Honda Genio 2019, Motor Matik Dengan Mesin Generasi Terbaru Yang Lebih Overstroke !!

Motomaxone.com — Apa kabar sobat biker pembaca sekalian. Penulis mendapatkan update terbaru dari produk teranyar Astra Honda Motor yaitu Honda Genio 110. Berikut akan coba penulis ulas secara singkat namun padat berisi :mrgreen: ….

Melihat sekilas, membaca infonya dan kemudian mengamati detailnya (meskipun hanya via gambar), penulis mendapati hal-hal yang cukup menarik dari produk baru Honda Genio 110 ini. Beberapa pihak bilang kalau motor matik honda terbaru ini adalah pengganti Vario 110, namun bagi penulis mungkin tidak secara spesifik karena genrenya memang beda.

Lihat-lihat desainnya mengingatkan penulis pada honda scoopy model lama yang belum menggunakan lampu LED seperti sekarang. Yang berbeda, jika New Scoopy sudah berubah penampilan menjadi Retro Modern, namun Honda Genio 110 ini seperti masih tetap mempertahankan konsep klasiknya namun dibalut lebih elegan. Dalam arti lain.. Honda mencoba membuat segmen baru dari kehadiran Genio 110 ini.

Mesin Honda Genio ini mengusung kapasitas 110cc, sama seperti Beat dan Vario 110 LED. Namun secara spesifik, Honda membekali Genio ini dengan platform mesin yang berbeda. Mengorek dari banyak informasi yang bergentayangan di dunia maya… penulis dapat jika dibandingkan dengan mesin Beat saja.. meskipun sama-sama 110cc tapi beda spek mesinnya yang pasti juga beda output performanya.

Mesin Genio 110 menggunakan mesin generasi baru dengan perbandingan Bore (Diameter’piston’) x Stroke (langkah) diangka 47mm x 63,1mm. Sedangkan mesin 110cc generasi lama menggunakan perbandingan diameter dan langkah 50mm x 55,1mm. Keduanya generasi mesin ini terlihat memiliki karakter overstroke karena besaran langkah yang lebih tinggi namun mesin 110cc generasi baru ini memiliki selisih overstroke yang lebih tinggi mencapai 16,1.. bandingkan dengan model lama yang memiliki selisih 5,1.

Alhasil semburan performa Honda Genio dengan mesin baru 110cc ini bisa terdongkrak. Honda Genio ini memiliki Power 8,87dk @7.500rpm sedangkan torsinya 9,3 Nm @5.500rpm.  Coba kita bandingin lagi dengan performa mesin lama yaitu power 8,5dk @7.500rpm dan torsi 9Nm @6.500rpm. Kailan torsi Honda Genio dengan mesin 110cc terbaru lebih besar namun mampu menghemat putaran mesin yang lebih rendah.

Masalah desain tentu memang sesuai selera, dan pastinya konsumen jadi lebih banyak pilihan. Yang pasti… dibandingkan dengan new scoopy, Honda Genio ini sudah memiliki tampilan spidometer Full Digital yang lebih simpel dan tak kalah informatif.

GALERI FOTO :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...