nmx

All New Scoopy Smartkey Tanpa Kick Starter, Kalau Mogok ?

nmx

Motomaxone.com –  Sepekan yang lalu All New Honda Scoopy 2021 diluncurkan secara resmi di Surabaya, Jawa Timur oleh MPM Honda Jawa Timur. Salah satu yang menjadi perhatian penulis adalah perbedaan antara varian All New Scoopy yang menggunakan Smartkey Key dan yang belum menggunakan smartkey.

All New Scoopy Smartkey Tanpa Kick Starter, Kalau Mogok ?

Varian standar All New Scoopy memang masih menggunakan kunci kontak konvensional macam generasi sebelumnya. Namun varian ini masih juga dibekali dengan kick starter atau starter engkol. Ternyata sangat berbeda dengan varian All New Scoopy Stylish dan Prestige yang memiliki Smartkey. Varian Smartkey ternyata hanya memiliki starter elektrik yang artinya tidak memiliki starter kaki.

Namun sebagai kompensasi ditanggalkannya kick starter pada All New Scoopy Smarkey Keyless, maka Honda membekali varian tertinggi All New Scoopy ini dengan indikator baterai (Aki) pada panel dashboard meter.Sehingga saat baterai abnormal maka indikatornya menyala. Jikalau baterai mulai bermasalah maka disarankan charge ulang atau segera dilakukan penggantian baterai baru.

 

Menurut Honda, hilangkan kick starter memang sudah melalui survey kepada konsumen. Kebanyakan pemilik motor sekarang jarang menggunakan kick starter. Sehingga pada varian tertinggi Scoopy 2021, coba untuk dilepas. Meskipun demikian, Honda sebagai produsen sudah mempertimbangan hal itu dengan memberikan fitur indikator yang akan menyala saat aki bermasalah.

Harapan Honda kepada konsumen All New Scoopy Smartkey. Saat indikator aki menyala maka pemilik kendaraan segera menghubungi bengkel resmi untuk melalukan pemeriksaan atau perbaikan komponen.

All New Scoopy Smartkey tentu bukan satu-satunya motor yang tidak memiliki kick starter. Adanya banyak motor lain yang juga tidak menggunakan starter kaki seperti Honda PCX dan lain-lain. Ketika aki sudah tidak bisa mengakomodir kebutuhan listrik starter elektrik maka sudah sepatutnya aki di charge atau langsung diganti baru. Menurut pengalaman penulis, sejauh motor digunakan setiap hari maka proses pengisian baterai pun juga dilakukan setiap hari sehingga kemungkinan aki rusak itu sangatlah kecil atau memiliki jangka waktu yang lama. (red)

Kolom Komentar