lexi s abs

Bedah Teknologi All New Honda Scoopy 2021, Mesin Baru dan Kaya Fitur (Bag-3)

lexi s abs

Motomaxone.com –  Kembali melanjutkan pembahasan kemarin pembaca sekalian. Masih tentang All New Honda Scoopy yang masih banyak rasa penasaran tentang apa saja yang baru dari produk terbaru Astra Honda Motor ini. Salah satunya adalah penerapan mesin baru dan fitur yang berlimpah.

Banyak masyarakat awam akan beranggapan bila mesin Scoopy 2021 untuk sama saja dengan model sebelumnya. Sama-sama mengusung platform mesin 110cc. Namun nyatanya secara teknis AHM memberikan update pada All New Honda Scoopy 2021 ini.

Mengusung platform mesin yang sama dengan Honda Genio. Honda masih mengandalkan teknologi eSP (enhanced Smart Power). Mesinnya masih berkapasitas 110cc, namun secara spesifik ada peningkatan kapasitas mesin pada All New Scoopy ini. Lebih tepatnya sekarang mengusung kapasitas mesin 109,5 cc. Karakter mesinnya lebih pada over-stroke dengan bukti Stroke piston yang disetting lebih panjang. Kompresi mesinnya pun ditingkatkan dari 9,5 menjadi 10,1 :1.

Dengan racikan mesin yang baru ini menjadikan power dan torsi diatas kertas berkurang sedikit. Power mencapai 9,0 PS @7.500RPM dan Torsi 9,3 Nm @5.500RPM.  Sedangkan model sebelumnya 9,1 dan 9,4 Nm. Namun dari ruang pembakaran yang lebih compact sehingga berat mesin berkurang 10% dan menerapkan kompresi lebih tinggi maka secara performa, penulis simpulkan All New Scoopy ini lebih meningkat ketimbang model sebelumnya.

Salah satu upaya penurunan nilai power dan torsi diatas kertas yang sangat amat sedikit diatas salah satu keuntungan yang ingin didapatkan AHM mungkin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakarnya. Secara klaim pabrikan, konsumsi BBM dengan metode ECE R40 Euro 3 dengan fitur ISS ON didapatkan nilai konsumsi mencapai 59 km/liter. Dengan jarak tempuh mencapai 247,8 km sekali isi full tangki. Kecepatan maksimumnya sendiri cukup 91,5 km/liter. Sekali lagi, AHM memang mendevelop motor ini bukan untuk prioritas performa.

Fitur teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus juga diterapkan. Berpasangan dengan fitur ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Untuk varian Sporty dan Fashion, masih diberikan kick starter. Sedang varian Stylish dan Prestige yang meenggunakan teknologi Smartkey tidak diberikan kick starter. Sebagai gantinya, dua varian Smartkey ini diberikan fitur indikator baterai agar pengguna bisa memantau setiap saat kondisi kesehatan Aki motor.

Dalam mendukung sektor handlingnya, diberikan suspensi teleskopik pada bagian depan dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di belakang. Membuat skutik ini terasa cukup lincah dan gesit untuk bermanuver setiap saat. Buat rodanya masih sama, menggunakan diameter 12 inci dengan profil ban cukup lebar, yakni 100/90 depan dan ban belakang 110/90.

Perangkat penahan laju yang serupa, mengandalkan piringan cakram dengan kaliper piston tunggal pada bagian depan dan jenis tromol di belakang. Masih tetap menggunakan fitur CBS ( combi brake system) yaitu menggabungkan antara rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas di sebelah kiri. Teknologi ini memungkinkan pendistribusian hasil pengereman lebih merata.

Demikian penjelasan panjang lebar terkait All New Honda Scoopy 2021. Motor ini memiliki 4 varian dan 8 pilihan warna. Untuk tipe Sporty ada Red dan Black. Untuk tipe Fashion tersedia Blue dan Cream. Keduanya itu dijual Rp 19,950 juta OTR Jakarta. Sementara tipe tertinggi Stylish dan Prestige yang masing-masing telah dilengkapi Smart Key  diniagakan dengan harga Rp 20,750 juta rupiah OTR Jakarta (red)

Foto Lain :

Kolom Komentar