Masih Kepo Dengan Assist Slipper Clutch Pada Motor ?? Berikut Penjelasannya…..

Motomaxone.com — Pembaca sekalian, beberapa waktu terakhir perkenalan Yamaha R15 MY 2017 kita semakin mendengar dengan apa yang disebut dengan Assist Slipper Clutch. Piranti ini katanya berfungsi untuk membantu kinerja sistem kopling pada sepeda motor. Pabrikan sendiri mengklaim, dengan piranti ini, sistem perpindahan gigi pada motor semakin mulus..

Piranti Assist Slipper Clutch  ini sebenarnya tidak baru-baru amat brosis. Sebelum dijejalkan sebagai bagian dari daya jual Yamaha R15 MY 2017 ini, piranti ini sudah bisa ditemui di Ninja 250 besutan Kawasaki. Assist Slipper Clutch sering kali dikenalkan oleh pabrikan jepang, seperti sebelumnya Kawasaki Ninja 250 dan sekarang Yamaha dengan produk barunya R15 MY 2017. Sedangkan pabrikan lain seperti Honda dan lainnya juga memiliki teknologi ini di sebagian produknya.

Mengutip dari penjelasan Kawasaki Jepang yang begitu getol memperkenalkan sistem kopling ini, Assist Slipper Clutch memiliki 2 cam yaitu Assist Cam dan Slipper Cam. Bagaimana kedua cam ini berkerja ? ayo kita belajar bersama broh…

Assist Cam memiliki fungsi sebagai sistem mekanik yaitu dengan menarik clutch hub dan mengoperasikan pelat dengan menekan pelat kopling secara bersamaan. Dengan sistem ini, memberikkan keuntungan mereduksi beban per kopling, dalam artian kinerja beban per kopling menjadi berkurang. Assist Cam bekerja pada proses Akselerasi brosis…

Sedangkan Slipper Cam berfungsi sebaliknya. Slipper Cam akan bekerja saat pengendara melakukan deselerasi seperti menurunkan gigi persneling. Piranti ini memaksa clutch hub dan pelat terpisah sehingga menjadikan tekanan pelat kopling berkurang.

Dengan adanya fungsi Slipper Cam ini, proses deselerasi saat melakukan down-shifting alias penurunan gigi persneling secara cepat tidak akan menemui gejala back torque alias torsi berlebihan pada sistem kopling yang biasa menyebabkan roda belakang mengunci. Dengan sistem kerja Slipper Cam ini, hilangnya traksi saat proses deselerasi tidak akan muncul brosis. Lebih jelasnya lihat video dibawah ini brosis….

Hentakan engine break saat proses penurunan gigi yang menyebabkan berkurangnya kecepatan akan mampu diminimalisir. Fungsi ini sangat bermanfaat untuk para speed freak, karena penurunan kecepatan akibat back torque sangat mengganggu saat melakukan down-shift pada gigi persneling.

Biasanya back torque akan berdampak pada mesin yang langsung nge-drop dan lemot untuk diajak berakselerasi kembali.

So dengan kehadiran teknologi Assist Slipper Clutch akan memanjakan speed freak memacu kecepatan dengan berakselerasi dan deselerasi tanpa kehilangan performa motor. Mantab jika dimanfaatkan di lintasan balap nih…

One Comment

Kolom Komentar