Kualifikasi GP Le Mans, Marquez Pole, Pedrosa-Rossi Jatuh Bebas

93marquez_lemans-2013l

Peta kekuatan tim yang telah memberikan penampilan terbaiknya sejak sesi latihan bebas pertama dan kedua benar-benar diluar dugaan harus berbalik bak sebuah gerbong kereta yang dipaksa untuk berbalik. Benar-benar diluar dugaan, ‘the baby alien’ Marc Marquez berhasil merebut pole position untuk esok hari mengawali start GP Le Mans.

Pedrosa yang digadang-gadang akan meneruskan tren positifnya dengan tetap mendominasi sesi latihan dan kualifikasi harus mengakui kualitas rookie repsok honda yang sama-sama asal spanyol tersebut. Pedrosa secara menyedihkan harus terjun bebas ke posisi 6 mengawali start besok.

Berbeda dengan Pedrosa, Lorenzo rupanya lebih beruntung mengingat dirinya masih mendapatkan porsi dan support penuh dari tim yamaha hingga lebih mampu bersaing dengan setting motor pilihannya. Hingga kualifikasi selesai, Lorenzo mampu menempel ketat Marq walau start posisi kedua ini sedikit menurunkan gengsi tim yang diusungnya.

Siapa yang akan start di posisi ketiga? Rossi kah. TIDAK, Ducati secara mengejutkan diwakili Dovizioso mengamankan start ketiga GP Le Mans. Nah lho, inilah hasil terbaik Ducati yang mampu menembus 3 besar di sesi kualifikasi seperti saat diperkuat Rossi 2011 lalu. Besar kemungkinan, hasil yang diperoleh Dovi kali ini merupakan hasil perbaruan sasis yang pernah fnc singgung pada artikel beberapa hari lalu tentang Desmo GP13.

Rossi lagi-lagi kembali menelan rasa malu nya sendiri dimana dirinya sempat sesumbar akan meraih hasil baik kali ini terkait lintasan Le Mans yang menjadi favoritnya. Posisi Rossi pun tak jauh berbeda dari Pedrosa yang turut terjun bebas ke posisi kedelapan. Hasil yang benar-benar buruk bagi Rossi yang notabenenya telah kembali nyemplak Yamaha M1 kebanggaannya.

Bahkan Rossi yang berada di posisi tim utama harus kalah dengan pembalap tim satelit macam Crutchlow di posisi 4, Bradl di posisi 5 dan Bautista diposisi ke-7. Minggu yang buruk bagi rossi kali ini. Dan, pertunjukan ala GP CoTA Austin dimana Marquez sukses meraih podium bisa jadi akan terulang di GP Le Mans. Dan jika itu terjadi akan menjadi kebanggaan Honda yang hanya mampu merebut Podium Pertama di GP Le Mans hanya pada masa kejayaan Stoner pada 2011 lalu.

Patut diketahui, Le Mans identik dengan Yamaha karena kemenangan besar ditorehkan Yamaha lebih banyak. Dari data yang fnc catat, sejak 2008 hingga 2010 Yamaha mendominasi podium. 2011 sempat di miliki Honda dengan pembalap terbaiknya Stoner kala itu dan 2012 kembali direbut Yamaha melalui tangan Lorenzo. Hmmm peta kekuatan yang sungguh semakin menegangkan MotoGP musim ini, adakah kans Rossi masuk podium kali ini? Hmmm menarik nih, Rossi harus lebih keras menunjukkan kemampuannya bersaing dengan pembalap-pembalap muda yang secara mental masih terbilan on fire. (fnc)

Hasil Kualifikasi GP Le Mans 2013 :

QP Le Mans 2013

Kolom Komentar