Gejala Kemudi Memantul, BlueMX Akhirnya Ganti Komstir !!

Fungsi sebuah kemudi (steering) yang berhubungan erat dengan kenyamanan berkendara pemilik motornya. Namun jikalau kenyamanan tersebut terganggu maka akan berperan besar dengan enak nggaknya kuda besi kita.

Sekitar 3 bulan lalu blueMX memiliki gejala dibagian kemudi. Saat melibas jalanan bergelombang atau berlubang, hentakan yang diteruskan pada setang kemudi yang kemudian dirasakan oleh kedua tangan lebih keras dari biasanya.

Begitu juga dengan saat berjalan pelan, meskipun melewati jalanan lurus dan cukup bagus setang kemudi bagai rebound alias mantul-mantul sendiri. Efeknya apa? Pasti bisa ditebak brosis. Tangan lebih cepat pegal karena setiap getaran tak mampu diredam oleh perangkat yang kita biasa menyebutnya komstir.

Awalnya tak terlintas difikiran bahwa komstir bluemx yang akan kena. Dalam hati, mungkin oli shocknya perlu diganti maklum udah lama nggak diganti. Setelah saya ganti, ternyata gejala tak malah menghilang. Pusing dah brosis……

Sasaran analisa kerusakan berikutnya adalah pada bearing roda depan. Namun, terdapat keanehan saat saya coba tes shock depan. Daerah steering tengah terdengar bunyi…. tek…tek….  seperti oblak. Hmm, daripada membeli bearing namun nantinya masalah tak kelar, seminggu lalu saya pun pergi ke bengkel resmi untuk sekalian dilakukan pengecekan.

Keluhan saya sampaikan pada si mekanik, dan saya coba menanyakan “apakah masalahnya pada bearing atau komstir mas…“. Si mekanik pun terlihat mengerti maksud saya, motor pun distandar tengah, sedikit kesulitan menganggkat roda depan. Hehe… jelas saja lha wong standar tengah mx bawaan standar namun shock belakang sudah ditinggikan. Mau nggak mau harus diganjal tuh standar tengahnya.

Mas mekanik pun mencari papan kayu, duh jadi ngerepotin pikir saya ^_^. Roda depan pun diputar, widih lha kok velgnya bergelombang. Saya sendiri baru menyadarinya karena tak pernah coba membongkar bagian roda depan. Hasilnya, putaran roda normal kata mas mekanik. Berikut beliau coba tes kemudi. Terdengarlah bunyi  tek…tek… tadi seperti bagian steer terdapat oblak. Beliau pun bilang, “Komstirnya mas parah, sering kejebak lubang ya….”. Hehe.. saya pun meng-iya kan. Beliau pun memberi saran ulang di setel ulang. Setel ulang pun dilakukan.

Hasilnya cukupan lah, gejala mantul-mantul  sedikit hilang. Namun setelah disetel ulang, steering jadi kenceng. Kemudi diajak belok jadi kaku. Huff, bahaya ini. Keadaan ini saya pertahankan 1 minggu, maklum tempat kerja cukup dekat dengan rumah berjarak sekitar 700 meter. Setelah hari kerja, sabtunya pun saya berencana memperbaiki penyakit yang diderita blueMX.

Pagi-pagi langsung meluncur ke beres yamaha untuk meminang komstir set (atas-bawah), seharga 144 ribu rupiah. Biasanya yang sering kali diganti adalah bagian bawah, tapi pikir saya sekalian brosis. Toh BlueMX juga sudah berusia hampir 5 tahun. Dah waktu nya ganti total untuk mengembalikan performa semula. Selepas membeli komstir set, saya langsung menuju tempat setel velg dengan sistem press, sekalian minta pasangkan komstir yang baru dibeli. Saat dicek, velg depan ternyata sangat bergelombang. Setel velg palang + pasang komstir kena biaya 70 ribu rupiah. Alhasil, Mantab. Gejala kemudi memantul tak terkendali hilang seketika. Velg dan Kemudi pun kembali sedia kala. So, bila brosis mengalami keluhan seperti diatas alangkah baiknya ganti 1 set komstir. Apalagi, motor kesayangan pernah jatuh. Itu membuat komstir tak lagi bekerja secara normal. (fnc)

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...