Analisa Ringan, Mungkinkah Yamaha Gulung Tikar !! Kecemasan Pelaku Bisnis Yamaha, Honda Kuasai 76% Market Share di Kota Malang

Honda VS Yamaha

Tak bisa dipungkiri jika semua pemilik dealer produsen motor juga bertindak sebagai pelaku bisnis. Yup, semua barang dagangan mereka bukan hanya mengangkat peran sebagai pendukung ATPM namun terlebih juga sebagai area bisnis untuk kehidupannya. Dari beberapa owner dealer yamaha yang fnc kenal, menyebutkan bahwa Yamaha Indonesia sudah mulai diambang krisis kepercayaan produk di mata masyarakat.

Yamaha Indonesia gulung tikar !! Dari market share di jawa timur saja, sang kompetitor dari seberang sudah mengungguli penjualan total produk dengan market share 74%. Sedangkan di malang sendiri, tutup tahun 2014 yamaha jatim kalah secara market share dengan 76% pangsa pasar dikuasai kompetitor.

Dari segi kualitas, produk yamaha memang tak diragukan kapasitasnya. Namun booming produk yang digembar-gemborkan terbukti loyo dimata konsumen. Dari sisi pengembangan teknologi, yamaha memang tak bisa dibilang tebang pilih. Dari generasi ke generasi benar2 ada pembaruan secara signifikan, namun tentunya modal itu tak cukup menggaet konsumen yang saat ini lebih suka memilih produk dengan popularitas terbaik.

Lagi-lagi konsistensi penerapan teknologi yamaha tak membuhkankan hasil. Bahkan sletingan rumor yang masuk ke redaksi fncounter.com, beberapa orang berpengaruh di yamaha jatim misalnya malah meyangsikan teknologi bluecore bakal booming secara penjualan. Fnc pun tak habis pikir, bagaimana mungkin kapasitas kepopuleran yamaha yang berada dipuncak bisa disikat habis oleh kompetitor sampai sebegitu jauhnya.

Mencuri strategi kompetitor. Honda memang terkenal dengan varian produk yang bejibun banyaknya, dengan harapan semakin banyak variasi yang bisa dipilih konsumen tentunya dengan mengorbankan produknya yang lain. Meskipun demikian, terdapat agenda dan strategi tersembunyi yang tentunya tak kasat mata. Kali ini yamaha pun bertindak demikian, tercatat baru2 ini saja sudah ada 2 varian matic 125cc yamaha, satunya Mio M3 125 yang sudah dirilis dan Soul GT125 yang dalam tahap perencanaan.

Bagi owner dealer sendiri, memperbanyak produk tak cukup untuk bisa mengembalikan kejayaan yamaha indonesia sendiri. Bagi fnc, perlu ada fokus yang harusnya ditargetkan oleh yamaha, bermain market share atau menjaga loyalitas konsumen yamaha sendiri. Jika tidak segera dibenahi sistem tersebut, bukan tidak mungkin menggilas market share yamaha hingga bernasib seperti kawasaki dan suzuki akan terbukti nanti. (fnc)

____________

Related Post :

Advertisements
18 Comments

Sopan Berkomentar Kamipun Segan