nmax

2021 KYMCO KRV 180, Standar Baru Skuter Matik Bongsor

nmax

MotoMaxone.com – Ada yang tak biasa digelaran Beijing International Motorcycle Exhibition. Sesuatu yang tak biasa itu hadir di booth KYMCO, pabrikan asal Taiwan yang sudah ternama dengan produk skuter matiknya. Disana KYMCO sedang pamer produk anyar bernama Kymco KRV 180.

Skuter matik bongsor ini terlihat lebih berkesan sporty & stylish ketimbang motor Kymco yang dikenal di indonesia. KRV 180 ini ternyata merupakan produk dengan model baru. Didesain dengan unsur sporty dimana sudut-sudut cover bodi nya sengaja dibuat melancip.

Dibandingkan antara desain depan dan belakang, kita akan melihat bahwa model Kymco KRV 180 cukup proporsional. Sekilas mirip dengan Honda ADV 150 jika dilihat dari jarak bagian buritan dan roda belakang yang cukup tinggi.

Meskipun demikian, dari pengamatan penulis beberapa bagian tidak memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Seperti winshield, desainnya sangat pendek untuk fungsi pelindung dari angin, hanya sebatas penghias saja untuk menutup bagian dashboard panel meter.

Yang menarik, meskipun mengusung desain skuter bongsor tapi Kymco KRV 180 ini didesain memiliki dek tengah rata. Berbeda dengan ADV 150, NMAX, PCX atau Aerox 155 yang tidak memiliki ruang lega dibagian tengah karena space ditempati oleh tangki bahan bakar. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri untuk produk ini yang bilamana masuk pasar Indonesia maka patut diperhitungkan untuk berkompetisi dengan model sejenisnya.

Kelebihan tersebut cukup kuat dipertahankan oleh Kymco sebagai bentuk efisiensi tempat pada skuter matik. Alhasil, lubang pengisian bahan bakar ditempatkan pada bagian kiri dari dek tengah depan. KRV 180 ini sendiri mampu memuat 7,2 liter bensin.

Fitur-fitur terkini lainnya cukup komplit. Headlamp LED dengan desain yang sangat menarik berkesan tegas dan intimidatif. Panel meter Full Digital. Setang model terbuka tak menggunakan cover. Swingarm aluminium alloy dengan desain keren. Terdapat USB port untuk charger smartphone tepat diatas kenop smartkey keyless nya.

Belum lagi pengaplikasian cakram lebar dengan kaliper dobel piston untuk perangkat pengereman bagian depan, tak lupa fitur ABS juga sudah disematkan untuk pendukung piranti keselamatan.

Kymco KRV 180 ini dibekali dengan mesin berkapasitas 175,1cc satu silinder dengan 4 katup. Berpendingin cairan. Meskipun berkesan memiliki kapasitas mesin cukup besar, namun daya yang mampu dihasilkan hanya sebatas 12,3 kW atau setara 16,7 PS dan torsi 15,68 Nm.

MM sendiri cukup apresiatif dengan kehadiran Kymco KRV 180 ini. Ibarat kata skuter matik bongsor baru besutan Kymco ini memberikan standar baru sebuah skuter matik dengan dimensi besar. Luas lapang dan leganya dek tengah yang juga didesain rata.. ternyata memungkinkan untuk sebuah skuter matik bongsor. Bagaimana dengan tangkinya ? seperti pada kasus skuter matik brand jepang ? harus ada inovasinya. Seperti KRV 180 ini, yang mana tangki bahan bakarnya ternyata bisa didesain tanpa mengganggu fungsi dek tengah rata. Alhasil lubang pengisian bahan bakarnya pun bisa diakses mudah dibagian kiri bawah setang kemudi, jadi fungsional kan. (red)

Galeri KYMCO KRV 180 2021 :

Spesifikasi KYMCO KRV 180 2021 :

SPESIFIKASI
ENGINE TYPE SOHC, 4 Stroke, 4V, Single Cylinder
COOLING SYSTEM Liquid cooling
FUEL SYSTEM Fuel Injection
ACTUAL DISPLACEMENT 175.1 cc
MAX. POWER 12.3 kW (16,7 PS) / 7500 rpm
MAX. TORQUE 15.68 Nm / 6000 rpm
CURB WEIGHT (KG) 133.5
LENGTH X WIDTH X HEIGHT (MM) 1960 x 755 x 1115
SEAT HEIGHT (MM) 795
WHEELBASE (MM) 1400
FUEL TANK CAPACITY 7.2 L
FRONT WHEEL SIZE 110/70-13
REAR WHEEL SIZE 130/70-13
WHEEL MATERIAL Aluminum Alloy
FRONT SUSPENSION Telescope
REAR SUSPENSION Unit Swingarm
FRONT BRAKE SYSTEM Disk
REAR BRAKE SYSTEM Disk

Kolom Komentar