First Look Yamaha MT-25, Naked Sport Yamaha Ready di Kota Malang….. Harga OTR Malang 47,3 Jutaan

fn_MT25

Selamat pagi pembaca sekalian…. selamat bersantap sahur bagi yang menjankan puasa hari ini. Nada dering pesan masuk pun berdering malam itu menandakan adanya pesan masuk dari salah seorang teman. Kabar yang fn tunggu-tunggu akhirnya datang juga, Yamaha MT25 sudah masuk ke area Malang kota. Penelusuran berlanjut dari informasi yang fn dapat dimanakan letak MT25 ini ready display. Yup…. cukup ready display karena tak seperti produk baru sebelumnya yang didistribusikan lebih dulu sebelum dirilis. MT25 rupanya belum terlalu siap untuk tersedia di banyak diler di area malang.

Menurut informasi yang fn dapatkan, baru kali ini MT-25 akhirnya masuk ke area Malang dan itupun terbatas pada diler-diler tertentu yang mendapatkan kesempatan. Didapatlah tempat dimana Yamaha MT-25 tersebut ditempatkan… so meluncurkan fn ke tempat tersebut keesokan harinya…… bertepatan hari minggu kemarin. Datang ke diler yamaha tersebut dengan semangat mencari MT-25 untuk diulas…. dari depan tak terlihat sama sekali tampangnya. Waduh…. unitnya kemana nih?

MT25-PhotoGenic3

Setelah memarkir BlueMX.. fn pun bergegas masuk dan menyakan pada salah seorang sales yang berjaga saat itu. “Mas… MT-25 nya apa sudah ada?…. bisa saya melihatnya” fn berusaha membuka obrolan. Salah seorang dari diler tersebut pun bertanya fn darimana.. fn jawab dari blogger-media online. Setelah ditunjukkan…. unit MT25 ini tersembunyi di sela-sela motor-motor lainnya karena diler tersebut sedang di cat ulang bangunan dalamnya so mungkin belum sempat meletakkan unit display tersebut. Setelah melihat sekilas fn meminta tolong unit tersebut dimajukan ke tempat yang lebih lega untuk difoto. Mas salesnya pun segera memajukan MT25 tersebut meninggalkan barisan motor-motor lainnya.

Saatnya jeprat-jepret untuk dokumentasi. Overall bagi fn Yamaha MT-25 lebih terlihat menarik ketimbang Yamaha R25. Mengapa demikian……???

MT25-Engine

Hal ini dikarenakan MT-25 lebih memberikan kesan kekar karena kontruksi mesin tegak 2 silinder, DOHC, 250cc begitu ditonjolkan versi naked bike 250cc yamaha ini. Dashboard speedometer tidak berbeda dengan R25, desainnya sama. Terdapat pula hal yang berbeda antara MT-25 dan R25 yaitu adalah adanya Handle Seat pada MT-25 untuk pegangan boncenger. Modelnya mirip dengan CBR 250R yaitu model terpisah kanan dan kiri. Secara tampilan meskipun tak dibalut fairing terlihat lebih simpel. Setang lebarnya membuat ergonomi berkendara lebih tegak ketimbang R25 yang menunduk khas sport fairing. Namun di sisi tinggi jok boncenger sepertinya terlihat sama dengan R25, dimana posisi boncenger akan lebih tinggi… namun masih dalam batas wajar ketimbang dibandingkan dengan R15 yang tidak nyaman untuk boncenger. Lah kok malah dibandingin dengan sport fairing semua? Gimana dengan sesama naked bike nya? Tenang broh… 😆

VS Kawasaki Z250, Menginjak pada perbandingan… pas jika dicompare dengan sesama naked bike 2 silinder segaris yang tak lain adalah produk Z250 dari kawasaki. Dibandingkan dengan produk yang satu ini, MT-25 memiliki postur body yang lebih tinggi… hal ini menjadikan keuntungan MT-25 lebih mengakomodir medan off road. Bandingkan dengan Z250 yang masih memiliki tinggi lebih rendah dan dibekali semi fairing… tentu saja pure naked bike lebih pantas disematkan pada Yamaha MT-25. Apalagi secara output mesin, R25 mengungguli Ninja 250Fi, tentu saja pada versi naked bike pun juga demikian adanya. Baik secara power ataupun torsi…. MT-25 akan lebih unggul.

VS Kawasaki 250SL, desain fisik keduanya tak ubahnya seperti saudara kembar. Kesan jangkung MT-25 juga dimiliki oleh Z250 SL. Namun tentu saja basis mesin 2 silinder akan jauh berbeda jika dikomparasikan dengan basis mesin Z250 SL yang menggunakan 1 silinder meskipun sama-sama menggunakan DOHC. So secara tampilan baik MT-25 dan Z250 SL identik dengan desain pure naked bike.

