Kualifikasi (QP2) MotoGP Jerez, Marc Marquez Pole Position, Spaniard Sapu Bersih 3 Tercepat…….

93marquez,gpjerez_qp2

Pembaca sekalian sesi final latihan bebas diakhiri dengan kompetisi yang cukup ketat di sesi kualifikasi tahap kedua (QP2) GP Jerez, Spanyol. Setelah sempat saling beradu kecepatan dengan torehan waktu tercepat di sesi sebelumnya, Marc Marquez sukses menyabet record tercepat di sesi kualifikasi 2 Jerez.

Jalannya sesi kualifikasi sedikit ‘membosankan’ dikarenakan tak banyak torehan waktu jarang sekali naik turun alias kompetitif secara catatan waktu masing-masing pembalap. Alhasil, seri balap yang bertempat di spanyol ini begitu didominasi oleh pembalap tuan rumah (pembalap asal spanyol).

Tercatat, 3 besar di sapu bersih oleh pembalap tuan rumah secara berurutan Marquez, Lorenzo dan Pedrosa. Tren positif yang ditunjukkan Lorenzo dan Pedrosa di FP3 lalu terbukti menjadikan mereka kokoh setidaknya di 3 besar pembalap yang berhasil menjadi penakhluk sirkuit jerez.

Marquez memantapkan diri meraih pole position untuk race sore nanti dengan menjadi terbaik di torehan waktu 1’38.120. Diikuti Lorenzo 0,421 detik lebih lambat dan Pedrosa 0,510 detik lebih lambat dari posisi pertama. Sedangkan posisi 4 masih dipertahankan oleh Rossi yang terpaut 0,227 detik lebih lambat dari Lorenzo.

Espargaro A, yang sempat memberikan kejutan dengan status underdog sebagai pembalap tim open class, terbukti masih bertaji untuk bertarung dengan jajaran pembalap pabrikan. Torehan Aleix Esp yang berada di posisi 5, hanya terpaut 0,150 detik dari Rossi yang menempati start di posisi ke-4. Posisi ke-6 ditempati oleh Dovizioso dengan torehan waktu 1,1 detik dari pembalap tercepat, dan disinyalir race nanti sore tak akan mampu menjadikan Ducati kompetitif melawan tim pabrikan.

Melihat peta kekuatannya, karakteristik Jerez yang memiliki banyak tikungan dan track lurus yang sedikit, maka baik Honda dan Yamaha cukup diuntungkan. Kunci utama menutup pergerakan Marquez diawal lap, bisa menjadi senjata ampuh mengingat Jerez merupakan sirkuit yang tak mudah digunakan untuk menyalip lawan. Namun motivasi Marquez yang telah merayakan 100x penampilannya di grand prix balap motor pastinya akan menjadi extra spirit untuk menyempurnakan rekor 3 kali menang di seri sebelumnya. (fnc)

Qualify, GP Jerez 2014
Qualify, GP Jerez 2014

_____________

Related Posts :

Kolom Komentar