Pasang Sein LED Pada Motor Jupiter MX Dengan Indikator Sein Tunggal

LED Kuning_ LED Biru_ Flasher LED

Kekecewaan berlanjut pada keberhasilan. Itulah yang fnc alami kala dikecewakan dengan pemasangan sein LED pada sebuah bengkel umum di malang. Tekad bulat pun berlanjut dengan mencari referensi yang cukup untuk melakukan sendiri pemasangan tersebut dengan bahan-bahan yang perlu dikumpulkan terlebih dahulu.

Pada dasarnya yang diperlukan oleh pemasangan sein dengan lampu LED hanyalah kepandaian dan kejelian kita memilih flasher yang dikhususkan untuk LED, sehingga masalah tidak bisa berkedipnya sein dengan beban LED yang relatif sangat kecil dibandingkan bohlam sein biasa tidak akan terjadi.

Namun, tak demikian dengan bengkel umum kebanyakan. Apalagi bengkel tersebut tak berpengalaman dalam pemasangan sein LED tersebut. Flasher universal yang dijual oleh bengkel tersebut terbukti membohongi semua konsumennya yang mungkin menginginkan memasang LED seperti yang fnc inginkan. Buktinya, flasher tersebut tetap saja tak mampu membikin kedip lampu LED tanpa beban tambahan.

Nah, itulah mengapa saat itu mekanik men-jumper sein yang sudah dipasang lampu LED dengan lampu sein bawaan motor di bagian depan baik kanan maupun kiri. Harapannya, beban lampu standar yang dijumper tersebut terkoreksi oleh flasher universal itu sendiri. Tapi bagi fnc, ini sih pemikiran yang mau enaknya aja, padahal keinginannya sendiri sih menghilangkan beban bohlam untuk digantikan LED.

Setelah mendapat referensi informasi tentang penggunaan sein LED, fnc pun memutuskan mencari flasher khusus LED. Yup, tak lagi men-toleransi tentang masukan men-jumper lampu LED dengan bohlam biasa, karena akan menjadikan kelistrikan menjadi berbahaya mengingat lampu bohlam yang dijadikan jumper yang penempatannya disembunyikan dengan diisolasi akan menjadi panas jika sering kali sein digunakan.

Fnc pun mencoba kontak salah seorang teman di surabaya yang memiliki referensi penjual LED. Setelah bertemu dengan si penjual, fnc pun memastikan untuk membeli flasher yang benar-benar khusus lampu LED, bukan flasher universal dan sebagainya. Flasher khusus LED sebenarnya dikenal dengan flasher elektronik, perbedaannya dengan flasher biasa bahwa flasher ini memungkinkan mengangkat beban dibawah 1 watt untuk menjadikannya berkedip. Berbeda dengan flasher biasa, dimana jika dipasang lampu LED maka akan terus menyala tanpa berkedip karena kurang nya beban yang mampu ditoleransi.

Selain membeli flasher khusus LED, fnc juga membeli pula lampu LED kuning dan biru. LED kuning untuk menggantikan LED putih yang terpaksa fnc beli pada kisah diartikel lalu, sedangkan LED biru untuk ditempatkan di posisi lampu senja. Khusus untuk LED kuning ini merupakan pembelian paket khusus sein, jadi pembelian 4 buah LED kuning untuk sein ada bonus lampu LED hijau untuk indikator di panel dashboard speedometer.

Saat nya pengerjaan, LED kuning pun akhirnya fnc pasang menggantian LED putih yang ada pada sein kanan-kiri di sisi depan dan belakang. Selanjutnya, flasher universal yang tak berfungsi memuaskan fnc ganti dengan flasher elektronik untuk sein khusus lampu LED, tapi bohlam indikator sein di spidometer tetap menggunakan bawaan motornya.

Saatnya diuji coba, setelah fnc nyalakan lha kok bikin bingung. Tuh sein LED malah nyala bersamaan seperti lampu hazard. Setelah mencari referensi lagi, ternyata permasalahan tersebut terjadi pada motor yang memiliki indikator sein tunggal pada speedometer, layaknya Jupiter MX yang memiliki indikator tunggal. Solusinya bisa lepas tuh lampu indikator yang menggunakan bohlam. Lha kan nggak bisa tahu tuh menyala atau tidak jika tidak memasang indikator??

Yup betul sekali, setelah fnc pelajari berbagai referensi tentang sein LED diberbagai sumber. Terdapat 3 keadaan untuk mengatasi masalah 4 LED nyala bersamaan layaknya lampu hazard.

