Race MotoGP GP Argentina 2015, Kemenangan Dramatis Rossi Berbekal Ban Extra Hard, Dovizioso Cetak 3x Podium 2 Beruntun, Cruthchlow Podium Perdana 2015

image

Pagi pembaca sekalian, bagi yang baru bangun dan tidak sempat nonton motogp argentina tentunya sangat disayangkan. GP argentina menjadi sajian menarik. Sesumbar Valentino Rossi yang meskipun start di posisi 8 namun akan juara dibuktikan dengan kemenangan “Mutlak”.

Rossi secara meyakinkan sukses meraih podium 1 dan menjadi juara gp argentina 2015. Mengawali start di posisi 8, tentu saja tak ada pikiran dari penonton bahwa rossi akan sukses dengan meraih kemenangan. Faktor ketepatan pemilihan ban cukup berpengaruh bagi performa Yamaha M1.

Marquez yang lebih dulu meninggalkan rombongan sempat jauh didepan hingga membuat gap 4 detik didepan Dovizioso. Namun lagi2 kesalahan pemilihan ban membuat RC213V melambat. Dibelakang menbuntuti ada dovi dan iannone – Lorenzo yang sempat terlibat duel, pdhal sebelumnya lorenzo bisa merangsek ke posisi 2.

image

Rossi yang memutuskan menggunakan spesifikasi ban depan belakang hard-extra hard mendapatkan keuntungan karena suhu lintasan yang cenderung meningkat. Korban pertama Lorenzo yang di overtake oleh Rossi. Tak lama, Rossi pun semakin menjauh dan mengincar iannone. Iannone pun berhasil ditakhlukka, kini giliran Cruthchlow yang di seri argentina ini mendadak stabil penampilannya, Cal pun akhir nya menyerah dari Rossi.

Membidik buruan selanjutnya pun Rossi tak gentar. Sang pemegang rekor podium 2 berturut2, andrea Dovizioso pun akhirnya ditakhlukkan meskipun sedikit alot berbekal GP15 yang cukup kuat di lintasan cepat. Setelah Dovi menyerah, disini fn menyadari Rossi punya kesempatan mendekati Marquez. Hal itupun benar adanya..

Gap yang sebelumnya 4 detik, terpangkas hingga menyisakan 0,1 detik. Duel Marquez vs Rossi pun tak bisa dihindari. Marquez yang semakin didekati rossi berusaha terlalu memaksa untuk menutup pergerakan Rossi. Di salah satu tikungan, Rossi pun berhasil menyalip, namun ditikungan parabolik tersebut, marquez kembali memaksa memasuki sudut dalam yang sebenarnya sudah tidak memungkinkan dimasuki karena ditutup oleh Rossi.

Rossi yang mendapat tekanan Marquez yang terlalu memaksa, berusaha menutup celah sudut dalam dengan menoleh kebelakang secara cepat dan kemudian merubah haluan ke kiri tikungan. Sayang pergerakan Rossi tak diantisipasi sedikitpun oleh marquez yang terus menempel yang kemungkinan marc beranggapan rossi akan mengalah. kesalahan Marquez pun mengakibatkan roda depan RC213V terbentur bagian belakang motor Rossi dan berakhir dengan terjatuhnya marc marquez. Kejadian inilah yang membuat penonton di tribun bersorak seolah memberikan selamat untuk Rossi. Race yang kurang 1 lap diselesaikan dengan mudah oleh Rossi yang sudah tidak mendapatkan perlawanan.

Rossi podium pertama, diikuti Dovizioso di podium ke 2 berkat jatuhnya Marc Marquez. Hilangnya marq, membuat iannone dan cruthchlow semangat berebut podium 3. Sebenarnya Iannone sudah memimpin namun sayang, ditikungan terakhir, Cruthchlow secara dramatis meng-overtake dan finish, podium 3 untuk Cal Cruthchlow. Dari hasil ini, Rossi masih kokoh dipuncak klasemen sementara, diikuti Dovizioso di posisi ke 2 (~fn)

Hasil Race GP Argentina :

image

Hasil Klasemen Sementara :

image

No Comments

Kolom Komentar