[Breaking News] Honda Putuskan Mundur Dari Formula 1 di Akhir Musim 2021

Motomaxone.com – Tak selamanya lintasan balap menjadi pilihan bagi produsen untuk meng-’komersil’ kan produknya. Demikian pula yang sedang diputuskan oleh Honda di ajang balap Formula 1. Honda bakal undur diri dari balapan jet darat itu. Setahun lagi.

Itulah yang baru-baru ini diumumkan oleh Honda. Di Tokyo, Jepang. Pabrikan mega industri otomotif dunia. Yang market sharenya begitu mengerikan lawannya, setidaknya dikancah otomotif roda dua. Meskipun untuk pasar roda empat juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Melansir beberapa media otomotif internasional. Mundur nya Honda dari ajang balap F1 tak lepas dari keputusan manajemen Honda yang akan mengambil langkah efektif dan prioritas.

Biaya proyek Formula 1 yang memang dikenal begitu besar menjadi salah satu faktor kendala bagi Honda yang tak menjamin diri mereka terus ikut serta diajang Formula 1 dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sebagai gantinya, anggaran proyek yang semestinya untuk Formula 1 itu tak dibuang sia-sia. Honda akan fokus dalam pengembangan berbasis kendaraan listrik. Segala bentuk penyaluran sumber daya tersebut akan dialihkan. Untuk perkembangan dan penelitian kendaraan listrik yang menurut mereka akan menjadi ‘masa depan’ perkembangan dunia otomotif.

Tak hanya itu saja pastinya. Honda juga dikabarkan menyalurkan sumber daya perusahaan mereka dalam bidang unit daya dan teknologi energi untuk masa depan. Teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan juga baterai EV (BEV) akan menjadi perkembangan lanjutan bagi Honda yang berfokus pada teknologi bebas karbon.

Rencana mundur dari Formula 1 rupanya bukan kali ini saja. Sudah sejak lama setidaknya. Namun agar tak terkesan mendadak maka semusim lagi 2021 akan menjadi musim terakhir Honda berkancah diajang balap jet darat Formula 1.

Masashi Yamamoto. Adalah Direktur Pelaksana Honda di ajang Formula 1. Mengungkapkan fakta menarik bahwa masalah terbesar yang sedang dihadapi oleh mereka adalah Investasi. Faktor inilah yang dianggap penting untuk mencapai kesuksesan pada proyek besar mereka untuk pengembangan mesin kendaraan listrik yang mereka miliki.

Tentunya.. mundur dari Formula 1 juga bukan masalah serius untuk pabrikan sekelas Honda. Layaknya Kawasaki yang saat inipun belum akan kembali ke lintasan balap MotoGP. Ada skala prioritas dimana ajang ‘buang duit’ dilintasan itu tak menjadi begitu penting, khususnya untuk tujuan pengembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan. (red)

Kolom Komentar