Kondisi Pertama, Dikarenakan indikator jupiter mx menggunakan indikator tunggal dan user memaksa menggunakan lampu standar maka untuk mengatasinya perlu memutus arus ke indikator (artinya tak perlu menggunakan lampu indikator agar nyala lampu tidak bersamaan) sehingga sein pun bisa menyala di satu sisi kiri atau kanan. Namun perlu menerima konsekuensi, kita tak bisa memastikan sein menyala atau tidak tanpa indikator dengan tidak bisa memantaunya diatas motor.

Kondisi Kedua, Jika ingin tetap memasang bohlam biasa pada indikator tunggal sein yang menggunakan lampu LED, maka solusinya adalah memasang dioda, tepat pada jalur kabel yang mengarah pada lampu indikator tunggal sein pada spidometer.

dioda IN4001

Perhatikan 2  gambar berikut :

indikator_sein_tunggal_standar

 

Diatas adalah skema standar jalur sein yang menggunakan indikator tunggal seperti Jupiter MX, dan dibawah ini adalah skema yang sudah dimodifikasi dengan penambahan dioda pada kabel yang menuju ke jalur indikator spidometer.

 

indikator_sein_tunggal_modif1

Jalur kabel sein dengan indikator tunggal hanya berfungsi sebagai jalur positif pada keduanya (Gambar Skema Pertama), sedangkan funsi bohlam hanya sebagai perantara. Nah, fungsi modifikasi menunjukkan kedua kabel dengan muatan positif tersebut ditambahkan 2 dioda dimasing-masing kabel yang kemudian disatukan untuk difungsikan menjadi output berupa indikator sein, dan jalur satunya pada bohlam dijadikan sebagai jalur negatif. Dengan modifikasi demikian, maka indikator akan tetap menyala tanpa problem dua sisi sein yang menyala bersamaan.

Kondisi Ketiga, keadaan ketiga ini fnc rasa sebagai solusi paling mudah tanpa perlu memodifikasi sedemikian rupa rangkaian pengkabelan yang sudah ada. Syaratnya, adalah tidak mempertahankan menggunakan bohlam standar sebagai indikator sein, melainkan indikator sein diganti juga dengan lampu LED, beres dah.

Sebagai catatan, jika brosis tetap menggunakan modifikasi pada kondisi kedua, namun menggunakan lampu LED maka akan tetap bekerja. Hal ini yang fnc lakukan sendiri, tetap memodifikasi dengan tambahan dioda seperti pada kondisi kedua, namun menggunakan lampu LED sebagai indikatornya. Akhirnya, terbayar sudah ketidakpuasan pengerjaan bengkel dengan kenikmatan mengerjakan sendiri penggantian Sein LED yang fnc lakukan sendiri. Semoga Berguna. (fnc)

_________________

Related Post :

 

 

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...

  1. Saya coba dengan kondisi perama yaitu mencabut lampu indikator sein
    namun permasalahanya ketika lampu utama atau disebut lampu depan dinyalakan ke empat lampu sein malah menjadi redup dan tidak berkedip

    Semua lampu saya ganti dengan model LED kecuali lampu utama menggunakan halogen osram/phillip

  2. Makasih ilmunya bosqu, post lama tapi masih berguna sampai anak cucu..?
    Semoga sehat selalu..

  3. om, mau tanya, mtor ane jg ojmx. nah problem ane gini, lampu senja ane genti led 5w, lampu malam yg di speedometer ane genti jg ple led yg biasa (entah brapa watt). nah mslah yg muncul kalo ane tarik tuas rem cakram ato pdal rem blakang, lampu senja sama lampu blakang speedometer jg ikut idup kayak lampu rem, dlm kondisi saklar senja off. kalo saklar senja on gada masalah. nah gimana ya cara ngatasi nya biar gak idup jg tu lampu kek lampu rem???

  4. Kalo indikator tunggal sein ojmx dibikin terpisah biar nyalanya sesuai arah kedip bisa ga? Harus pake percabangan apa kudu ganti led?

  5. Om, pake Led 5 titik gitu keliatan ngga kalo siang hari?
    ane pake 13 titik klo siang ngga kliatan, apa mungkin salah pake flasher ya?

  6. ane punya solusi lain bro,, beli aja lampu led yang udah kedip2 dari sononya,, jadi tnggl pnp aja,, tapi kekurangannya indikatornya gk kedip, tp mnurut ane gpp lah,, yg jlas seinnya kedip,,

    • Bro kalo indikator sein di ganti led yang bisa ngedip, lampu sein nya bisa nyala normal kah? Jadi gak nyala bareng kanan kiri gitu?

