Honda BR-V Discontinue Akibat Penjualan Turun

Motomaxone.com – Disegmen SUV, Honda masih memiliki produk unggulan yaitu BR-V dikelas Low SUV miliknya. Namun keberadaannya tak cukup menarik bagi pasar mobil di india sehingga Honda terpaksa harus menyuntik mati produk tersebut.

Tercatat, usianya baru mencapai 5 tahun di pasar india. Namun keputusan pahit itupun harus diambil karena regulasi yang semakin ketat. Dan Honda BR-V tak mampu memenuhi tuntutan tersebut.

Diperkenalkan ke publik pada akhir 2015 silam. Mobil ini dipasarkan disana setelah 5 bulan berselang dari peluncurannya. Mobil LSUV ini dipasarkan dengan mengisi segmen pasar crossover tujuh tempat duduk. Tapi sayang, mobil ini tak cukup populer dibandingkan model SUV lain.

Penurunan penjualan tersebut tak tanggung-tanggung. Selama dua tahun, penjualan Honda BR-V merosot dari 20.000 unit ke 5.000an unit saja dari periode tahun 2017 hingga tahun 2019.

Tentunya secara pangsa pasar dimasing-masing negara berbeda-beda. Bisa jadi di india tak cukup laris namun di indonesia atau negara asia tenggara lainnya lebih laris.

Di indonesia, Honda BR-V diproyeksikan sebagai penantang produk LSUV lainnya semisal Toyota Rush ataupun Daihatsu Terios. Hasil penjualan BR-V disini pun lebih baik ketimbang di negara asal Yamaha R15 itu. Honda sukses mencetak penjualan 6.206 unit sepanjang 2019. Dan dua bulan pertama tahun 2020 ini, Honda BR-V mampu terjual sebanyak 828 unit. Itu artinya masih cukup laris dan konsumen tak perlu takut kondisi seperti yang di india lakukan. (red)

Kolom Komentar