Fakta Unik Yamaha Jupiter MX Injeksi Versi Thailand…… Apa Saja Sih ??

spark135i_front

Sebagai awal artikel kali ini, fnc akan flashback tentang sebuah produk underbone milik yamaha. Yamaha T135 sejatinya merupakan proyek yamaha global yang ditujukan untuk pasar asia tenggara sebagai produk tandingan suzuki underbone yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Tak hanya bertujuan untuk itu, underbone buatan yamaha ini memang ditujukan pula untuk keperluan kompetisi underbone asia tenggara. So, jangan heran jika diawal peluncurannya di indonesia menawarkan segala macam kelebihan yang tidak ditawarkan atpm lain pada produknya.

Sebut saja forged piston dan diasil cylinder merupakan komponen yang diklaim menggunakan teknologi yang sama dengan komponen balap motogp. Memungkinkan komponen mesin tersebut tahan lama terhadap kinerja ekstra yang dilakukan mesin. Dengan basis motor underbone, YamahaT135 begitu terlihat sebagai produk high performance dikelasnya dengan mengaplikasikan kompresi tinggi 10,9:1 dan dibekali sistem pendingin radiator.

Tentu saja dalam penamaannya Yamaha T135 menyesuaikan dengan nama negara masing-masing. Jika di indonesia lebih dikenal dengan sebutan Yamaha Jupiter MX. Distribusi Yamaha T135 pun terbilang lebih luas dibandingkan produk yamaha lainnya dibawah 200cc. Negara yang merupakan bagian dari distribusi Yamaha T135 diantaranya Jepang, Thailand, Indonesia, Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Maladewa hingga Yunani. Jika pembaca sekalian, mengikuti berbagai forum yamaha asia tenggara Yamaha T135 bahkan lebih dikenal dibandingkan Yamaha FZ150i a.k.a vixion yang laris manis di indonesia.

Nah, berbicara tentang turunan dari Yamaha Jupiter MX ini terdapat fakta unik dari Yamaha Spark 135 versi negara Thailand. Dirilis tahun 2005 silam, banyak digelar kompetisi yang diikuti yamaha t135 diseputaran asia tenggara. Kemudian pada tahun 2007, sport underbone yamaha ini lebih dahulu mendapat perubahan besar dengan mendapatkan fitur injkesi dari nama produk Yamaha Spark 135i di thailand. So, vixion bukan satu2nya produk murah yamaha yang awal kali diinjeksikan.

Namun kenyataannya malah terjadi keanehan. Entah karena tuntunan lolos uji emisi euro 3 di thailand lebih cepat, nyatanya Yamaha T135 dengan fitur injeksi tak terdistribusikan ke negara-negara yang menjadi wilayah distribusi produk tersebut. Yup, dengan kata lain thailand dan jepang saja yang menggunakan model jupiter mx berbasis injeksi sedangkan negara lain masih menggunakan versi karburator hingga saat ini.

spark135i

Mengerucut pada satu negara saja yaitu thailand sebagai fokus topiknya, tak hanya aneh dengan menggunakan jupiter mx injeksi disaat negara asia tenggara lain menggunakan karbu, yamaha thailand malah tak mengikuti perubahan besar jupiter mx kala harus diganti dengan model New Jupiter MX yang masih dengan sistem karbu. Yup, model NJMX yang merupakan revisi besar-besaran dari generasi lamanya dengan penambahan cakram belakang, new model transmisi 5 percepatan tak diikuit oleh yamaha thailand. Padahal negara lain macam indonesia, malaysia, singapura, vietnam dan filipina sudah menjual NJMX versi negara mereka masing-masing meski masih menggunakan sistem karbu.

So, hingga saat ini tak ada model New Jupiter MX dengan model mata mirip elang di thailand. Hingga 2013, yamaha thailand tetap mendistribusikan Spark 135i yang memiliki model lama seperti Old Jupiter MX dengan sistem injeksi yang tentunya secara efisiensi bahan bakar lebih irit. Meksipun Spark 135i memiliki model sama dengan BlueMX yang fnc miliki, ada lagi nih keanehan lain dari OJMX injeksi milik yamaha thailand tersebut.

ojmx

Jika pada generasi Jupiter MX model lama disisi kanan motor terdapat plastik body sebagai hiasan, maka pada Spark 135i tempat tersebut fnc duga difungsikan sebagai tempat kiprok motor yang mana tempat kiprok aslinya ditempatkan dibagian dalam body samping belakang sebelah kanan. Jika memang benda tersebut adalah kiprok Spark 135i, maka disinyalir MX Injeksi ini menggunakan sistem kelistrikan full DC seperti motor-motor model sport macam vixion dan byson karena dimensi kiprok yang terlihat lebih besar dari kiprok standar yamaha t135 versi karbu. (fnc)

Gallery :

_____________________

Berita Terkait :

9 Comments

Kolom Komentar