Test Ride Honda BeAT Pop ESP dan BeAT Sporty ESP 2015

beat pop handling

Motomaxone.com — Setelah memandang dengan kesan pertama, giliran saat nya fnc melakukan impresi pertama berkendara dengan 2 varian all new BeAT ini. Pertama mencoba fnc mendapat giliran menggunakan Honda BeAT Pop ESP so ini dulu yang perlu dieksplore lebih lanjut. Pertama kali duduk diatas jok, kesan yang fnc rasakan tingkat keempukan jok lumayan pas, nggak terlalu empuk juga tidak terlalu keras.

Selanjutnya fnc rasakan ergonomi berkendaranya. Terus terang, fnc cukup merasakan kenyamanan bahkan dibandingkan saat fnc melakukan test ride GT125 lalu. Untuk handling, ajungan jempol untuk BeAT Pop ESP yang memang cukup ringan, pas untuk karakter berkendara kaum hawa nih. Namun tak bisa dipungkiri jika dipakai oleh user dengan tinggi badan diatas rata2 akan sedikit kerepotan dengan penempatan kakinya.

beat pop ergonomi berkendara

Meskipun demikian, BeAT Pop masih lebih nyaman digunakan oleh user dengan postur tubuh tinggi ketimbang BeAT Sporty. Hal ini dikarenakan desain dek tengah BeAT Pop ESP yang minim permainan sudut tajam sehingga space kaki lebih luas.

beat pop manuver

Beralih ke impresi dimana fnc menginginkan sensasi ACG starter yang diklaim menghidupkan mesin tanpa berisik, fnc belum mendapatinya pada unit Honda BeAT Pop yang fnc pakai. Starter masih terasa tingkat kekasarannya, berbeda dengan BeAT Sporty yang fnc gunakan, dimana starter elektriknya bahkan lebih senyap.

beat pop duel akselerasi

Berlatih Adu Akselerasi. Untuk kesempatan adu akselerasi kali ini, fnc kebetulan bersamaan dengan admin gakkreatip.com (kang akhya – BeAT Pop) dan motorrio.com (kang rio-BeAT Sporty). Setelah aba-aba dan langsung tancap gas, fnc lebih dulu sampai meskipun tidak dicatat waktu tempuhnya. Penasaran beberapa kali adu akselerasi diulang, hasil tetap sama fnc yang kembali finish duluan. Motorrio (BB 80kg) sempat berargumen karena fncounter dan gakkreatip berbeda berat badan jauh dari beliau, namun fnc membantah dengan memberikan data bahwa fnc pun memiliki berat badan yang hampir sama yaitu 76kg.

beat sporty duel akselerasi

Penasaran kembali dengan hasil duel akselerasi, kami pun berganti motor. Pada kesempatan ini, fnc memilih BeAT Sporty. Lha kok hasilnya tetap fnc yang finish duluan. So, dari hasil tersebut fnc menilai akselerasi kedua varian BeAT Pop dan Sporty setara alias sama baiknya dengan tidak adanya gejala nggantung seperti yang fnc rasakan kala test ride Honda Vario FI dulu.

Pengereman. Sistem pengereman pada kendaraan roda dua cukup signifikan fungsinya sebagai support keselamatan berkendara. Nah, urusan pengereman baik BeAT Pop dan Sporty tidak ada masalah, bahkan cukup pakem saat diajak deselerasi secara mendadak.

Suspensi. Untuk sektor rebound dari suspensi depan dan belakang, sejauh fnc melakukan test ride memang tidak ada kendala. Berikut juga kala fnc melihat rekan blogger lain menguji coba untuk berboncengan, gejala ambles pada suspensi belakang tak terlalu terlihat. Untuk sementara ini memang fnc rasakan tak ada masalah, butuh waktu lebih untuk mencoba nya dibanyak medan untuk mengetahui ketangguhan suspensinya. Nah, semoga hasil test ride singkat ini berguna. (red)

 

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...