Gejala Kemudi Memantul, BlueMX Akhirnya Ganti Komstir !!

Fungsi sebuah kemudi (steering) yang berhubungan erat dengan kenyamanan berkendara pemilik motornya. Namun jikalau kenyamanan tersebut terganggu maka akan berperan besar dengan enak nggaknya kuda besi kita.

Sekitar 3 bulan lalu blueMX memiliki gejala dibagian kemudi. Saat melibas jalanan bergelombang atau berlubang, hentakan yang diteruskan pada setang kemudi yang kemudian dirasakan oleh kedua tangan lebih keras dari biasanya.

Begitu juga dengan saat berjalan pelan, meskipun melewati jalanan lurus dan cukup bagus setang kemudi bagai rebound alias mantul-mantul sendiri. Efeknya apa? Pasti bisa ditebak brosis. Tangan lebih cepat pegal karena setiap getaran tak mampu diredam oleh perangkat yang kita biasa menyebutnya komstir.

Awalnya tak terlintas difikiran bahwa komstir bluemx yang akan kena. Dalam hati, mungkin oli shocknya perlu diganti maklum udah lama nggak diganti. Setelah saya ganti, ternyata gejala tak malah menghilang. Pusing dah brosis……

Sasaran analisa kerusakan berikutnya adalah pada bearing roda depan. Namun, terdapat keanehan saat saya coba tes shock depan. Daerah steering tengah terdengar bunyi…. tek…tek….  seperti oblak. Hmm, daripada membeli bearing namun nantinya masalah tak kelar, seminggu lalu saya pun pergi ke bengkel resmi untuk sekalian dilakukan pengecekan.

Keluhan saya sampaikan pada si mekanik, dan saya coba menanyakan “apakah masalahnya pada bearing atau komstir mas…“. Si mekanik pun terlihat mengerti maksud saya, motor pun distandar tengah, sedikit kesulitan menganggkat roda depan. Hehe… jelas saja lha wong standar tengah mx bawaan standar namun shock belakang sudah ditinggikan. Mau nggak mau harus diganjal tuh standar tengahnya.

Mas mekanik pun mencari papan kayu, duh jadi ngerepotin pikir saya ^_^. Roda depan pun diputar, widih lha kok velgnya bergelombang. Saya sendiri baru menyadarinya karena tak pernah coba membongkar bagian roda depan. Hasilnya, putaran roda normal kata mas mekanik. Berikut beliau coba tes kemudi. Terdengarlah bunyi  tek…tek… tadi seperti bagian steer terdapat oblak. Beliau pun bilang, “Komstirnya mas parah, sering kejebak lubang ya….”. Hehe.. saya pun meng-iya kan. Beliau pun memberi saran ulang di setel ulang. Setel ulang pun dilakukan.

Hasilnya cukupan lah, gejala mantul-mantul  sedikit hilang. Namun setelah disetel ulang, steering jadi kenceng. Kemudi diajak belok jadi kaku. Huff, bahaya ini. Keadaan ini saya pertahankan 1 minggu, maklum tempat kerja cukup dekat dengan rumah berjarak sekitar 700 meter. Setelah hari kerja, sabtunya pun saya berencana memperbaiki penyakit yang diderita blueMX.

Pagi-pagi langsung meluncur ke beres yamaha untuk meminang komstir set (atas-bawah), seharga 144 ribu rupiah. Biasanya yang sering kali diganti adalah bagian bawah, tapi pikir saya sekalian brosis. Toh BlueMX juga sudah berusia hampir 5 tahun. Dah waktu nya ganti total untuk mengembalikan performa semula. Selepas membeli komstir set, saya langsung menuju tempat setel velg dengan sistem press, sekalian minta pasangkan komstir yang baru dibeli. Saat dicek, velg depan ternyata sangat bergelombang. Setel velg palang + pasang komstir kena biaya 70 ribu rupiah. Alhasil, Mantab. Gejala kemudi memantul tak terkendali hilang seketika. Velg dan Kemudi pun kembali sedia kala. So, bila brosis mengalami keluhan seperti diatas alangkah baiknya ganti 1 set komstir. Apalagi, motor kesayangan pernah jatuh. Itu membuat komstir tak lagi bekerja secara normal. (fnc)

