Test Ride All New Honda CB150R 2015…… Full Review TOURING MODE Top Speed Tembus 137 km/j

Honda Sport Touring 2015 Camplong Sampang Madura 7

Motomaxone.com — All New Honda CB150R SF menjadi satu dari sekian produk motor baru yang sangat ingin FN jajal kemampuannya semenjak diperkenalkan pertama kali oleh PT. AHM sebagai pabrikan tunggal pemegang merk Honda Motor di indonesia. Nah, kesempatan tersebut akhirnya kesampaian juga akhir pekan lalu. Tak tanggung-tanggung nih, PT. MPM Honda Jatim mengemas test ride All New Honda CB150R SF 2015 ini dengan mode touring jarak jauh dengan jarak tempuh 109 km.

tour 1 New CB150R 1

Bersama rekan-rekan blogger lain dari Jatimotoblog, kami sepakat melakukan pembagian merata terhadap unit yang disediakan. Dari 8 orang blogger yang mendapatkan undangan, MPM Honda menyediakan 5 unit All New Honda CB150R SF dan 3 unit Honda CBR 150R. Jadi mau nggak mau, harus gantian nih untuk adilnya pembagian unit tersebut. FN sendiri memutuskan menggunakan dalam perjalanan berangkat menuju tempat wisata Pantai Camplong yang terletak di kabupaten sampang pulau madura bersama All New Honda CB150R SF sejauh 109 km (terhitung dari MPM Sedati – Pantai Camplong), sebenarnya jarak berangkat lebih dari 109 km nih mengingat harus mampir lebih dahulu ke Nasi Bebek Sinjay Bangkalan…. sedangkan dalam perjalanan pulang FN menggunakan CBR 150R brosis.

DESAIN, FITUR & FASHION

Jangan ditanya jika kita berbicara soal desain dari All New Honda CB150R SF. Honda Indonesia kali ini All out mengakomodir keinginan konsumen yang menginginkan motor modern yang futuristik secara desain. Untuk desainnya sendiri honda sebenarnya tetap mempertahankan basis desain CB150R sebelumnya, namun kali ini lebih dibuat tajam untuk setiap bagian lekukan bodynya.

Selain mempertahankan basis CB150R model lama tentunya banyak sekali yang baru dari All New Honda CB150R SF. Diantaranya yang bisa FN sebutkan adalah Full Digital Speedometer, dengan perubahan ini CB150R jadi tak kalah keren dengan jajaran BIG Bike Honda yang sudah mengaplikasikan serba digital pada dashboard speedometernya. Selain melengkapinya dengan digital speedo, Honda juga all out dalam gaya. Penggunakan lampu dengan model bohlam pada CB150R generasi pertama ditanggalkan. Sebagai gantinya semua dibuat full LED Lamp mulai dari Headlamp (Hi-Low Beam), Lampu Senja, Tail/Stop Lamp dan Lamp Sein. Semua didesain serba futuristik dan proporsional sesuai selera banyak konsumen yang menginginkannya.

 

ERGONOMI

tour 1 New CB150R 2

Yang begitu FN nantikan adalah merasakan ergonomi berkendara All New Honda CB150R SF secara langsung. Memiliki genre naked sport, All New Honda CB150R SF masih mempertahankan desain yang semi sporty. Jangkauan tangan dari tempat duduk menuju kemudi yang dipadu dengan posisi kaki yang menapak pada footstep FN rasakan sedikit merunduk (tidak lebih merunduk dari saat menggunakan CBR 150R). Bahkan FN merasakan sedikit lebih merunduk dari New Vixion Advance yang secara ergonomi lebih tegak. Namun dari sepanjang perjalanan jauh tersebut FN tak begitu merasakan kelelahan akibat ergonomi yang membuat punggung FN merunduk tersebut. Sepanjang Sedati hingga Sampang madura FN mulai merasakan kelelahan saat dihadapkan dengan kemacetan di wilayah Blega Madura. Bener-bener sudah kepengen istirahat lurusin punggung aja saat itu :mrgreen: hal ini mungkin juga pengaruh dari kondisi FN yang memang merasakan banyak motor sport batangan seperti itu kondisi ergonomi nya. Tentu saja ta senyaman motor bebek seperti MX, Supra X 125 dan sejenisnya. Apalagi All New Honda CB150R SF masih berkarakter desain sporty, berbeda dengan CB500X misalnya yang didesain khusus kenyamanan untuk touring.

 

AKSELERASI & PERSNELING

fn_new cb150r touring

Akselerasi ‘N Persneling… meskipun berbasis mesin yang sama dengan pendahulunya di generasi pertama CB150R, klaim honda yang menyebutkan jeroan All New Honda CB150R SF berbeda memang sangat terbukti. FN begitu merasakan perubahan drastis pada gir rasionya dan sistem pengapiannya brosis. Jika CB150R generasi pertama berkarakter nafas pendek-pendek di setiap gigi persnelingnya maka All New Honda CB150R SF sebaliknya. Meskipun bertransmisi 6-speed, karakter nafas tiap gigi panjang-panjang. Kita masih nyaman menggantung gigi 4 hingga 80 kpj tanpa perlu cepat-cepat menambah gigi persneling lagi.

Meskipun demikian, akselerasi All New Honda CB150R SF juga terbilang sempurna untuk motor 150cc…. Begitu ringan untuk kebutuhan tarikan awal, dalam mengail torsi juga tak perlu rpm yang tinggi seperti CBR 150R. Begitu juga dengan akselerasi di setiap gigi persneling…. tenaga mengisi terus tanpa gejala ngempos bahkan hingga puncak percepatan ke 6. Padahal jika dilihat dari banyak karakter motor, gigi persneling terakhir kebanyakan hanya bersifat overdrive.

