nmx

Balap CEV Moto3 Barcelona 2021, Perjuangan Pembalap Muda Honda Mario SA

nmx

Motomaxone.com – Kompetisi balap CEV Moto3 Catalunya (Barcelona) 2021 memberikan catatan manis bagi pembalap muda Astra Honda, Mario Suryo Aji. Pembalap muda Indonesia ini nyaris meraih kemenangan. Namun mendapatkan penghalang akibat insiden kecil itu.

RACE 1

Pada sesi kualifikasi, Mario SA membuat bangga Indonesia dengan mencatatkan diri sebagai peraih pole position pada gelaran CEV Moto3 Barcelona 2021.

Dalam sesi balap pertama ini, Mario SA terlihat tak sempurna dalam mengawali balapan. Kurang sempurnanya saat start itu dimanfaatkan oleh 4 pembalap dibelakangnya hingga posisinya tergantikan ke posisi 5.

Namun Mario SA cukup konsisten untuk bersaing diposisi terdepan, hasil ini membuat pembalap muda asal Magetan Jatim ini melaju terdepan pada lap kedua. Balapan yang benar-benar tidak mudah karena Mario SA harus menghadapi perlawanan sengit dari pada rivalnya yang sebagian besar adalah pembalap muda eropa.

Selama balapan berlangsung, Mario sempat beberapa kali berganti posisi dengan Daniel Holgado, David Munoz dan Daniel Munoz.

Namun insiden kecil itu merusak harapan kemenangan yang ada didepan mata. Tepatnya pada lap terakhir. Mario SA yang sedang memimpin balapan dipaksa bersenggolan dengan Daniel Munoz yang melakukan penetrasi dari sisi dalam lintasan.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh pembalap asal Malaysia Syarifudin Azman yang merebut posisi pertama hingga mencapai garis finish. Cukup disayangkan, namun inilah balapan.

Resiko apapun bisa terjadi, namun MM sendiri cukup bangga dengan Mario SA yang tetap bisa menyelesaikan balapan meski akhirnya finish di posisi ke 6. Masih banyak pembalap lain yang tak seberuntung Mario SA.

Seperti Takuma Matsuyama misalnya yang gagal finish akibat kecelakaan di lap ke-5. Kecelakaan yang turut membuat Diogo Moreira juga gagal mencapai finish. Begitu pula Jose Julian Garcia, pembalap yang sempat bersaing ketat dengan Mario SA di barisan depan ini akhirnya dipaksa gagal finish akibat terjatuh.

Hasil Race 1 CEV Moto3 Barcelona 2021 :

POS. NO. PEMBALAP WAKTU/GAP
1 63 Syarifuddin Azman 29’32.553
2 64 David Munoz +0.162
3 95 Jose Antonio Rueda +0.272
4 96 Daniel Holgado +0.479
5 26 Scott Ogden +0.777
6 16 Mario Suryo Aji 1.895
7 17 Daniel Munoz +0.517
8 66 Joel Kelso 5.537
9 70 Joshua Whatley 5.606
10 24 Ivan Ortola 5.635

 

RACE 2

Start balap masih menjadi kelemahan. Akibatnya Mario SA langsung turun ke posisi 6 selepas tikungan pertama. Namun kegigihannya menjadikan dirinya terus naik posisi di posisi 2 pada putaran ke 3.

Pada lap ke 4, Mario SA sukses memimpin balapan di posisi pertama setelah merebutnya dari Ivan Ortola. Demikian yang dilakukan pembalap muda didikan Astra Honda Racing Team untuk terus menjada konsistennya sebagai pemimpin balapan. Pantas rasanya jika melihat tekniknya bermanuver hingga late braking ala Alex Barros.

Empat lap terisa, Mario SA mulai melorot ke posisi 5. Namun perjuangannya memperbaiki gagal setelah terjatuh. Daniel Munoz yang memaksa mendahului Garcia kehilangan kendali motornya hingga kedua pembalap kena bagian belakang Mario Suryo Aji.

Hasil ini tentu tak perlu disesali terlalu sangat oleh Mario SA. Menjadikan kejadian balap ahad ini (13/6) sebagai pengalaman berharga menjadi hal utama untuk mengasah mentalnya sebagai pemenang. (red)

Kolom Komentar