Holeshot Device Bagian Depan Motor MotoGP Dilarang di Tahun 2023, Nggak Mutlak Kok !!

YAMAAF

Motomaxone.com – Pembalap penggemar motogp sekalian. Seiring waktu, perkembangan motor motogp terkait dengan sektor aerodinamis semakin kompleks untuk diikuti. Ducati sebagai pelopornya, mulai mencoba mengadopsi hal-hal tersebut yang dulu pernah dipakai di oleh kendaraan Formula 1.

Salah satu hal yang menarik untuk ditilik lebih lanjut untuk pengembangan motor di tahun 2023 adalah sebuah kebijakan menarik dari penyelenggara grand prix bahwasannya perangkat penyesuaian untuk ketinggian motor (ride height system) bagian depan resmi dilarang di kompetisi MotoGP tahun depan.

Holeshot device, penggemar motogp lebih familiar menyebutnya. Perangkat ini sebelumnya memang lebih dulu dikembangkan untuk bagian belakang motor. Awal kali dimanfaatkan untuk start balapan saja untuk memberikan manfaat anti wheelie, kondisi dimana mengurangi resiko roda depan motor terangkat saat motor berakselerasi.

Namun perangkat ini ternyata terus dikembangkan oleh DUCATI. Bukan hanya saat start balapan saja, melainkan juga difungsikan ditengah balapan berlangsung untuk mempercepat waktu ketika motor keluar tikungan.

Perangkat ketinggian ini pun terus berkembang seiring waktu. Dari cara kerja menggunakan switch hingga hanya dengan menekan tombol saja. Begitu juga dengan bagian depan dan belakang.

Bila sebelumnya perangkat pengatur ketinggian (holeshot device) ini difokuskan untuk bagian belakang, maka perkembangan berikut nya mengarah pada pengaplikasikan perangkat ketinggian untuk bagian depan.

Perangkat pengatur ketinggian atau holeshot device bagian depan ini sejatinya merupakan pengembangan terbaru untuk perangkat ketinggian atau holeshot device bagian belakang. Perangkat ini sendiri dipelopori Ducati sejak tahun 2019.

Holeshot device bagian belakang dan depan ini, bisa diaplikasikan maka akan semakin menurunkan center of gravity dari motor yang menggunakannya sehingga potensi wheelie akan semakin berkurang signifikan.

Dalam pengembangan perangkat seperti ini, rupanya memang DUCATI berada dibaris terdepan, termasuk holeshot device bagian depan motor. Namun sepertinya ada keberatan dari pabrikan lain yang tidak ingin bertarung dalam pengembangan perangkat di bidang tersebut.

Komisi grand prix sendiri sudah mengesahkan larangan penggunakan holeshot device bagian depan tertanggal 18 maret 2022. Namun jika menilik lebih lanjut aturan tersebut, maka terdapat celah dalam kebijakan yang dimaksud itu.

Kebijakan yang dimaksud kan diatas ternyata menyatakan bahwa penggunaan perangkat apapun yang dimodifikasi atau disesuaikan ketinggian motor bagian depan sepeda motor saat sedang bergerak dilarang.

Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa, larangan itu tidak mutlak terkait larangan penggunakan holeshot device bagian depan melainkan terdapat larangan waktu penggunaannya saja. Dalam arti lain, perangkat tersebut masih diperbolehkan untuk satu kali pengoperasikan yaitu awal balapan saja. Sedangkan tidak diperkenankan mengoperasikannya lagi ditengah balapan. (F4)

Kolom Komentar