xtracuan

Dirumorkan Pindah ke MotoGP, Toprak Razgatlioglu Beri Syarat Berat

xtracuan

Motomaxone.com – Karirnya sedang meroket didunia balap professional. Namanya semakin dikenal setelah meraih predikat sebagai Juara Dunia World Superbike (WSBK) tahun lalu 2021. Toprak Razgatlioglu, pembalap muda asal negeri ottoman Turki yang meraih Juara Dunia bersama Yamaha Superbike.

Meski sudah teken kontrak memperpanjang masa balapnya di kompetisi balap motor kelas dua itu, Razgatlioglu tak lepas dari rumor kepindahannya ke kompetisi balap motor kelas satu MotoGP.

Bagi pembalap muda sekelas Razgatlioglu, tentu sangat disayangkan bila melewati kesempatan untuk naik level ke kompetisi balap motor tertinggi tersebut. Mengingat tak sedikit pembalap Superbike yang kompetitif bahkan menjadi juara dunia di superbike, lantas memutuskan pindah ke MotoGP. Meski hal tersebut tidaklah mudah dilakukan.

Sebut saja John Kocinski (Juara WSBK 1997), Colin Edward (2000), Troy Bayliss (2001, 2006 dan 2008), James Toseland (2004, 2007), Ben Spies (2009) hingga Cal Cruthchlow yang naik ke kelas MotoGP setelah menjuarai Supersport 2006.

Colin Edward, Camel Yamaha MotoGP

Fakta menariknya, pembalap yang berpindah dari WSBK ke MotoGP tidak mudah beradaptasi seperti semudah membalikkan tapak tangan. Beberapa mereka yang memutuskan pindah ke kelas MotoGP, berakhir dengan pensiun. Ada pula yang kembali ke WSBK namun tidak lagi kompetitif seperti dulunya.

Razgatlioglu sendiri memang mengakui akan melakukan tes dengan Yamaha YZR-M1 MotoGP musim 2022 ini. Namun rumor kepindahan itu juga sepertinya bakal mengasap seiring komitmen sang pembalap asal Turki ini untuk menyelesaikan kontraknya hingga tahun 2023.

Meskipun kepindahannya ke MotoGP bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Yang menjadi catatan menarik disini adalah tuntutan sang manajer. Bila memang harus Razgatlioglu berpindah ke MotoGP maka si manajer ingin pembalapnya berada di tim pabrikan, mendapatkan motor terbaru dengan dukungan penuh dari tim pabrikan tersebut.

Tentunya hal tersebut akan menjadi mustahil terjadi mengingat kursi pembalap utama pabrikan Yamaha MotoGP saat ini sudah terisi dengan keberadaan Quartararo dan Morbidelli. Lagipula bagi Razgatlioglu, berpindah ke kelas MotoGP bukan sesuatu yang penting dilakukan untuk saat ini mengingat dirinya dan tim sedang menikmati kejayaan mereka di kelas Superbike. (F4)

Kolom Komentar