Jupiter MX Bermesin Yamaha YZF R125 6-Speed, Ini Baru Mantab

Sebuah kuda besi, ibarat refleksi dari pemiliknya sendiri. Artinya, cerminan diri bisa dilihat dari tunggangan motor tercinta. So, berbagai upaya akan dikerahkan untuk sang pemilik untuk menyulap si kuda besi menjadi nan menarik dipandang setiap orang yang melihatnya.

Mengurus sang motor adalah suatu hal wajib bagi seorang rider. Bukan hanya dalam hal tampilan, namun performa juga perlu diperhatikan. Yah sekedar untuk melatih dan memacu si tunggangan.

Beberapa bulan lalu, saya sempat mengangkat tema tentang modifikasi fenomenal Yamaha T135 yang mengaplikasikan block set honda CBR 150R. Bagi yang belum mengenal Yamaha T135, itu lho brosis jika di indonesia sering kali disebut Yamaha Jupiter MX. Maklum jika berbeda nama, mengingat Jupiter MX sebenarnya adalah Project Yamaha Asia Tenggara dalam pengembangan motor moped. So, beda negara beda pula penamaannya.

Kenapa fenomenal? Karena Yamaha T135 ini, adalah produk yang cukup banyak dimodifikasi oleh para tuner di asia tenggara tak terkecuali para tuner dari indonesia. Baik modifikasi tampilan sampai jeroan mesin untuk menciptakan Yamaha T135 yang super beringas melaju dijalanan.

Apresiasi saya tujukan pada para tuner-tuner yamaha T135 tersebut. Karena dari ide-ide modifikasi merekalah para pemilik Yamaha Jupiter MX bisa berkreasi dengan berpedoman pada pengalaman mereka.

Jika di vietnam, Yamaha T135 disulap menggunakan blok mesin Honda CBR150R. Hingga menjadikan Jupiter MX bermesin DOHC. Tak kalah pula modifikator dari negera Filipina. Bro traxx, biasa forum T135 menyebutnya. Beliau adalah salah satu inspirasi para Yamaha T135 lover untuk memodif performa tunggangannya. Terbaru dari beliau adalah aplikasi Mesin Yamaha YZF R125 ke tubuh Yamaha ‘T135’ Jupiter MX.

Meskipun sempat sukses dengan modifikasi nya menggunakan bore kit yamaha vixion berikut part pendukungnya, namun nyatanya masih jauh dari rasa puas. Padahal jika dilihat recordnya, berbekal mesin MX bore up 150cc saja bro traxx mampu membuat malu penunggang CBR 150R dan New CBR 150R. Tak ketinggalan, Satria FU pun terlihat tak berdaya menghadapi mesin racikannya tersebut.

Salah satu alasan menggunakan mesin moge YZF R125 ini adalah keinginan untuk berpenampilan sama dengan yamaha motogp. Salah satunya adalah mengaplikasikan ban gambot. Disaat aplikasikan ban super gede (untuk ukuran motor underbone), mesin MX yang dibore up 150cc tersebut dirasa kurang mampu dengan beban tersebut. So, dipasanglah mesin moge yamaha ini ke tubuh yamaha T135 nan mungil.

Yamaha YZF R125 yang sejatinya bermesin SOHC 4 klep, ditunjang sistem transmisi 6-speed dengan sistem injeksi. Sukses dirubah ke sistem karburator dan disesuaikan dengan sistem pengapian Yamaha Jupiter MX. Hmmm, gimana top speednya ya? Dengan berbekal mesin standar R125 berikut karburator venturi 26mm, cdi racing dan cam kawahara, mesin standar 125cc ini mampu meninggalkan jauh Yamaha New Jupiter MX yang sudah dimodifikasi jeroannya namun menggunakan cam standar. Hmm bagaimana nanti jika sudah dilakukan bore-up? Bakal menantang Ninin 250 dan CBR 250 nih :mrgreen: . (fnc)

No Comments

Kolom Komentar