Honda CBR 500 dan CB 500, Penantang Nyata Kawasaki !!

Dalam perang, berlaku sebuah hukum yang kuatlah yang menjadi pemenang. Salah satunya adalah memiliki pasukan yang dapat diandalkan. Tak hanya mengandalkan jumlah yang banyak tapi juga memiliki kualitas mumpuni dab berbeda sehingga bisa dengan mudah mehabisi musuh2nya.

Begitu juga dengan rivalitas atpm. Tak hanya mengandalkan banyak produk, tetapi juga membutuhkan produk yang memiliki kualitas dan diferensiasi dengan kebanyakan produk yang beredar. Dalam persaingan motorsport level menengah di jepang, Honda dan Kawasaki lah yang antusias bersaing.

Kita semua tahu bahwa beberapa saat lalu, kawasaki merilis pertama kali new ninja 250 FI di indonesia. Namun, beda di asia beda pula di amerika dan eropa. Dua benua barat tersebut mendapat kesempatan mencicipi produk baru kawasaki yaitu ninja 300cc dan 400cc. Lagi-lagi kawasaki membuat suatu produk yang berbeda untuk menarik minat konsumen. Bayangkan, meskipun beda antara ninja 250 dan 300 hanya pada kapasitas silinder yang meningkat hanya 50cc saja, tapi jelas jika disandingkan dan ditawarkan maka konsumen akan lebih memilih produk yang berbeda alias bukan pasaran. Begitu pula dengan ninja 400cc, tujuannya tak lebih sama dengan pembuatan ninja 300.

Oleh karena itu, melihat kawasaki yang sedikit mencuri start akan perilisan produk barunya honda pun dikabarkan tak tinggal diam. Honda berencana menggebrak dengan seri andalannya CBR dengan kapasitas 400cc. Namun sepertinya rumor produk tersebut menguap, karena nyatanya Honda malah dikabarkan telah merancang CBR 500 sebagai gantinya. Tak hanya itu, Honda sengaja membuat 2 versi untuk varian ber cc baru tersebut. CBR 500 mewakili aura sport murni honda dengan mengusung desain full fairing, sedangkan CB 500 mewakili versi naked bike honda. Jika tak ada aral melintang, maka CBR 500 beserta CB 500 bakal dirilis bulan depan. Berbicara tentang produksi, Honda masih mempercayakan thailand sebagai pusat produksinya, tak menutup kemungkinan akan ditambah dengan india. CBR 500 adalah penantang nyata akan produk baru kawasaki ninja 400R.

Honda CBR 500 didukung dengan mesin 500cc, 2 silinder dengan susunan paralel. Disinyalir dapat menghasilkan power 46 bhp dan torsi 40 Nm. Motor ini menggunakan frame tubular mirip dengan CBR 250R dan juga dilengkapi rem depan cakram tunggal plus fork depan teleskopik. Masalah harga? Wait a moment brosis…  (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...