xtracuan

Kawasaki Ninja ZX-25R, Permintaan Meningkat Terkendala Inden Lama..

xtracuan

 

Motomaxone.com – Sobat bikers sekalian. Bukan hanya dikeluhkan banyak pabrikan motor dengan produk entry level. Namun Kawasaki (KMI) ternyata juga mendapatkan dampak akan krisis ketersediaan chip semikonduktor yang kini menerpa produk flagshipnya Ninja ZX-25R.

Ninja 250 4 silinder atau dikenal dengan Ninja ZX-25R saat ini masih menjadi produk langka alias satu-satunya motor sport full faired yang mengusung mesin 4 silinder dengan kubikasi mesin kecil 250 cc.

Nah fakta dilapangan untuk saat ini bahwa krisis chip semikonduktor tersebut akhirnya memaksa panjangnya proses inden Ninja ZX-25R. Motor yang diklaim KMI mengusung fitur canggih dengan sistem pengabut injeksi ini membuat motor ini membutuhkan chip lebih banyak untuk mendukung penerapan teknologinya tersebut.

Krisis pasokan semikonduktor tersebut tak hanya melanda pasar domestik, namun ternyata juga melanda pasar global dengan estimasi inden ZX-25R  mencapai 2 s/d 3 bulan lamanya. “Kawasaki Ninja ZX-25R indennya bisa 2 sampai 3 bulan. Karena memang suplai dari manufaktur semikonduktor yang terhambat. Dan Ninja ZX-25R ini memiliki perangkat elektronik yang banyak sehingga membutuhkan juga support yang lebih dari chip tersebut,” kata Michael C.Tanadhi selaku salah satu petinggi di jajaran manajemen KMI.

Kawasaki ZX-25R saat ini sudah dirakit sendiri oleh pihak Kawasaki Indonesia dengan status CKD (Completely Knock Down). Dengan besarnya antusiasme konsumen untuk membeli ZX-25R ini tentu suatu kewajiban untuk KMI menjelaskan bahwa potensi inden motor tersebut memang cukup lama sehingga hal tersebut akan menjadi resiko yang wajib ditanggung oleh konsumen yang berniat untuk membeli motor tersebut.

Meskipun ZX-25R dibanderol dengan harga cukup tinggi mencapai 102 juta rupiah tipe terendah dan 120 juta rupiah untuk tipe tertinggi, sejak Januari 2022 lalu hingga saat ini.. penjualan ZX-25R sudah mampu menembus 6.145 unit dengan deskripsi produk terlaris adalah tipe tertinggi SE ABS. Sehingga secara kalkulasi pendapatan KMI sudah meraup hasil penjualan sebesar Rp. 737.400.000.000 (737 milliar 400 juta rupiah).

Kawasaki Ninja ZX-25R saat ini memang sangat diminati untuk pasar motor sport fairing penuh dikelas 250 cc. Dikarenakan motor ini satu-satunya motor dikelas 250 cc yang menawarkan pengalaman berkendara dengan mesin 4 silinder yang memiliki suara khas bak motor supersport di lintasan sirkuit.

Dibekali dengan mesin berkapasitas 249 cc 4 silinder, DOHC, 16 klep, 4-tak, sistem pendingin radiator, injeksi dengan fitur-fitur menarik hingga mampu mencapai limit 18.000 RPM. Ninja ZX-25R memang dibekali modal yang saat ini belum dimiliki oleh kompetitornya. (~FN)

Kolom Komentar