promo

Rossi Sesali Sikap Konservatif Yang Membuatnya Hanya Berada di Grid 9 Sesi Kualifikasi

MotoMaxone.com – Pada sesi kualifikasi Q2, terdapat sosok yang selama ini nyaris tak mampu lolos pada babak tersebut. Adalah Valentino Rossi yang tampil di QP2 pertama kalinya dimusim kompetisi MotoGP 2021 ini. Diketahui, Rossi hanya bisa puas berada di grid 9 kualifikasi kali ini.

Turun kelintasan QP2 bersama dengan rekan setim sekaligus anak didiknya Franco Morbidelli dengan pilihan ban slick ternyata belum memberikan hasil maksimal. Pilihan ban tersebut sejatinya memang selaras dengan kondisi lintasan yang mulai mengering.

Bahkan pada lap kedua Valentino Rossi sempat bersaing untuk mendapatkan pole position. Namun keinginan tersebut pupus. Dia hampir terjatuh dan terlempar saat mencapai di tikungan terakhir karena ban menyentuh lintasan basah yang belum mengering sempurna.

Akibat insiden kecil tersebut, kepercayaan diri The Doctor drop seketika.  Insiden tersebut menjadikannya kehilangan feeling di lap keempat hingga terakhir. Rossi diketahui mengabaikan saran beberapa mekaniknya untuk melakukan penggantian ban belakang baru. Alhasil Rossi tak mampu memperbaiki posisinya P9.

Menurutnya, “Memasang ban baru di belakang, saya pikir itu tidak akan banyak membantu karena lebih baik bertahan di trek untuk meningkatkan feeling karena kami lebih kencang setiap lap. Jadi, saya pikir kalau kami memasang ban baru, kami tidak juga punya keunggulan besar”.

Hasil berbalik dialami oleh rekan setim Rossi yaitu Morbidelli. Pembalap didikan VR46 Academy ini sukses merebut P4 di sesi kualifikasi Q2. Padahal dirinya sempat cedera lutut akibat terjatuh di latihan bebas FP3. Morbidelli pun sedikit was-was menjelang balap nanti karena nyeri lutunya tersebut tidak mampu mendapatkan tekanan berlebihan. “Lutut saya tidak stabil saat ini. Dan ketika saya bertukar motor dan saya bertumpu dengan kaki kiri, dan saya harus melepaskan karena lutut seolah mau copot. Jadi, saya hanya membiarkan dan crash dengan motor daripada melompatinya,” tutur Morbidelli.

“Saya pernah mengalami momen seperti itu saat latihan di ranch, tapi saya tidak kecelakaan. Saya hanya pulih dari itu. Saya perlu meletakkan lutut di tanah dan Anda lihat, lutut saya lemah. Itu mulai menyakitkan dari pekan lalu,” pungkasnya. (red.MM)

Kolom Komentar