First Look Impression Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023 [Galeri Foto]

lexi

Motomaxone.com – Classy Yamaha bertambah lagi satu produk skuter baru. Setelah Fazzio Hybrid Connected di tahun lalu, kini di 2023 hadir Yamaha Grand Filano (Hybrid Connected). Sekilas dari desainnya terlihat nampak lebih mewah dan tentunya terlihat lebih berkelas.

Dari desain lekukan bodinya yang nampak elegan. Full LED yang menambah kesan mewah. Yamaha Grand Filano Hybrid Connected ini memang ditempatkan satu level lebih tinggi dari Fazzio walaupun sama-sama mengusung kategori Classy Yamaha.

Produk yang penulis pilih untuk direview ini adalah versi NEO Dull Blue. Warnanya biru muda bertektur cat glossy yang nampak kalem namun tetap mewah. Satunya lagi yang warna putih adalah versi LUX White Pearl. Tekstur catnya nge dof, dengan warna putih mengkilap seperti mutiara. Mirip seperti warna Prestige Silver produk Yamaha lainnya namun ini lebih mewah.

Headlamp LED. Dengan desain Diamond Shape membuat penampakan lampu utama Grand Filano ini cukup keren dan menarik. Kesannya proporsional dengan desain bodinya. Begitu juga penempatan daytime running light pada dek bodi depan, berbentuk garis lurus vertikal berwarna putih. Sedangkan disamping kiri dan kanan, dibagian tepi cover bodi depan, ditempatkan pula sepasang lampu sein depan.

Spion juga nampak diperbaiki model nya. Bila Fazzio memiliki model spion yang biasa saja, maka desain spion Grand Filano ini lagi-lagi nampak lebih mewah dan berkelas dengan aksen krom. Dibalik headlamp, anda bisa menjumpai dashboard panel meter. Digital speedometer dengan TFT Sub Display yang nampak mewah dan hi tech.

Mesin 125 cc, SOHC, 2 katup berteknologi BlueCore Hybrid. Bukan hanya ditopang performa dari tenaga mesin berbahan bakarnya. Tapi juga dibekali pula tenaga Hybrid yang berasal dari Electric Power Assist Start. Sumbangan tenaga hybrid yang singkat ini diklaim mampu memberikan dukungan tenaga sehingga memiliki performa yang lebih ketimbang yang tidak didukung dengan tenaga hybrid.

Label Connected tersedia untuk Grand Filano juga Fazzio. Juga banyak lagi produk yamaha lainnya. Fitur ini memungkinkan adanya konektivitas gawai. Koneksi yang selalu aktif antara motor dengan pemiliknya melalui smartphone. Syaratnya perlu meng-install aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) untuk bisa terhubung dengan sistem informasi pada motor Grand Filano ini. Seperti.. informasi pengecekan Oli dan Baterai (accu), riding log, imformasi konsumsi bahan bakar hingga deteksi lokasi parkir saat kelupaan berada di parkir umum yang cukup luas.

Smart Front Fuel. Lubang pengisian bahan bakar yang praktis dan inovatif. Tidak ada pada Fazzio, melainkan sama dengan fitur yang dimiliki Yamaha Freego 125.

Smart Key System. Fitur keyless ini tersedia untuk semua versi baik itu LUX dan NEO. Semakin praktis saat berkendara tanpa memikirkan anak kunci kontak yang tertinggal di lubang kunci kontak. Hal ini tidak akan terjadi pada Grand Filano.

Spacious Luggage 27 litre. Bagasi bawah jok yang diklaim terbesar dikelasnya. Termasuk dibandingkan kompetitor dikelas kapasitas mesin yang sama. Bagasi yang nampak terlihat juga dilengkapi lampu LED mini untuk penerangan saat kondisi gelap.

Dibagian atas dari knob smartkey, nampak terlihat ada power socket charger. Tapi belum dilengkapi dengan USB charger (dijual terpisah). Namun dibagian bawah knob smartkey terdapat konsol box berbentuk open pocket yang cukup dalam untuk berbagai macam tempat penyimpanan sementara seperti botol air minum, sarung tangan atau juga smartphone yang sedang mengisi daya selama perjalanan.

Sepasang kemudi dilengkapi dengan karet handle setir bertekstur unik, mirip tekstur kulit jeruk yang nampak cukup elegan. Dibagian panel sebelah kanan, tersedia tombol ON OFF dari Stop & Start System. Dibawahnya tersedia saklar lampu hazzard untuk kebutuhan tanda bahaya saat berada di jalan raya, dan dibawahnya lagi adalah tombol starter yang sekarang mengusung fitur sekali sentuh saja untuk menghidupkan mesin. Pada panel sebelah kiri, hadir saklar hi low beam untuk lampu dekat dan jauh. Dibawahnya lagi adalah saklar lampu sein dan paling bawah tersedia tombol untuk klakson.

Selain itu, seperti yang penulis jelaskan di artikel sebelumnya. Grand Filano ini dibekali dengan sepasang ban depan belakang berukuran gambot 110/70 dengan ring velg 12 inchi. Overall, Yamaha Grand Filano memiliki amunisi yang cukup sempurna untuk berkancah di segmen Classy Skuter matic. Meskipun penempatan harganya terbilang tak murah, namun yamaha sudah menyesuaikannya dengan kualitas produknya yang berkelas. (~fn)

Galeri Foto :