Race MotoGP Le Mans 2023, Bezzecchi Juarai Grand Prix ke 1000

Motomaxone.com – Balapan utama Motogp Le Mans 2023 France resmi berakhir dengan kemenangan Marco Bezzecchi dari tim Ducati Mooney VR46 milik Valentino Rossi.

Balapan yang cukup seru bagi penonton karena kehadiran Marc Marquez yang sembuh dari cedera memberikan atmosfer baru bagi persaingan para pembalap terdepan.

Bahkan Pecco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo terimbas psy war yang diberikan Marc Marquez semenjak sesi latihan bebas. Alhasil spy war itu berdampak pada psikologis sang juara bertahan yang tak mampu tenang untuk memilih momen overtaking yang aman. Itulah mengapa insiden bersinggungan antara Bagnaia (Ducati) dan Vinales (Aprilia) berakhir kerugian untuk keduanya yang tak bisa menyelesaikan balapan.

 

Namun berbeda dengan Marco Bezzecchi. Ketidakberhasilannya menyuguhkan posisi terbaik saat sesi kualifikasi, ditebus dengan baik yaitu berupa podium juara 1st di sirkuit Le Mans France. Pembalap muda binaan akademi VR46 itu nampak tenang diposisi depan. Mampu mengatur ritme balapan dengan sangat sempurna kala kompetitornya Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Luca Marini (Ducati Mooney VR46) dinyatakan OUT. Dalam kesempatan lain di sesi wawancara Bezzecchi bahwa kemenangan di MotoGP Le Mans ini tidak sesulit balapan di seri sebelumnya.

Begitu pula dengan pressure Marc Marquez yang ada dibelakangnya. Tak mampu mendikte Berzecchi untuk berbuat kesalahan.

Disisi lain penampilan gemilang Marc Marquez dari Repsol Honda itu tak bisa memberikan suguhan sempurna untuk pada penggemar Honda. Ambisinya mengunci posisi kedua dengan kondisi motor RC213V 2023 yang tak sekompetitif motor-motor Ducati mengakibatkan bencana untuknnya.

Posisi kedua yang dimiliki Marc Marquez memang dibidik oleh Jorge Martin dari Pramac Ducati yang menggunakan motor Ducati GP23. Dari segi motor saja, harusnya Marc lebih santuy untuk tidak terlalu menanggapi pressure dari J. Martin. Baik P2 atau P3 bolehlah untuk momen comeback nya kali ini. Namun akibat ambisinya, sepandai tupai meloncat akhirnya jatuh juga.. beberapa lap sebelum balapan berakhir, Marc Marquez terjatuh kala menikung kekiri, memupuskan harapan Repsol Honda untuk merasakan euforia podium Le Mans 2023 yang bertepatan dengan momen spesial grand prix ke 1000.

Kesalahan pembalap berjuluk semut itu, akhirnya memberikan keuntungan bagi rekan setim J Martin yaitu Johann Zarco yang berada di P4 otomatis naik menjadi P3 dan berhak naik ke podium kejuaraan.

Momen spesial lainnya yang tercatat di penyelenggaraan GP1000 kali ini adalah penampilan Augusto Fernandez dari tim Tech3 Gazgaz. Penampilan terbaiknya yang memulai P12 dan mengakhirinya di P4 mendapatkan apresiasi luar biasa di garasi tim nya. Terlepas dari banyaknya pembalap crash seperti Bagnaia dan Vinales, Luca Marini dan Alex Marquez hingga Red Bull KTM Jack Miller. (fn)

Hasil Race MOTOGP Le Mans 2023 :

1 Bezzecchi 🏆🇮🇹
2 Martín 🥈🇪🇸
3 Zarco 🥉🇫🇷
4 A. Fernández
5 A. Espargaró
6 Binder
7 Quartararo
8 Di Giannantonio
9 Nakagami
10 Morbidelli
11 Petrucci
12 Savadori
13 Folger

Klasemen pasca MotoGP Le Mans 2023 :

1. Bagnaia 94 poin
2. Bezzecchi 93
3. Binder 81
4. J. Martin 80
5. J. Zarco 66
6. Luca Marini 54
7. Vinales 49
8. Jack Miller 49
9. Quartararo 49

About MOTOMAXONE.COM 4656 Articles
*Seorang Muslim *Seorang Suami *Seorang Ayah *Seorang Publisher (Blogger) *Seorang penyuka otomotif dan teknologi informasi

Be the first to comment

Kolom Komentar