Kebijakan Istimewa CRT Rider, Dilema Tim Pabrikan

Motomaxone.com – Pastinya kita semua sudah semakin mengetahui regulasi baru kompetisi motogp untuk musim 2012. Ya CRT, regulasi yang sebelumnya banyak ditentang oleh beberapa rider papan atas akhirnya tetap dijalankan.

Meskipun begitu, nantinya CRT akan menyisakan perbedaan yang cukup mencolok. Pastinya dengan perbedaan kebijakan antara rider CRT dan Factory Build (Pabrikan) bakal menjadikan kompetisi kurang dalam hal fair play. Beberapa kebijakan sangat terlihat menguntungkan para rider yang memakai aturan baru tersebut.

Sebut saja CRT, pembalap CRT akan diizinkan bahan bakar ekstra sebanyak 24 liter sedangkan rider pabrikan hanya diperbolehkan memakai 21 liter bahan bakar dan perubahan batas maksimal penggunaan mesin sebanyak 12 bukan 6 seperti halnya tim pabrikan. Semua mesin akan ditentukan berat minimal 153kg, menggunakan 4 silinder mesin dan memiliki lubang silinder maksimum 81mm.

Dari 2 poin diatas, banyak keuntungan pastinya yang diperoleh pembalap CRT. Mereka akan lebih leluasa melakukan uji coba dalam setiap seri balapan yang akan digelar karena memiliki cadangan mesin yang lebih banyak dibandingkan mesin tim pabrikan. Saya lebih berpendapat bahwa mesin CRT memang tak sebaik dan sekuat mesin pabrikan jika dilihat dari regulasi yang membatasi penggunaan mesin sebanyak 12 buah. Dan itu harus dibuktikan oleh para pembalap pabrikan bahwa keputusan mereka bertahan dengan mesin tersebut adalah bukan suatu kesalahan.

Di artikel sebelumnya saya berusaha memberikan gambaran akan peta persaingan motogp musim 2012 dengan memberikan list peserta resmi motogp. Sekarang, tak ada salahnya saya membuat list pembalap motogp 2012 dengan memisahkan para rider dan tim yang terpisah menjadi 2 kubu karena regulasi baru tersebut.(fnc)

Berikut daftar pembalap motogp 2012 :

2012 MotoGP (factory-built) riders:
Casey Stoner AUS Honda Team
Dani Pedrosa SPA Honda Team
Jorge Lorenzo SPA Yamaha Factory Racing
Ben Spies USA Yamaha Factory Racing
Valentino Rossi ITA Ducati Team
Nicky Hayden USA Ducati Team
Alvaro Bautista SPA Honda Gresini
Andrea Dovizioso ITA Yamaha Tech 3
Cal Crutchlow GBR Yamaha Tech 3
Hector Barbera SPA Pramac Racing Team
Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing
Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP

2012 MotoGP CRT riders:
Colin Edwards USA Forward Racing (Suter)
Danilo Petrucci ITA Ioda Racing Project (Ioda)
Anthony West AUS Speed Master (ART)
Randy De Puniet FRA Aspar Team MotoGP (ART)
Aleix Espargaro SPA Aspar Team MotoGP (ART)
Ivan Silva SPA BQR (FTR)
Yonny Hernandez COL BQR (FTR)
Michele Pirro ITA Honda Gresini (FTR)
James Ellison GBR Paul Bird Racing (ART)

Kolom Komentar