About MOTOMAXONE.COM 4636 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

15 Comments

  1. Mas permisi, mx ane tahun 2006, dulu ane pernah motong pee depannya, gak lama kemudian kalau nabrak lubang, bunyi tek,tek bang. Terus sekarang kalau jalan di tempat yang gak agak rata, stangnya goyang2 mas. Bisa berikan pencerahan mas? Dan lebih bagus di perbaiki di mana? Di bengekel resmi atau bengkel2 biasa? Kira2 budgetnya berapa mas?
    Terimakasih sebelumnya

    • Dari penjelasannya terlihat memang gejalanya ada pada komstir. Mx memang sensitif untuk area tersebut. Untuk perkiraan harga sekitar 150rb untuk partnya.. biasanya yg sering rusak pada komstir bagian bawah sedangkan yg atas jarang diganti kalau memang tidak rusak parah. Sedangkan untuk bengkel opsional… lbh baik bengkel resmi karena ketersediaan toolsnya lebih lengkap. Salam.

  2. Saya kan baru potong per shock depan dan ketika digunakan dijalan berlubang atau tidak rata ada suara tek tek.. Apa itu dari komstir mas bro ? Mohon pencerahan

    • bisa jadi pemasangan per shock nya kembali yang kurang pas posisinya, bisa juga dari komstirnya yg dah mulai aus. Lebih pas dikonsultasikan dg bengkel masbro, kalau dibiarkan bisa menyebar tuh problemnya

  3. Asssalammualaikum gan…

    Alhamdulillah..ane kemaren..baru beli…New Supra X 125 R (No Helm In)….

    Setelah masa pemakaian 500 Km Pertama ada masalah pada Shock Depan Gan???

    1. ada suara tik-tik-tik ketika lewat jalan bergelombang (bukan lubang) tetapi jalan tidak rata saja

    2. ketika lewat lubang sedalam 5cm atau 4cm ..dengan kecepatan di bawah 40-30km keluar bunyi jedok2….seperti shock saya tertahan…dan suaranya cukup keras….

    Servis pertama sudah saya lakukan pada km 500…dan keluhan..sudah saya sampaikan ke dealer AHASS….Setelah di cek ..tetap saja…akhirnya saya minta GARANSI shock depan baru..dan diganti……

    Namun setelah diganti bunyi tik-tik-tik masih saja ada dan jedok2 terkadang juga masih muncul…..

    Dan yang paling membuat motor saya kurang nyaman adalah ketika lewat jalan tidak mulus atau tidak rata sedikit saja…stang bergetar ..yang membuat tangan pegal…..

    Setelah di bawa ke AHASS…katanya tidak ada masalah….tetapi menurut saya ini sangat mengganggu ketika di pakai jalan…..

    YANG INGIN SAYA TANYAKAN…..

    1. Apa mungkin karena part shock depan baru ganti..jadi kelenturan belum maksimal…maksudnya harus di tunggu beberapa bulan lagi agar kelenturan shock depan normal sehingga stang tidak bergetar….???

    Mohon pencerahanya agan….dan bagi yang berpengalaman masalah shock motor supra X ini….Jawaban agan sangat saya butuhkan untuk kenyamanan saya ketika berkendara…..

    #tolong jangan di jawab sperti “di bawa ke AHAS aja gan”..soalnya sudah 3 kali saya bawa…dan hasilnya tetap sama…

    • Wassalamualaikum

      Untuk masalah bunyi yang ditimbulkan saya kurang paham gejala ini. Kalau memang motornya masih baru dan diganti tetap seperti itu kemungkinan itu tidak menjadi masalah masbro. Kalau untuk hentakan shock depan yang terlalu keras saat melewati jalan berlubang kemungkinan dari oli shocknya yang dibuat sedikit banyak dibanding produk lain sehingga shock akan menjadi lebih keras. Bisa masbro coba isi ulang olinya namun dikurangi dari takaran standar.

    • Mekanik yg berikan harga tidak memberi rincian msbro, betul di asri tp bukan di brantas. di cabang singosari mondoroko.

  4. ane pengguna NJMX tahun 2011,
    mx ane stang nya goyang2 dan agak mantul2 sedikit seperti juragan,
    ane curiga komstir juga yang kena,
    kalau ganti komstir sama pasang nya di BERES kira2 brapa biaya juragan?

    Terima kasih,

Kolom Komentar