Lorenzo.

Marquez yang masih harus terus beradaptasi dengan RC213V tak menunggu waktu lama. Sempat terseok di FP1 dengan berada pada posisi 7. Marq membalasnya dengan membungkam opini publik yang langsung melesat ke posisi 2 tercepat pada sesi berikutnya.

Meninggalkan perseteruan abadi Yamaha dan Honda, Ducati datang ke Le Mans dengan lebih percaya diri seiring dengan pengembangan GP13 dibagian chasis yang saat ini lebih terlihat sama dengan sasis motor-motor jepang. Bahkan pada FP 1, punggawa Ducati Hayden dan Dovi secara mengejutkan mengamankan posisi 4 dan 5 tercepat. Namun pada FP2, Ducati kembali sedikit kewalahan dengan keseriusan tim satelit yamaha (Crutchlow) dan Honda (Bradl), hingga terpaksa tersingkir melorot ke urutan 7 dan 8.

Hasil FP1 dan FP2 ini bagi fnc, bukan menjadi patokan jalannya race nanti, seperti musim-musim sebelumnya. Honda pun cukup bagus saat mencatatkan waktu tercepat di lintasan Le Mans namun melempem disaat race. Lagi-lagi dengan kondisi lintasan yang cukup banyak tikungan seperti Le Mans, skill pembalap lebih teruji selain kekuatan motor tentunya. (fnc)

Hasil FP 1 dan FP 2 GP Le Mans :

lemansFP1

lemansFP2

4 Comments

Kolom Komentar