nmax

Honda Recall Produk Untuk Sebuah Reflektor ? Ini Soal Integritas Pabrikan..

nmax

MotoMaxone.com – Honda belum lama ini melakukan kampanye recall produk. Sesuai dengan surat keterangan resminya, sebanyak 32 ribu motor masuk dalam daftar recall untuk dilakukan penggantian sparepare berupa Reflektor. Sedangkan jenisnya terdapat 11 model, termasuk Honda New Super Cub 125 dan Rebel 500.

Kampanye recall produk ini terjadi di negeri gajah putih Thailand. Yang menarik, temuan untuk melakukan recall tersebut datang dari Honda sendiri setelah mendapatkan feedback dari otoritas luar negeri dan informasi dari perusahaan afiliasi Honda. Honda dikabarkan melaporkan kepada Kementerian setempat untuk menarik kembali produknya yang sudah beredar dipasaran.

Usut punya usut hal apa yang melatarbelakangi adanya program recall tersebut adalah adanya bagian Reflektor yang dianggap tak sesuai dengan standar keselamatan.

Secara lebih terperinci, reflektor yang dimaksud adalah reflektor bagian belakang dari motor yang diilustrasikan dibagian bawah lampu belakang. Yang dimaksud tidak sesuai standar adalah reflektor yang ada tersebut tidak dibentuk dengan benar sehingga memungkinkan pantulan cahaya dapat tersebar tidak sesuai arah yang ditentukan standar keselamatan dalam undang-undang negara tersebut.

Memang tidak ada laporan kerusakan bahkan kecelakaan dari reflektor yang tidak sesuai standar keselamatan tersebut. Namun hal ini patut diapresiasi dan dijadikan sebagai contoh bagi ATPM merk lainnya terutama di pasar otomotif Indonesia bahwa hal tersebut merupakan wujud dari kepedulian Honda terhadap keselamatan konsumen dijalan raya.

Dari 11 model yang mengikuti program recall Honda Thailand, 5 diantaranya dipasarkan di Indonesia melalui Astra Honda Motor yaitu Super Cub C125, Rebel 500, CRF250Rally, CB650R, dan Honda Monkey. Jikalau memang produk yang sudah dipasarkan di indonesia memiliki indikasi tersebut, diharapkan AHM juga melalukan hal serupa. (red)

Kolom Komentar