VS KTM Duke 200, fn berani memasukkan Duke 200 dalam daftar komparasi dengan Yamaha MT-25 karena faktor X. Hal ini tidak lain karena Duke 200 lebih mengarah ke segmentasi pasar yang dibangunnya. Padahal secara harga cukup mahal untuk produk di segmen motor 200cc. Mengingat secara kualitas, KTM dikenal sebagai produk eropa dengan build quality yang tak diragukan. Namun tentu saja jika rentang harga yang ditetapkan KTM terlampau tinggi jelas MT-25 lebih memungkinkan dengan beberapa pertimbangan. After sales dan harga lokal…. secara performa juga MT-25 menang jauh ketimbang produk buatan KTM tersebut. Meskipun demikian, KTM Duke 200 memiliki desain kearah semi off road bike alias semi trail. Hal ini tentu saja berbeda dengan MT-25 yang mengusung basis sport naked bike.

VS Inazuma 250, secara segmentasi MT-25 lebih ke arah sport naked bike atau bisa saja disebut dengan streetfighter. Namun Inazuma 250 lebih k arah motor touring. Secara ergonomi yang erat kaitannya dengan kenyamanan berkendara, pengendara Inazuma 250 jelas lebih tegak dan tidak membungkuk. Memberikan keuntungan dengan mengakomodir kebutuhan perjalanan jauh dengan motor kesayangan…. namun jangan berharap lebih dengan performanya. Jelas MT-25 jauh diatas Inazuma secara performa… berikut juga teknologi yang dimiliki inazuma masih ‘tertinggal’.

Dari ke-4 kompetitor, beberapa keuntungan yang dimiliki MT-25 sebagai bagian dari keunggulannya. Penempatan harga MT-25 kali ini menjadi point penting antusiasme konsumen. Di banderol Rp. 47.350.000 (OTR Malang) , tentu saja membuat produk Kawasaki terlihat overprice… begitu juga dengan produk dari brand lainnya. Diproduksi secara lokal lebih memudahkan konsumen dalam ketersediaan sparepart…. begitu juga dapat menekan harga karena tidak memikirkan harga total dari akumulasi pajak impor masuk produk. Oh ya untuk varian warna silver ini, secara tekstur cat yamaha sekarang lebih suka membuat model metalik doff…. seperti pada MT-25 Silver ini. Bukan lagi tekstur cat mengkilap (glossy).

Nah itu beberapa keuntungan MT-25 jika di komparasikan dengan lawan-lawannya… bagaimana dengan kekurangannya? Fn mencoba menghimpun beberapa hal dari apa yang fn nilai :

  • Minus standar tengah, sport full fairing wajar jika tidak dibekali standar tengah karena posisinya akan mengganggu fairing yang ada, namun MT-25 dengan basis naked bike sangat disayangkan tidak berikan standar tengah. alasan simpel adalah saat mencuci motor dibagian ban belakang, melumas rantai harus menggunakan paddock tambahan. Hal ini jadi menyulitkan….
  • Desain Headlamp kurang greget untuk produk baru sekelas MT-25, harusnya lebih futuristik dan menarik layaknya Z250 yang terinspirasi desain headlamp Z800. Meskipun demikian, yamaha mencoba mempercantik tampilan dengan menambahkan lampu senja tepat diatas headlamp…. disinyalir menggunan model LED yang mana posisinya juga sebagian tertutup windshield penutup dashboard speedo sekaligus braket plat nomor.
  • Sejenis dengan kurang gregetnya Headlamp Yamaha MT25, hal ini berdampak pada penampilan keseluruhan apalagi tampak depan menjadi biasa saja. Bahkan dari sisi elegan…. masih lebih elegan Inazuma 250. Hal ini juga mendasari produk tersebut menjadi kurang eksklusif dibandingkan kompetitor Z250 yang lebih greget setiap bertemu pertama kali. Semoga saja ini menjadi rencana jangka pendek yamaha untuk segera mengupdate dengan faelift terbaru nantinya.

(~fn)

Gallery Foto :

Spesial Thanks To :

MT25-Ladies

Terima kasih untuk SIP Blimbing Malang yang menyediakan unit Yamaha MT-25 dan Mbak Sales nya yang membantu foto fn saat in action….. jadi gantian mbaknya juga fn foto…… :mrgreen:

==============

Contact Person :

Invite BBM : 794C91C4

FB : www.facebook.com/fncounter

Twitter : @fncounter_blog

Email : fncounter.blog@gmail.com

________________

Related Post :

No Comments

Kolom Komentar