Ducati Panigale V4 Resmi Diluncurkan, Motor Produksi Pertama Bermesin 4 Silinder Turunan Mesin MotoGP

Motomaxone.com – Lama dinantikan, Ducati Panigale V4 akhirnya diperkenalkan kehadapan publik. Motor sport bertenaga 214 HP buatan ducati ini seolah menyihir penggemar otomotif baik diluar maupun di indonesia untuk bisa mengetahui tampilan sebenarnya. Benar saja mengusung nama panigale, garis desain panigale series terlihat kuat.

Panigale V4 menjadi motor ducati yang diproduksi pertama kali dengan mesin 4 silinder. Teknologi empat silinder ini merupakan turunan dari mesin ducati yang berkompetisi di ajang balap motogp saat ini. Sedangkan Ducati Panigale 1299R yang sebelumnya adalah produksi terakhir dari seri panigale yang mengusung mesin V dua silinder.

So Ducati Panigale V4 bisa disebut sebagai mesin ducati motogp yang diproduksi sebagai versi jalanan yang bisa dinikmati banyak orang. Jadi versinya berbeda dengan seri produksi Desmosedici RR ya brosis.

Dari postur body Panigale V4 tidak terlalu tinggi ground clearence nya, karena kemungkinan rendahnya jarak ke tanah akan meningkatkan handling motor ini jika digunakan untuk rebahan, karakter khusus dari motor sport berfairing.

Semua desain yang kasat mata dari Panigale V4 ini nyaris persis dengan panigale sebelumnya. Namun lekukan bodinya memang dibuat berbeda untuk memberikan kesan desain yang benar-benar baru.

Lampu depan dan belakang LED, lampu depan memiliki DRL yang mirip dengan alis seperti yang dimiliki oleh Ducati Panigale 1299R, desain headlamp berbanding sama dengan pendahulunya. Yang berbeda adalah lampu belakang yang begitu mewah. Jika menyala, mewahnya nggak kalah dengan mobil-mobil premium seperti pajero sport hehe…

Suspensi belakangnya monoshock dan dibuat khusus oleh Ohlins, bagian depan menggunakan suspensi upside down. Suspensi jenis ini sudah menjadi suku cadang yang wajar dari produk ducati. Untuk sasis sepertinya masih mempertahankan model monocoque dimana mesin menjadi basis rangka utama dari keseluruhan struktur bodinya.

Swing arm menggunakan model pro-arm yaitu hanya memegang roda dari sebelah kiri saja jika dilihat dari belakang motor. Sedangkan posisi knalpot seperti produksi panigale pada umumnya yaitu mengusung model underbelly yang diposisikan di bawah sedangkan moncong lubang knalpot mengarah kebagian bawah.

Sekilas, admin tidak melihat berbedaan signifikan dari desain keseluruhan Panigale V4 dengan panigale bermesin dua silinder yang sebelumnya diproduksi hanya ada perbedaan mendasar dari mesinnya untuk saat ini.

Urusan performa, Panigale V4 mampu mengail power maksimum di angka 214 hp di putaran mesin 13.000 RPM. Tenaga ini katanya bisa ditingkatkan lagi menjadi 221 hp jika menggunakan knalpot aftermarket dari Akrapovic yang didesain khusus untuk Panigale V4.

Mesin Ducati Panigale V4 menggunakan desain crankshaft counter rotating dengan dobel pengapian. Klaim ducati, model crankshaft seperti ini membuat motor hyperbike ini bisa lebih lincah saat digunakan untuk bermanuver dan merubah arah manuvernya. Selain itu kelebihan lainnya bisa lebih cepat dan stabil saat di lintasan lurus.

Untuk fitur keselamatan, Ducati membekali dengan banyak piranti keselamatan. Seperti ABS cornering yang bekerja untuk roda depan saja, Quick Shifter dengan sudut searah untuk mempermudah perpindahan gigi dari motor berkapasitas mesin besar hingga drift control yang memungkinkan keamaan terhindar dari selipnya roda belakang. Ducati memperkenalkan 3 riding mode yaitu Race, Sport dan Street untuk mengakomodir berbagai kebutuhan pengendara di jalan. (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...