Catatan GP Mugello : Penantian Juara Tuan Rumah, Italia Absen Juara 5 Tahun Terakhir [Hasil FP1 GP Mugello 2014]

mugello

Pembaca sekalian, seri GP Mugello akan kembali digelar akhir pekan ini. Tentunya pada nggak sabar nih dengan persaingan 2 pabrikan teratas yang mana salah satunya begitu mendominasi 5 seri terakhir dengan pembalap andalannya Marc Marquez. Nah hasil latihan bebas pertama yang digelar pada hari jum’at menjadikan persaingan ketat mengerucut pada 2 nama bintang besar.

Free Practice 1 menjadi ajang pemanasan bagi semua pembalap, terbukti catatan waktu kompetitif hingga menyentuh 1,48 menit dari seharusnya 1,47 menit sekian detik dalam perform terbaik. Nah, sesi FP1 GP Mugello yang digadang-gadang menjadi kebangkitan Rossi sebagai pembalap tuan rumah sedikit rusak akibat catatan waktu Marquez.

Marq memantapkan diri meraih waktu tercepat 1’48.004 dengan Honda RC213V nya. Sedangkan Rossi masih kesulitan untuk mengalahkan waktu dari rival terkuatnya musim ini tersebut dengan hanya menguntit di posisi ke-2 dengan waktu 1’48.386, 0.382 detik lebih lambat dari catatan waktu yang dibubukan Marquez.

Bagi kaca mata awam, 0.382 detik merupakan GAP yang cukup pendek untuk bisa mengejar ketertinggalan, namun tak begitu halnya dengan kompetisi motogp. Tertinggal 0.382 detik masih menjadi temuan kurang kompetitifnya tunggangan dari motor lawan, perlu peningkatan signifikan dari catatan waktu yang diperoleh jika Rossi tak ingin dipermalukan didepan publiknya sendiri. Tercatat dalam 5 tahun terakhir, Juara seri GP Mugello tak sekalipun didapatkan oleh pembalap asal italia, tak terkecuali Valentino Rossi. Berikut catatan fncounter.com tentang Juara GP Mugello beberapa tahun terakhir :

2013 Jorge Lorenzo
2012 Jorge Lorenzo
2011 Jorge Lorenzo
2010 Dani Pedrosa
2009 Casey Stoner
2008 Valentino Rossi

Valentino Rossi yang bertindak sebagai tuan rumah di depan publiknya sendiri, terakhir kali menjuarai GP Mugello tahun 2008 silam saat memperkuat Fiat Yamaha. Nah, musim ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali kompetitif dan menjuarai seri italia ini tapi hambatan terbesar hanya terdapat pada Marc Marquez yang masih cukup kuat untuk bisa dikalahkan dengan mudah.

Itupun jika Lorenzo sebagai pemegang podium mugello di 3 tahun terakhir masih kesulitan menemukan setup terbaik motornya. So, dibutuhkan lebih dari hanya sekedar penampilan 100% bagi Rossi untuk memeriahkan kembali gemuruh Mugello yang sebenarnya. (fnc)

FP1 GP Mugello 2014 :

mugello fp1_______________

Related Post :

6 Comments

Kolom Komentar