All New Yamaha Byson FI Akhirnya Diluncurkan, Kapasitas Mesin Dipangkas….Performa Lebih Baik !!

All New Byson FI 3

Saat yang ditunggu-tunggu oleh penggemar Byson di Indonesia tiba, salah satu produk Yamaha Indonesia yang masuk dalam kategori sport ini mulai mendapatkan sentuhan injeksi di negeri asalnya india. Yup, membawa beberapa perubahan dalam sektor desain meski terbilang minimalis, Yamaha India melakukan beberapa perubahan terkait penyesuaian injeksi.

Segi desain paling mencolok dalam perubahannya meskipun terbilang kecil. Shroud khas Yamaha Byson dilengeserkan guna memperikan efek penyegaran pada produk yang sering kali hanya berganti striping ini. Desain lampu depan berubah menjadi lebih futuristik dengan model sekilas mirip dengan New Scorpio. Untuk bagian Shroud turut mendapatkan penyegaran. Benar-benar dibuat model shroud baru, paling kentara jika dilihat di bagian depan, shroud terlihat lebih kekar dari model sebelumnya.

Beralih ke sektor mesin, pembaruan New Yamaha Byson turut merambah pada sektor dapurpacu. Kapasitas mesin dipangkas, jika sebelumnya kapasitas mesin 153cc maka All New Yamaha Byson FI menggunakan mesin 149cc. Pemangkasan mesin turut berimbas pada penurunan performa mesin diatas kertas. Jika sebelumnya mesin lama Yamaha Byson menghasilkan output power 14PS@7.500rpm dan Torsi 13,6 Nm@6.000rpm, kini dengan mesin 149cc tenaga terpangkas yaitu Power maksimum 13,1 PS @8.000rpm dan Torsi 12,8 Nm @6.000rpm.

Meskipun demikian, sistem pengkabutan bahan bakar sudah mengaplikasikan Fuel Injection meninggalkan model konvensional karburator. Yamaha pun mengklaim, efisiensi bahan bakar lebih baik 14% dan performa juga lebih baik 3% dibandingkan model lama meskipun diatas kertas power mesin berkurang akibat pemangkasan kapasitas mesinnya.

Hal ini disebabkan, meskipun Yamaha memutuskan menurunkan kapasitas mesin dari 153cc ke 149cc, berat motor pun turut disesuaikan. Kabarnya Yamaha India berhasil mengurangi berat motor hingga 3 kg lebih ringan dari model sebelumnya. Sektor kaki-kaki velg, shock dan lainnya terlihat tak begitu mengalami perubahan. (fnc)

All Picture :

____________

Related Post :

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...