Generasi Baru Suzuki Injeksi, Apa Kelebihannya ?

Kemunculan generasi baru motor Suzuki berteknologi injeksi, bisa jadi sebagai langkah awal ATPM yang sejak dulu kalah bersaing dengan Honda dan Yamaha ini untuk kembali memikat hati masyarakat.

Yup, inilah New Suzuki Nex dengan teknologi injeksi ala Suzuki yang disebut Super FI. Samakah dengan PGM-Fi atau YM-JET Fi? Secara dasar pastilah sama. Namun Suzuki sendiri mengklaim bahwa teknologi injeksi milik mereka memiliki sensor yang lebih banyak.

Tentunya akan ber-efek pada efisiensi konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih baik berikut pula keselamatan berkendara. Diantaranya adalah sensor yang dinamakan Tip Over Sensor, sensor ini digunakan sebagai berangkat keamanan yaitu sensor akan mematikan seluruh fungsi lainnya bila motor dalam keadaan miring 65° dari permukaan jalan sehingga keadaan ini bisa diasumsikan dalam bahaya atau kecelakaan.

Sebetulnya fitur seperti ini tak asing lagi bila kita melihat dari teknologi injeksi honda atau yamaha. Fungsi sensor TOS (Tip Over Sensor) sama halnya dengan Supra PGM-Fi yang disebut Bank Angle Sensor (BAS) atau pada V-Ixion yang disebut Lean Angle Sensor (LAS). Baik BAS atau LAS juga sama fungsinya dengan TOS yaitu sebagai pengaman kecelakaan dengan membaca kemiringan motor. Bahkan untuk versi terbaru injeksi honda dan yamaha tersebut sudah tidak lagi menggunakan sensor tersebut diatas dikarenakan setelah dikaji ulang tak begitu bermanfaat sekaligus menekan biaya produksinya.

Lho, terus apa kelebihannya? Ada beberapa kelebihan yang diklaim Suzuki dari produk barunya New Nex Super Fi Fuel Injection antara lain Rasio udara dan BBM dapat diprogram menggunakan Engine Control Module (ECM) , Emisi gas buang lebih rendah , Efisiensi BBM menjadi lebih baik , Tarikan lebih responsif dan suara mesin lebih halus , Mesin mudah dinyalakan meskipun dalam keadaan dingin / lama tidak dipakai , Adanya sensor safety karena Tip-Over Sensor akan mematikan sistem fuel injection jika motor miring lebih dari 65 derajat atau terjatuh. Hmm, bukannnya kelebihan sistem injeksi diatas juga sama halnya dengan PGM-FI dan YM-JET FI? Kita lihat opini publik akan hal ini. (fnc)

Kolom Komentar