yamaha

Suzuki GSX 150 Bandit, Lahir 2018.. Discontinue 2022

yamaha

Motomaxone.com – Sahabat biker sekalian, semoga senantiasa diberikan berkah kesehatan. Salah satu yang mengusik penasaran penulis terkait produk sport Suzuki Indonesia adalah motor yang satu ini. Suzuki GSX 150 Bandit.

Produk ini sangat muda umurnya. Diluncurkan tahun 2018. Diposisikan sebagai produk pendamping. Sebelumnya, Suzuki sudah mengenalkan 2 motor sport tanggung 150 cc terbarunya. GSX-R150 bermodel fairing dan GSX-S150 bermodel naked. Model fairing lebih diterima konsumen saat itu.. sedangkan model naked sepi peminat.

Di sebuah group media sosial pun, model GSX-S150 ramai hujatan. Karena tampilan visualnya yang tak biasa dimata konsumen otomotif di Indonesia. Alhasil banyak lah yang memberikan kritikan.

Mulai dari jok terpisahnya.. yang tak cocok untuk konsumen indonesia karena mengusung model jok terpisah antara pengendara dan yang dibonceng. Netizen pun ramai membandingkan naked suzuki ini dengan kompetitornya. Sama sama 150 cc. Dari produk sebelah, yaitu Honda CB150R dan Yamaha VIXION. Alhasil Suzuki langsung mengabulkan ocehan netizen itu. Dibuat lah jok yang menyambung.

Kritikan itu terus berdatangan. Kali ini masalah Headlamp. Desainnya disebut aneh.. tak seperti kompetitornya. Banyak yang membandingkan dengan headlamp Satria F150 Injeksi yang lebih eye catching. Sontak.. obrolan itu ditanggapi serius Suzuki. Model headlamp Satria Injeksi itu disuntikkan pada produk baru tersebut.

Tak berbeda dengan headlamp, lampu belakang GSX S150 pun juga diomelin netizen. Desain yang memang disamakan dengan GSX R150 itu dihujat habis. Semua dibanding-bandingkan dengan kompetitor. Padahal Yo.. Ojo Dibanding-bandingke…

Sekali lagi Suzuki mencoba mengakomodir omelan Netizen. Disesuaikanlah jok, headlamp dan lampu belakang itu. Buritan menjadi lebih landai.. tak lagi nungging macam GSX S150. Yang kemudian oleh Suzuki diberi nama GSX-150 Bandit. Sebuah nama yang kurang menjual pula di Indonesia.. karena “Bandit” nya. Dari namanya bercitra kurang baik.. bandit diasumsikan penjahat menurut kamus besar bahasa Indonesia.Kehadiran GSX-150 Bandit itu ternyata memberi harapan palsu untuk Suzuki. Motor baru ini sama kurang lakunya seperti GSX S150. Bahkan terlihat lebih jarang di jalan raya.

Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi Suzuki. Untuk terlebih dahulu melihat minat pasar. Bukan hanya sekedar mengamini kritikan. Yang akhirnya produk tersebut harus di discontinue di tahun 2022 pada februari lalu. (~fn)

Kolom Komentar