Kualifikasi MotoGP Mugello, Pedrosa Rebut Pole Position….

26pedrosa_kualifikasi_mugello

Memang sudah dasarnya, jika sesi kualifikasi motogp akan selalu memberikan kejutan yang tak disangka. Bisa jadi sama dengan peta kekuatan latihan bebas ataupun berbeda jauh dengan sesi latihan sebelumnya. Seperti yang terjadi pada sesi kualifikasi GP Mugello 2013 kali ini.

Pedrosa tak bisa diremehkan oleh jagoan-jagoan yamaha seperti musim lalu dengan memastikan dirinya meraih pole position pada sesi kualifikasi 2 waktu setempat dengan mencatatkan waktu tercepat 1’47.157. Pedrosa sukses meneruskan tren positifnya yang dibukukan pada latihan bebas sesi ke 4 lalu. Dengan ini the spaniard repsol honda tersebut memastikan akan mengawali start pada posisi terdepan esok hari.

Begitu hal nya dengan Lorenzo, pasukan utama Yamaha yang terlihat on fire sejak sesi latihan pertama, akhirnya kembali pada form semula yang selalu kedodoran akan tekanan andalan honda, mirisnya selalu terjadi pada sesi terakhir. Meskipun tak melorot dibandingkan FP4, dengan tetap berada di posisi kedua , bisa jadi pada race nanti akan ada kejutan seru dari barisan belakang.

Meninggalkan Lorenzo, posisi ketiga secara mengejutkan ditempati oleh wakil Ducati Andrea Dovizioso. Meskipun tak menempel ketat 2 tercepat dengan waktu 0.471 lebih lambat, tetap saja performa Dovi bersama Ducati kali ini patut diapresiasi mengingat musim lalu Ducati selalu dipusingkan dengan penampilan melempem kala berada di lintasan kering. Jelas hasil akhir ini adalah prestasi yang cukup ciamik Ducati musim ini, yang tentunya menandakan Ducati Desmo GP13 semakin kompetitif berkat pengembangan besar-besaran yang salah satunya sektor rangka yang terlihat seperti model Deltabox motor-motor jepang.

Crutchlow dan Bradl, saling membuktikan diri mempertontonkan kualitas terbaik tim satelit. Namun kali ini, Cal kembali lebih unggul menempati posisi 4 diikuti Bradl di posisi 4.

Marquez yang kembali membaik pada FP4 melanjutkan penampilan mengesankan di sesi kualifikasi dengan berhasil mengamankan posisi ke 6, padahal ketahui bersama Marq tak dalam kondisi 100% fit sejak kecelakaan yang dialaminya pada sesi latihan bebas.

Menyusul Marquez, Rossi di posisi ke-7. Catatan waktunya memperlihatkan 0.715 detik lebih lambat dari posisi tercepat teratas. Meskipun tak lebih dari 1 detik, tetap saja raihan posisi 7 adalah hal yang memalukan mengingat pernyataan Rossi yang selalu terlalu percaya diri. Fnc sedikit sangsi dengan penurunan penampilan Rossi musim ini, padahal paket Yamaha M1 yang digadang-gadang akan membuatnya kembali pada track juara sudah didapatkan. Entah, fnc hanya berfikir apakah faktor usia rossi yang lebih dari 30 tahun ini cukup mengganggu penampilannya.

Makin seru nih balapan GP Mugello esok hari, yang jelas segalanya bisa terjadi. Bukan karena seorang pembalap tersebut mendominasi. Faktor X pun juga berperan, mengingat antar satu dengan yang lain berpotensi yang saling menjatuhkan, namun tetap dengan sikap professional tentunya. (fnc)

Hasil Kualifikasi MotoGP Mugello :

0001

No Comments

Kolom Komentar