Jangan Amplas Busi Motor, Berikut Wejangan Yamaha STSJ

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, salah satu bentuk merawat motor kesayangan adalah membersihkan busi,  cara ini menjadi salah satu langkah yang dilakukan oleh pemilik kendaraan ketika mengetahui busi dalam keadaan kotor. Kondisi busi yang kotor bisa mempengaruhi performa mesin. Maka dari itu, pemilik kendaraan biasanya mengambil langkah untuk melepas busi dan membersihkannya sendiri. Namun, ternyata masih banyak pengendara yang memilih untuk membersihkan busi menggunakan amplas.

Mengamplas busi ternyata bukan solusi untuk mengembalikannya ke performa maksimal. Kegiatan ini hanya akan mengikis  lapisan elektroda. Sedangkan Elektroda yang terkikis menyebabkan jarak elektroda semakin lebar dan akan menciptakan kendala pada pembakaran di ruang bakar ketika mesin menyala.

Ilham Wahyudi, GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), mengungkapkan bahwa membersihkan busi menggunakan amplas bukanlah hal yang direkomendasikan oleh Yamaha. Sebab, amplas memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat mengikis busi itu sendiri.

“Nanti bisa menciptakan percikan api yang akhirnya menganggur pembakaran pada kendaraan. Maka dari itu jangan sekali-kali mencoba cara ini, karena dapat merugikan pengendara dikemudian hari,” tambah Ilham.

Busi bukan komponen yang bisa dirawat secara terus menerus, oleh karena itu Jika busi sudah tidak dalam kondisi yang optimal, segera lakukan pergantian. Jika tidak diganti, lama kelamaan akan membuat tarikan motor semakin berat dan kendaraan jadi lebih boros bahan bakar. Cukup membersihkan busi dengan menggunakan kain lap.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends. (fn)

About MOTOMAXONE.COM 4650 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar