Yamaha M1 2023, Rilis Resmi Tim Monster Energy Hingga Klaim Motor Terkencang

lexilx155

yamaha YZR M1 2023 Jakarta MotoGP 2023

Motomaxone.com – MotoGP 2022 sudah dimenangkan oleh Ducati. Hasil itu tentu menampar keras jajaran pabrikan Jepang yang selama ini mendominasi. Tak terkecuali Yamaha, yang nyatanya tak mampu mempertahankan gelar juara yang diraihnya pada musim 2021.

Pertengahan januari lalu (17/1), Yamaha Monster Energy 2023 resmi merilis Yamaha YZR-M1 2023. Launchingnya ditempatkan di Jakarta, Indonesia.

President Yamaha Motor Co., Ltd. Yoshihiro Hidaka, General Manager Motorsports Development Division of Yamaha Motor Co., Ltd. & President of Yamaha Motor Racing Takahiro Sumi, Monster Energy Yamaha MotoGP Team Principal & Yamaha Motor Racing Managing Director Lin Jarvis, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing President Dyonisius Beti, Monster Energy Yamaha MotoGP Team Director Massimo Meregalli, dan pembalap pabrikan Yamaha yaitu Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli tampil berbagi mengenai “era baru” kerjasama Yamaha dan Monster Energy Company.

Yamaha memiliki kerjasama global jangka panjang dengan sponsor utama tim, Monster Energy Company, karena passion yang sama terhadap racing. Kerjasama title sponsorship beberapa tahun pertama dengan tim Yamaha Factory Racing MotoGP ditandatangani pada musim panas 2018, selain itu Monster Energy Company juga mensponsori beberapa tim Yamaha (diantaranya tim Yamaha Factory Racing MotoGP sejak 2013) dan para pembalap (termasuk Quartararo dan Morbidelli) di berbagai kelas balap. Kerjasama title sponsorship dengan tim Monster Energy Yamaha MotoGP diperpanjang pada GP Catalunya tahun lalu, dan layak dirayakan ketika Fabio Quartararo memenangkan balapan pada akhir pekan yang sama.

Skema warna YZR-M1 Monster Energy Yamaha MotoGP untuk 2023 juga terlihat pada pit box, wearpack pembalap dan seragam tim. Tampilan baru ini memadukan warna Yamaha (dengan tambahan baru warna abu-abu) serta skema warna lifestyle adventure Monster Energy. Branding claw (cakar) ikonik Monster tetap langsung dapat dikenali pada motor, logo tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dan seragam tim.

Monster Energy Yamaha MotoGP juga dengan bangga mengumumkan, sepanjang musim balap 2023, motor tim akan tetap menampilkan slogan-slogan Yamaha Motor Filipina dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dimulai dari tes pra musim resmi IRTA MotoGP, 5-7 Februari dan 10-12 Februari di Sepang Malaysia dan 11-12 Maret di Portimao Portugal.

Intinya Yamaha YZR-M1 2023 kini lebih baik. Pasca tes pra musim di Valencia. Dilakukan pembenahan disana sini. Feedback dari pembalap yang masih menggunakan jasa Quartararo dan Morbidelli itu juga dijadikan pedoman untuk melakukan perbaikan-perbaikan dengan satu tujuan. Merebut kembali gelar juara dunia MotoGP tahun ini, demikian yang disampaikan GM MDD Yamaha Motor, Takahiro Sumi.

Memang cukup berat, modal optimis tidak cukup untuk mengejar ketertinggalan musim lalu bagi Yamaha. Namun setidaknya, yamaha memiliki dua pembalap dengan mentalitas juara yang sudah teruji. Dan hal ini menjadi modal penting mempersiapkan musim kompetisi 2023. So apakah klaim YZR-M1 memiliki top speed terkencang seperti yang disampaikan test rider Cal Cruthclow bisa menjadi modal juara ? kita lihat saja. (~fn)