Race MotoGP Catalunya Bakal Gunakan Layout Sirkuit Formula 1 Pasca Meninggalnya Luis Salom….. Para Bintang MotoGP Sesalkan Perubahan Layout Sirkuit

luis salom dead catalunya 2016
Luis Salom

GP Catalunya 2016 menelan korban meninggalkan Luis Salom. Akibatnya layout sirkuit Catalunya untuk semua kelas di balap MotoGP dirubah. Pihak penyelenggara seperti Dorna beralasan diubahnya layout sirkuit ini karena alasan keamanan pasca tragedi meninggalnya pembalap Moto2 tersebut di Free Practice ke 2.

Perubahan layout sirkuit Catalunya untuk MotoGP ini menggunakan layout sirkuit yang biasa digunakan pada balap Formula 1. Perubahan ini pula menjadikan total panjang sirkuit untuk ajang MotoGP bertambah sekitar 72 meter dari layout aslinya.

Tikungan ke 12 tempat meninggalnya Luis Salom langsung dirombak setelah insiden itu. Tak hanya perubahan pada tikungan itu saja, tikungan ke 10 juga dirubah menjadi lebih patah dari sebelumnya sehingga pembalap motogp pun dipaksa lebih lambat ketimbang layout sebelumnya. Begitu juga dengan tikungan 13, tikungan terakhir ke 2 sebelum finish tersebut ditambahkan tikungan lagi sehingga butuh strategi berbeda untuk pembalap.

Perubahan tikungan ini menjadi polemik meskipun sudah menelan korban jiwa tahun ini. Menurut FN ada yang salah dari cara berkendara ataupun motor dari Luis Salom yang terjatuh deras hingga menabrak dinding pembatas, karena meskipun tikungan ini berkarakter cepat namun harusnya ditikungan 12 tersebut pembalap harus menahan throttle nya untuk lebih stabil dan tidak melebar.

catalunya circuit 2016

Desain layout baru yang ditetapkan pihak penyelenggara ini diprotes keras oleh para bintang motogp. Baik Rossi, Marquez, Pedrosa maupun Lorenzo menganggap bahwa perubahan layout ini tidak beralasan. Apalagi perubahan pada turn ke-10 yang menurut para pembalap motogp berpotensi lebih berbahaya ketimbang layout asli catalunya dari motogp itu sendiri.

catalunya circuit 2016 map

Pedrosa mengungkapkan bahwa RC213V miliknya bahkan lebih lambat dalam catatan waktu untuk melibas layout Catalunya yang digunakan untuk Formula 1. Senada dengan Pedrosa, Lorenzo malah tidak diundang penyelenggara untuk diskusi masalah perubahan layout sirkuit. Lorenzo menyesalkan perubahan tersebut karena Yamaha M1 dianggap cukup kesulitan dengan perubahan beberapa tikungan tersebut.

Bukan hanya Lorenzo yang tidak terlibat diskusi, Rossi pun rupanya juga menyesalkan keputusan perubahan layout sirkuit yang sangat mendadak. Rossi memang sama-sama tidak terlibat langsung dalam rapat tertutup yang dilakukan komisi keselamatan motogp tersebut. Namun dirinya akan tetap menghargai usaha dari penyelenggara agar insiden meninggalnya Luis Salom tidak terulang.

tribute to Luis Salom

Karena kejadian ini semua pembalap melakukan “tribute to luis salom” yang merupakan penghormatan terakhir mereka dengan menempelkan stiker LS39 di fairing motor ataupun helm semua pembalap. (~FN)

Kolom Komentar