yamaha

Tips Sukses Melibas Jalan Turunan dan Tanjakan Dengan Motor Matic

yamaha

Motomaxone.com – Pembaca sekalian, penting untuk disadari bahwa kebutuhan konsumen masa kini terhadap kendaraan yang multiguna dan praktis untuk digunakan sehari-hari membuat sepeda motor tipe matik semakin diminati. Namun tidak jarang yang meragukan akan kemampuan sepeda motor matik dengan kapasitas kecil dalam melalui medan jalan tertentu, seperti tanjakan maupun turunan yang terjal.

Nah untuk menjawab keraguan dan kekhawatiran masyarakat Indonesia akan hal tersebut, maka Yamaha menyediakan line up produk Generasi 125 dengan kapasitas mesin 125 cc yang pasti kuat dan pasti nanjak. Selain itu, Yamaha juga mendukung pengendara lebih percaya diri dengan membagikan tips dan trik berkendara saat melalui tanjakan dan turunan.

Menurut instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), M. Arief dalam menghadapi rutinitas harian dengan sepeda motor, penting bagi pengendara untuk memastikan kondisi sepeda motor dalam kondisi baik sebelum digunakan. Salah satu cara menjaga kondisi sepeda motor dengan melakukan perawatan rutin dan tepat di bengkel resmi terpercaya. Untuk menambah rasa percaya diri pengendara khususnya saat melewati beragam lintasan seperti jalan menanjak atau turunan, dapat mengikuti beberapa tips dan trik sebagai berikut :

Saat melewati jalan menanjak :

  • Menjaga jarak yang cukup dengan kendaraaan yang berada didepan

  • Mengatur bukaan gas agar memiliki kecepatan yang sesuai serta tetap mendapatkan tenaga sesuai kondisi tanjakan

  • Hindari terlalu sering menutup gas, mencegah tenaga motor turun atau drop

  • Ketika berhenti dan akan jalan pastikan sepeda motor digas terlebih dahulu, setelahnya rem dapat dilepas agar motor tidak mundur

  • Posisi badan tetap rileks disesuaikan dengan tinggi badan saat menanjak

 

Saat melewati jalan menurun :

  • Buka gas sedikit, agar ada efek EG brake atau pengereman dari mesin yang membuat motor agak tertahan seperti di rem, walaupun masih tidak sebesar motor bebek atau sport

  • Menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan yang berada didepan

  • Menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, terutama saat jalan lurus

  • Hindari pengunaan rem yang terus menerus dan lama, mencegah rem menjadi panas serta dapat mengakibatkan rem blong

  • Posisi duduk tetap rileks, tidak terlalu ke depan atau ke belakang khususnya saat jalan menurun yang curam hindari posisi duduk terlalu kedepan. Hal ini mencegah risiko motor terpelanting saat pengoperasian rem yang mendadak

  • Saat melintasi turunan, peran rem sangat diperlukan maka jika pengendara merasakan ada perubahan dari rem sebaiknya berhenti dan cek terlebih dahulu.

Mempertimbangkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap sepeda motor yang handal melalui segala medan jalan dan praktis mampu menampung banyak barang bawaan, Yamaha menghadirkan line up produk sepeda motor Generasi 125. Salah satunya motor Yamaha Gear 125 yang menjadi pilihan motor matik multiguna dengan teknologi Blue Core berkapasitas 125 cc yang dilengkapi desain modern dan tangguh serta body ramping yang ringan. Yamaha Gear 125 juga mendukung kepraktisan karena memiliki banyak ruang untuk menyimpan barang bawaan, mulai dari rak depan* dengan kapasitas lebih besar serta gantungan ganda (double hook) dengan penutup di bagian depan motor yang membuat pengendara lebih praktis dan menampung lebih banyak barang bawaan.

Teknologi unggul dan kapasitas mesin yang besar membuat performa sepeda motor Yamaha Gear 125 menjadi bertenaga, handal, dan efisien. Ditambah banyaknya ruang penyimpanan sehingga Yamaha Gear 125 dapat menjadi pilihan praktis khususnya bagi konsumen yang aktif berkendara dan membawa barang menggunakan sepeda motor melalui beragam medan jalan terutama area tanjakan dan turunan. (~fn)

Kolom Komentar

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.