Bagian persneling juga tak luput dari perhatian FN. Pemindahan persneling di setiap gigi cukup empuk. Namun terdapat hal yang membuat FN sering melakukan kesalahan nih, persneling mudah sekali ke posisi netral saat perpindahan posisi gigi 1 ke 2…. apakah kurang nekan tuas persneling nya? Tidak brosis… FN bahkan memaksimalkan cara menekannya. So, saat perpindahan gigi 1 ke 2 waspadai keadaan ini, pastikan menekan tuas lebih kuat untuk memastikan masuk ke gigi 2. Jangan malah seperti FN yang beberapa kali malah pindah ke posisi NETRAL :mrgreen:

 

TOP SPEED

Melakukan touring ke madura menjadi keputusan tepat karena di area bangkalan selepas jembatan suramadu kita dihadapkan dengan trek lurus yang cukup panjang. Untuk mencoba trek lurus ini, 8 blogger diberikan kesempatan uji TOP Speed diatas unit motor masing-masing. FN bersama si putih New Honda CB150R berhasil mengail kecepatan hingga 137 kpj (hitungan speedometer digital) namun secara nafas rpm harusnya bisa lebih naik lagi, sayangnya terhambat dengan faktor sungkan karena didepan sudah mentok dengan mobil patwal yang mengawal kami…. kalo nyalip bisa-bisa kena tilang karena ngebut nih…hahahahaha…. :mrgreen:

HANDLING

tour 1 New CB150R 3

Diatas All New Honda CB150R SF handling begitu ringan melibas jalanan, begitu juga kemacetan. Meliak-liuk di sela-sela motor yang menghalangi rombongan kami tak membuat tangan gampang pegal. Untuk handling kemudi, FN lebih menilai ringan New Honda CB150R SF ketimbang NVA meskipun secara beban keduanya juga menggunakan ban gambot bahkan New CB lebih gambot. Tak hanya handling yang ringan namun handle grip gas juga sangat ringan loh dengan sistem 2 kabel yang digunakannya.

Oh ya FN juga sempat mendengar isu tentang gejala limbung handling All New Honda CB150R SF dikarenakan adanya pemisah bantalan karet dari T kemudi ke braket untuk setang. Sejauh FN menggunakannya dengan jarak 109 km lebih tersebut, tak ada gejala apa-apa dengan kemudi nya. FN bahkan kepincut dengan begitu ringannya handling sistem kemudi All New Honda CB150R SF ini.

bantalan karet kemudi CB150R

Satu hal lagi yang menjadi review tepat melintasi jembatan suramadu adalah kestabilan New Honda CB150R SF dari terpaan angin yang langsung dari samping kanan dan kiri…. dan nyatanya tak hanya di jembatan suramadu, namun perjalanan menuju sampang madura yang notabenenya daerah pinggir pantai juga mendapat efek terpaan angin yang saat itu cukup kencang nih. Meskipun New Honda CB150R SF memiliki handling yang cukup ringan meskipun dengan beban yang bertambah ketimbang generasi awal tak lantas New Honda CB150R SF sensitif dengan angin kencang brosis. Buktinya sepanjang menyeberangi jembatan suramadu hingga sampang madura… kestabilan motor cukup kokoh nih meskipun dengan kecepatan 80-100kpj saat itu.

SUSPENSI

Perjalanan yang FN tempuh hingga Pantai Camplong Sampang Madura memang didominasi dengan jalanan aspal, namun tak sedikit FN menemu jalanan berlubang bahkan speed trap. Secara suspensi, penilaian tak cukup sempurna. Setting suspensi secara standar sepertinya diatur medium. Artinya masih memungkinkan meredam getaran yang bisa ditoleransi, namun saat kondisi jalanan terlalu bumpy dan mendadak menemui jalanan tidak merata FN masih menemui getaran yang membuat tangan tidak nyaman. Untuk upgrade selanjutnya bisa nih diagendakan mengaplikasikan garpu depan dengan diameter seperti motor besar honda.

VISIBILITAS DIGITAL SPEEDOMETER

speedometer

Poin ini khusus FN tambahkan karena request dari salah satu pengunjung blog. Apa yang dimaksud? Visibilitas Speedometer yang FN maksud adalah kepekaan speedo berkonsep digital ini untuk bisa dilihat dengan mudah meskin dibawa panas terik matahari sekalipun. FN memberikan penilaian yang cukup baik untuk visibilitas digital speedometer All New Honda CB150R SF, meskipun dibawah panas terik matahari yang begitu membuat silau, digital speedo masih bisa dilihat dengan mudah dan jelas…. namun tidak begitu hal nya dengan indikator netral misalnya… indikator ini malah tersamarkan saat dibawah terik matahari.

Jarak Tempuh Honda Sport Touring
Jarak Tempuh Honda Sport Touring

Terima kasih sebelumnya kepada MPM Honda Jatim atas kesempatan yang telah diberikan kepada redaksi FNCOUNTER.COM untuk bisa ikut serta melakukan test ride All New Honda CB150R SF secara komplit meskipun hanya dibatasi seharian saja. Berharap bisa melakukan test harian nih suatu saat…. semoga didengar oleh MPM Honda nantinya #ngarep MODE ON. (red)

 

No Comments

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...