Cara Hidupkan Motor Suzuki GSX-R150 Saat Remote Keyless Hilang atau Rusak

 

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, banyak pertanyaan yang datang ke meja redaksi terkait fungsi Keyless System Suzuki GSX-R150. Beberapa pembaca mengirimkannnya via surel (email) sedangkan beberapa lainnya melalui kontak BBM admin. Kalau remote hilang, baterai habis atau remote rusak, apakah motor masih bisa dinyalakan ? Menarik dibahas nih……

Logikanya sih demikian brosis, jika remote Suzuki GSX-R150 merupakan pemicu untuk mengaktifkan keyless maka akan bermasalah dikemudian hari jika kondisi remote seperti yang admin sebutkan diatas. Entah karena remote hilang (*bahasa jawa = ketlisut), rusak atau bahkan kehabisan baterai.

Jika pemilik Suzuki GSX-R150 kehabisan baterai di tempat-tempat yang dekat dengan penjualan baterai maka akan cukup mudah bagi pemilik membeli baterai dan memasangkan sendiri dengan membuka menutup remote terlebih dahulu, namun masalah lainnya..

  • Kalau sedang berada di tempat yang jauh dari toko baterai ?
  • Kalau touring kemudian baterai diketahui habis?
  • Kalau remote kemudian error dan motor tidak menyala?
  • Kalau remote hilang dicuri dengan tujuan nantinya untuk mencuri motor kita?

Semua kemungkinan itu memang bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja. Namun perlu ada solusinya agar saat mengalami kondisi diatas, pemiliki Suzuki GSX-R150 tetap bisa menyalakan motor tanpa bantuan remote. Apa yang diperlukan saat kondisi seperti ini ?

“NOMOR ID REMOTE”

Yup, nomor ID Remote yang berada dibelakang remote anda tersebut, WAJIB anda hafalkan atau kalau perlu tulis dan simpan untuk dibawa kemana anda pergi dengan motor Suzuki GSX-R150. Entah dicatat di buku atau smartphone, terserah anda. Yang penting, wajib hafal ID remote anda. Yang jelas, nomor ID ini bersifat rahasia dan jangan sampai diperlihatkan ke sembarang orang. Kemudian ?

OPSI PERTAMA, karena langkah memasukkan Nomor ID Remote ini cukup panjang maka pemilik Suzuki GSX-R150 disarankan untuk mengontak HALO SUZUKI di 0 800 1100 800 (Bebas Pulsa) 24Jam. Dari sana anda akan dipandu untuk memasukkan Nomor ID Remote untuk bisa mengaktifkan motor saat kondisi darurat seperti masalah yang sudah admin sebutkan diatas.

OPSI KEDUA, anda bisa memasukkan Nomor ID Remote sendiri tanpa bantuan HALO SUZUKI. Setelah admin mendapatkan bocoran caranya, kini admin buat langkah-langkahnya untuk membantu pemilik Suzuki GSX-R150 yang sedang kesulitan karena masalah remotenya.

CARA MEMASUKKAN NOMOR ID REMOTE SUZUKI GSX-R150 :

  1. Tekan dan tahan Main Switch Knop selama 5 detik sampai lampu indikator keyless berkedip, kemudian lepaskan.
  2. Dalam waktu kurang dari 3 detik (terhitung dari nyala indikator keyless) tekan dan tahan kembali main switch knop selama 5 detik sampai lampu indikator keyless berkedip kemudian lepas.
  3. Dalam waktu kurang dari 3 detik (terhitung dari nyala indikator keyless) tekan dan tahan kembali main switch selama 5 detik sampai lampu indikator keyless berkedip kemudian lepas.
  4. Setelah 3 detik lampu indikator keyless menyala, lampu indikator keyless akan berkedip 1 kali.
  5. Tekan main switch Knop sebanyak angka pertama dari Nomor ID Remote.
  6. Lampu indikator keyless akan menyala selama 2 detik lalu berkedip sebanyak 2 kali.
  7. Tekan main switch Knop sebanyak angka kedua dari Nomor ID Remote.
  8. Lampu indikator keyless akan menyala selama 2 detik lalu berkedip sebanyak 3 kali.
  9. Tekan main switch Knop sebanyak angka ketiga dari Nomor ID Remote.
  10. Lampu indikator keyless akan menyala selama 2 detik, lalu berkedip sebanyak 4 kali.
  11. Tekan main switch Knop sebanyak angka keempat dari Nomor ID remote
  12. Lampu indikator keyless akan menyala selama 2 detik.
  13. Apabila nomor ID benar, maka lampu hazard akan berkedip selama dua kali dan lampu indikator keyless akan menyala terus.
  14. Dalam waktu kurang dari 10 detik, tekan main switch Knop kemudian putar ke posisi ON.
  15. Motor bisa dinyalakan.
  16. Horeeeeeeee berhasil……….. ^_^

Nah jika anda benar-benar mengikuti petunjuknya, maka Suzuki GSX-R150 anda akan bisa dinyalakan dalam kondisi darurat tanpa pemicu remote. Semoga Bermanfaat. (red)

 

BERITA TERKAIT :

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...