BMW G 310 GS 2021 Resmi Dirilis Berikut Spesifikasi dan Harga !!

Motomaxone.com – BMW meluncurkan motor baru. Bukan baru sebenarnya, hanya sebatas update varian terbaru untuk model tahun 2021. BMW G310 GS 2021. Tak banyak yang berubah, namun tampilannya lebih variatif. Pun lebih berani, dengan rangka berwarna merah.

Penampilan khas motor adventure tentu menjadi trademark. Khasnya motor BMW. Namun bukan tanpa pengembangan. Toh motornya sudah cukup cakep nan modern.

Jika kita lebih teliti melihat beberapa detail fisiknya makan akan terlihat pembeda dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian paruh yang diatas spakbor depan dan persis dibawah headlamp  terlihat lebih dibuat tipis, menyempit. Desainnya dibuat lebih tajam sekarang. Berkesan lebih agresif dan lebih sporty.

Perubahan lainnya cukup menarik. Karena ini yang ditunggu-tunggu untuk generasi kekinian. Yaitu hadirnya lampu depan (headlamp) yang sudah mengusung teknologi LED dengan Multi-Reflektor. Terbagi menjadi dua split atas dan bawah mirip dengan headlamp New CB150R Streetfire. Begitu juga dengan lampu seinnya. Bukan lagi model bohlam halogen.

Bagian shroud alias tebeng dibagian kanan-kiri depan diujung tangki mendapat perubahan desain. Lebih mengarah kedepan. Cukup sedemikian ? tentunya tidak.

Permainan warna didukung oleh cutting stiker menjadi tema menarik BMW 310 GS 2021. Hitam mendapatkan aksen kuning. Demikian pula kombinasi hitam silver dan biru dengan laburan rangka merah. Yang menarik adanya emblem bertulis “40 Years GS” dibagian atas tangki.

Dari info yang penulis terima, belum ada update performa. Mesin satu silinder 313 cc dengan 4 klep didukung sistem injeksi masih tetap menjadi platform menopang performa motor adventure yang satu ini. Power 34 HP @9.500rpm dan Torsi 28 Nm@7.500rpm, sudah cukup melesatkan motor ini mencapai kecepatan 143 km/jam. Kecepatan yang sudah dirasa cukup untuk kebutuhan motor penjelajah jalanan. Bahkan lebih dari cukup.

BMW 310 GS model baru ini sudah standar uji emisi EURO 5. Sebuah peningkatan yang penting dimana sebelumnya masih mengusung standar EURO 4.

Hal lain yang menarik lagi adalah hadirnya Electronic Throlle Grip. Dari mana nya fitur ini mirip dengan Throttle by wire nya Honda CBR250RR. Bukaan gas akan didukung oleh perangkat elektronik untuk meningkatkan kepresisian bukaan gas.

Assist Sliper Clutch juga agaknya menjadi bagian dari BMW 310 GS terbaru ini. Fitur yang juga kekinian yang berfungsi mereduksi efek dari engine brake saat proses perpindahan gigi transmisi sehingga efek positif nya menjadi kan proses perpindahan gigi lebih cepat tanpa masalah jeda saat bergantian.

Peningkatan keamanan juga diberikan oleh BMW pada sektor pengereman dengan hadirnya tiga mode penyetelan pada tuas rem.  Tak ada yang selebihnya, mengingat sistem pengereman ABS juga sudah ada pada versi sebelumnya.

Yang sedikit aneh menurut penulis adalah update yang dilakukan BMW pada G 310 GS 2021 ini tidak dibarengi dengan adanya informasi update terkait versi sport nya yaitu BMW G 310 R dimana seharusnya juga mendapatkan update yang sama dengan versi adventurenya ini, meskipun memang model adventurenya ini memang lebih mahal. Belum juga ada informasi model baru ini masuk ke indonesia. Kalau pun akhirnya hadir untuk pasar indonesia maka kisaran harganya mungkin tak berbeda jauh dengan harga model sebelumnya. BMW G 310 GS di indonesia diniagakan dengan harga 133 juta rupiah on the road Jakarta. Sedangka BMW G 310 R dibanderol dengan harga lebih rendah yaitu 116 jutaan. (red)

Foto Lain BMW G 310 GS 2021 :

Spesifikasi BMW G 310 GS 2021 :

ENGINE

Type: Rearward-canted single
Displacement: 313cc
Bore x stroke: 80 x 62.1mm
Maximum power: 34 horsepower @ 9500 rpm
Maximum torque: 21 ft-lbs @ 7500 rpm
Compression ratio: 10.9:1
Fueling: EFI w/ front-intake 42mm throttle body
Valvetrain: DOHC, 4 valves
Lubrication: Wet sump
Transmission: 6-speed
Clutch: Wet multi-disc w/ assist-and-slipper function
Final drive: Z-ring chain

CHASSIS

Frame: Tubular trellis
Front suspension; travel: Non-adjustable 41mm inverted fork; 7.1 inches
Rear suspension: Linkage-free spring-preload adjustable shock; 7.1 inches
Wheels: Cast aluminum
Front wheel: 19 x 2.50
Rear wheel: 17 x 4.0
Tires: Pirelli Diablo Rossi II
Front tire: 110/80 x 19
Rear tire: 150/70 x 17
Front brake: 300mm disc w/ radially mounted 4-piston caliper
Rear brake: 240mm disc w/ single-piston floating caliper
ABS: Standard

DIMENSIONS and CAPACITIES
Wheelbase: 55.9 inches
Rake: 26.7 degrees
Trail: 3.9 inches
Seat height: 32.9 inches (optional high, 33.5”; optional low, 32.3”)
Fuel capacity: 2.9 gallons
Estimated fuel consumption: 71 mpg
Curb weight: 374 pounds
Colors: Polar White; Rallye; 40 Years GS (black/yellow)

Kolom Komentar