Yamaha STSJ Paparkan Bahaya Gunakan Oli Bekas Untuk Pelumas Rantai

lexilx155

Yamaha XSR 155 bahaya oli bekas

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, rantai roda pada sepeda motor merupakan salah satu komponen yang wajib dirawat agar tetap berfungsi dengan maksimal. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan oleh pengendara adalah dengan rutin melumasi rantai agar awet dan tidak berisik ketika digunakan. Agar performa rantai tetap terjaga, sebaiknya konsumen melumasi rantai menggunakan Chain Lube yang diformulasikan dengan khusus untuk melumasi komponen penggerak roda. Hal ini tentu akan menjaga keawetan rantai pada kendaraan.

Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan “Masih banyak konsumen yang tidak terlalu memperhatikan kondisi rantai kendaraannya. Padahal komponen ini merupakan salah satu komponen yang tidak boleh luput dari perhatian. Sering kali pengendara melumasi rantai kendaraannya menggunakan oli bekas. Padahal teknik ini tidak disarankan karena akan memberikan kerugian bagi pengendara,” ungkap Ilham.

Adapun dampak buruk yang dihasilkan oleh penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai adalah pelumasan pada rantai tidak akan efektif, karena tidak sesuai dengan fungsinya. Selain itu, kotoran pada oli bisa menempel ke rantai yang berpotensi membuat rantai jadi mudah berkarat dan melar. Dengan kata lain, penggunaan oli bekas tidak bisa dijadikan pilihan untuk melumasi rantai kendaraan.

Pentingnya menggunakan cairan khusus seperti chain lube untuk melumasi rantai memiliki banyak manfaat. Yamalube Chain Lube sudah diformulasikan untuk melumasi rantai dengan menyeluruh dan melekat ke permukaan dalam jangka waktu yang panjang. Cairan ini berfungsi untuk melindungi rantai dari penumpukkan debu dan keausan, mengurangi kebisingan dan gesentai rantai, serta mencegah terbentuknya karat pada rantai.

Konsumen juga dapat melakukan perawatan ini dari rumah. Pastikan konsumen mengocok cairan dengan baik. Lalu bersihkan permukaan rantai dari air, minyak maupun kotoran yang melekat pada rantai. Gunakan pipa semprot yang disediakan untuk pemakaian yang merata diseluruh permukaan rantai.

Yamalube Chain Lube dapat dibeli diseluruh jaringan bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra yang tersebar di area Jawa Timur dan Nusa Tenggara. (FN)