yamaha

Tips Pengisian Daya Smartphone di Sepeda Motor Yang Anti Soak

yamaha

 

Motomaxone.com – Pembaca sobat bikers sekalian. Industri otomotif saat ini tidak lagi berfokus pada saling beradu performa mesin. Namun selain beradu gesit dan irit, saat ini juga berlomba untuk menyematkan fitur terbaik guna menunjang kebutuhan pengendaranya. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Yamaha yaitu Electric Power Socket atau port pengisian daya smartphone.

Tanpa disadari fitur cas hp tersebut mulai dibutuhkan banyak orang, electric power socket menjadi salah satu fitur yang digemari banyak pengendara roda 2 lantaran membantu pengendaranya untuk always ON selama diperjalanan.

Supaya penggunaan electric power socket tidak mempengaruhi kondisi aki kendaraan. Oleh karena itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara memberikan kiat bagi pengendara sepeda motor yang ingin melakukan pengisian daya pada ponsel agar aki kendaraan tidak cepat tekor. 

Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart Yamaha STSJ menuturkan “Fitur ini membutuhkan tenaga utama listrik yang dihasilkan oleh aki. Ketika motor dalam keadaan tidak menyala atau kontak hanya on saja, maka aki tidak mendapat listrik pengisian dari regulator rectifier/kiprok, sehingga bisa jadi menciptakan aki yang tekor,” tuturnya. 

Hal yang harus diperhatikan bagi pengendara yang ingin mengisi daya ponsel nya melalui electric power socket pertama yaitu pastikan mesin motor dalam keadaan menyala sehingga fungsi dan daya aki tetap optimal. Ketika mesin dalam kondisi mati, akan menguras daya dari aki sehingga berpotensi membuat aki tekor. Lebih baik dalam kondisi motor menyala atau sedang berjalan. 

Pastikan ponsel hanya ada satu ponsel yang sedang diisi baterainya. Ketika pengendara mengisi baterai lebih dari satu ponsel, hal ini menyebabkan aki bekerja lebih keras ada kemungkinan akan menimbulkan masalah. Pastikan tidak mengoperasikan ponsel ketika sedang mengisi daya agar pengisian daya lebih efektif.

Selanjutnya, gunakan charger yang sesuai dengan ponsel anda guna menghindari adanya arus pendek dan potensi ponsel rusak.   

Pada dasarnya, fitur ini memberikan kemudahan bagi penggunaan kendaraan roda 2. Namun tetap harus digunakan dengan bijak agar kondisi kendaraan tetap prima. 

Untuk saat ini Yamaha telah menyematkan electric power socket kepada beberapa motor keluaran terbaru Yamaha seperti Fazzio, Gear 125, All New NMAX, All New Aerox, Lexi, dan Xmax.  Informasi lengkap terkait Yamaha dapat dilihat melalui website resmi www.yamaha-stsj.com atau menghubungi CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898. (~FN)

Kolom Komentar