yamaha

Kawasaki Stockman 230, Segmen Baru Dual Purpose KMI

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, semoga senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala. PT. KMI (Kawasaki Motor Indonesia) merilis motor baru. Stockman 230 berkapasitas mesin 233 cc. Motor ini diklaim mengisi kelas baru ‘STOCKMAN’ di segmen motor dual purpose.

Secara konsep, merupakan perpaduan KLX dan D-Tracker. Modelnya memang aneh bagi kebanyakan konsumen perkotaan. Dari tujuannya, KMI memang membidik motor ini sebagai kendaraan yang cocok untuk digunakan di perkebunan, pertambangan hingga pertanian.

Banderol harganya mencapai 57,5 juta rupiah. Motor yang mengusung tagline “BUILT TOUGH” ini berasal dari Australia. Meskipun mengusung model motor batangan, diklaim ringan dan ringkas. Memudahkan saat bermanuver di medan jalan dengan kontur beragam.

Meskipun demikian, motor ini tidak sepenuhnya mengusung desain baru. Desain cover headlamp sekilas mengingatkan penulis pada Kawasaki KLX 230 model tahun 2019. Mengusung reflektor dengan model luas dan dipadukan lampu utama yang masih menggunakan model konvensional Halogen 60/55 watt.

Tentunya, keputusan menggunakan model bohlam halogen ini disesuaikan untuk tujuan habitatnya. Yang memang minim cahaya, namun tetap ekonomis untuk penggantiannya dan mudah ditemukan di daerah. Berbeda dengan lampu utama model LED yang relatif sangat mahal karena harus membeli satu set unit assy headlamp.

Unit headlamp ini pun masih dilengkapi dengan headlamp guard. Model teralis yang melindungi lampu utama. Yang sudah barang tentu memiliki fungsi mengurangi potensi kerusakan saat motor terjatuh. Juga bisa dimanfaatkan untuk cantolan barang-barang dengan beban ringan.

Stockman 230 ini mengusung tipe sasis yang sama dengan keluarga KLX. Memiliki sumbu roda yang relatif pendek untuk kelincahan bermanuver. KMI mengklaim motor ini cukup ringan dengan bobot kering 137 kg. Kapasitas bahan bakarnya hanya 7,5 liter, masih kalah banyak dibandingkan PCX yang mencapai 8,1 liter. Namun Stockman 230 memang tak perlu tangki BBM terlalu banyak untuk mendukung kelincahan motornya itu sendiri.

Kawasaki Stockman 230 ini memiliki spesifikasi mesin 233 cc, SOHC, 2 katup dengan sistem pendingin udara. Kompresinya hanya 9,4:1 namun sudah menggunakan sistem pengabut bahan bakar Injeksi. Spesifikasi yang terlihat konvensional ini memang memiliki alasan, pasalnya penggunaannya di daerah perkebunan dan pertanian memang tak memerlukan mesin high-specs. Dengan spesifikasi tersebut, Stockman juga masih sangat aman menggunakan BBM dengan ron rendah seperti Pertalite. Andai masih ada premium pun, motor ini masih cocok dengan bahan bakar ron 88 tersebut. Diatas kertas, Stockman dibekali power 18,7 hp @ 7600RPM dan torsi 19,8 Nm @ 6100 RPM.

Suspensi depan dibekali dengan model teleskopik konvensional 37 mm dan dilengkapi dengan pelindung karet agar tidak mudah kotor dan baret terkena debu hingga lumpur. Suspensi belakang mengusung model monoshock unitrack dengan spring preload. Memiliki roda asimetris. Roda depan 21 inch dengan ukuran ban 80/100 dan roda belakang 18 inch dengan ukuran ban 100/100. Sepasang ban nya sendiri dibekali dengan model ban enduro yang cocok untuk medan offroad.

Panel meter terlihat minimalis namun masih cukup informatif dengan tampilan digitalnya. Pada panel meter digitalnya itu tertera informasi indikator BBM, waktu, speed meter, odometer dan indikator sensor.

Nah semoga artikel ini mengobati rasa penasaran pembaca sekalian tentang motor baru KMI yaitu Kawasaki Stockman 230. Harga tertera 57,5 juta rupiah terhitung sebagai harga off the road wilayah Jakarta. (~fn)

Kolom Komentar