2022 Honda Genio, Bergaya Gambot Dengan Roda Scoopy

YAMAAF

Motomaxone.com – Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Pembaca, sobat biker sekalian. Tentu sudah pada tau dengan produk matic baru Astra Honda Motor (AHM). Yup, Honda Genio versi 2022 yang kini tampil lebih kekar dibagian kaki-kakinya.

Dari banyak foto beredar, dari pengamatan penulis. Genio versi terbaru 2022 ini desainya lebih kalem, tidak sekaku versi sebelumnya.

Jika versi perdana Honda Genio dirilis dengan roda macam skuter matic kebanyakan, kini AHM memberikan bekal roda kekar. Velg tapak lebar yang dibalut dengan sepasang ban donat. Kini, Genio mengaplikasikan ban depan 100/90 dan ban belakang 110/90 dengan ring velg 12 inch, sama persis dengan roda Honda Scoopy yang ternyata juga cocok lho bila dipakai pada skuter matic lama Honda Spacy.

Secara racikan mesin, AHM belum memberikan perubahan signifikan. Masih keukeuh dengan 110cc, SOHC berteknologi eSP (enhanced smart power). Bersistem pengabut bahan bakar injeksi PGM-FI yang diklaim memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Tenaga maksimal motor ini tentu tidak menawan, sama hal nya dengan Scoopy atau BeAT. Untuk jalanan Indonesia yang sudah semakin sesak ini, powernya Honda Genio ini cukup dengan besaran 6,6 kW di 7.500RPM dan torsi 9,3 Nm di 5.500RPM. Akselerasinya diklaim semakin responsif.

Untuk fitur-fiturnya juga masih dengan ciri khas matic AHM. ACG starter yang membuat suara starter nya nggak mbletak bikin jantungan, alias sudah sunyi senyap bak keheningan malam :mrgreen:

Fitur ACG Starter itu disandingkan dengan pasangannya yaitu fitur ISS. Idling stop system, orang madura bilang. Fitur pintar yang mematikan sejenak idling mesin saat menanti lampu merah yang hitungannya melebihi detik dalam satu menit atau penantian panjang di perlintasan kereta api, yang ternyata hanya kepala lokomotif nya saja yang lewat :mrgreen:

Genio 2022 ini diklaim memilik konsumsi BBM hingga 59,1 km/liter dengan estimasi jarak tempuh 248 km. Sistem injeksinya sudah lolos standar emisi EURO 3, klaim pabrikan.

Fitur unggulan lain dari Genio menurut AHM adalah rangka eSAF. Kontruksi rangka dengan plat baja yang di press, semacam sasis mobil yang katanya meningkatkan rigiditas motor itu sendiri. Rangka ini juga memberikan kelegaan pada pemanfaatan ruang sehingga kapasitas bagasinya bisa meningkat. Bagasi barang Genio mampu memuat 14 liter sedangkan kapasitas tangki bensinnya hanya 4,2 liter. Tangki bensinnya menurut penulis masih kalah dengan Spacy jadul tahun 2013 yang sudah mampu menampung bahan bakar sebanyak 5 liter.

Fitur lain, tentu pembaca sekalian sudah lebih paham. Seperti lampu depan yang sudah LED, indikator ECO di panel meter, secure key shutter, footstep boncenger berbahan aluminium, sistem pengereman combi brake sistem (CBS), dilengkapi parking brake lock di handle rem sebelah kiri hingga side stand switch untuk mematikan mesin saat standar samping diturunkan.

Semua kenyamanan itu bisa konsumen tebus dengan harga 18 juta 50 ribu untuk versi CBS. Dan 18 juta 650 ribu untuk versi CBS-ISS. Berminat ? (F4)

Kolom Komentar