  7. Kalau ganti led semua termasuk indikator harus yg semerek dan seukuran ya? Soalnya sy ganti led semua masih error.

    • 4 sein LED setidaknya sejenis. Sedangkan LED indikatornya terserah menggunakan jenis berbeda.. error nya seperti apa ? apakah relay sudah diganti khusus LED ?

  8. bro saya uda coba cara ke 3 tapi cuma nyala kalau sein kiri nyala, kalau sein kanan tidak nyala sama sekali. kalau saya balik posisi kaki lampu indikatornya baik sein kanan maupun kiri tidak nyala sama sekali.
    fyi motornya bukan mx tp kaw*saki yang menganut indikator tunggal.
    mohon pencerahannya.
    terima kasih

  9. Mau tanya gan. Saya tertarik dengan artikelnya ganti sein dengan lampu led. Dengan poin kondisi ke 3 dimana mengganti lampu sein dan indikator dengan led. Apakah itu juga ganti flasher atau pakai flasher bawaan? Dan ganti led di indikator harus sama dengan led sein kalau sein 5 titik apa led indikator juga harus 5 titik apakah muat? Karena lampu indikator gigi di speedo saya juga saya ganti led tpi cuma yg 1 titik karena ga muat. Terimakasih

  10. thanks gan pencerahannya…tp saya coba tanpa dioda ( coba coba dlu hehehe)
    soalnya di daerah saya ngk tau beli di mana diodanya gan ( susah kyaknya nyarinya )

  11. gan..gmna kalo pake cara no.2 tanpa menggunakan dioda
    dengan menyatukan langsung dari jalur kiri dan kanan(+) trus bikin jalur (-) ..apakah lampu sein nyala normal ?
    mohon di bls gan

    • Fungsi dioda sendiri sebagai rectifier atau penyearah. Saya sendiri belum mencoba langsung tanpa dioda… dari fungsinya bisa jadi jika tanpa dioda tidak akan memberikan hasil yg diinginkan.

  12. kok gak bisa ya gan di Mio Gt , tetep gak ngedip cara yg ke 3..
    apa harus ganti flasher dlu cara ke 3 ?

  13. mas, om, pak, sy sudah ikutin saran kondisi ketiga, dengan mengganti semua mulai dari lampu sen dan indikator sen sy ganti dengan led semua, tetapi ko error ya, pada saat sy hidupkan sen kiri normal (sen depan belakang ngedip dan lampu indikator ngedip) sedangkan sy hidupkan sen kanan ( sen depan kedip normal tetapi sen belakang dan lampu idnkator sen tidak hidup atau kedip) mohon bantuan penjelasan solusinya??? motor sy vixion. trims

    • harusnya normal mas. bisa jadi soketnya yang tidak konek led dg baik, sy juga beberapa kali sperti itu tapi setelah dicek memang masalah pada nancap ke soket nya cz soket standar lebh besar dari led

      • Punya ku hanya di indikator nya aja bang yg gak kedip ..kalo sein kanan kedip tapi kiri tak kedip

  14. mas, om, pak, sy sudah ikutin saran kondisi ketiga, dengan mengganti semua mulai dari lampu sen dan indikator sen sy ganti dengan led semua, tetapi ko error ya, pada saat sy hidupkan sen kiri normal (sen depan belakang ngedip dan lampu indikator ngedip) sedangkan sy hidupkan sen kanan ( sen depan kedip normal tetapi sen belakang dan lampu idnkator sen tidak hidup atau kedip) mohon bantuan penjelasan solusinya??? motor sy vixion. trims

  15. Om, beli paket lampu sein LED di surabaya itu ada contact personnya nggak? Kalau ada di email in ya tolong 🙂
    Soalnya meski disurabaya, sy cuma dapet flasher universal tok, jd bingung deh…mau pasang di vega r new nih….makasih yaa

  16. bro mx ane thn 2006 klistrikan masih standar, tiap ngidup lmpu sen, lampu sen ny gx brkedip klw kt tkan rem, klw di gas atw rem tdk di tkan lmpu sen bs brkedip, selain itu nyala lampu sen warnanya lbh orange dr pd saan sen brkedip..

    kira2 itu masalahnya ap bro..

  17. brarti kalo pake kondisi ketiga gak perlu nambah dioda ya bro?cukup ganti bohlam indikator pake led pnp langsung bisa kedip?

  18. kalo motorku dulu kabel positif lampu indikator aku pindahin dari setelah sakelar jadi ke sebelum ke sakelar tapi setelah flasher, alhamdulilah tanpa dioda udah oke (maklum, aku pake jurus orang ga mau repot/susah,hi3). 🙂

    • Nggak susah mas, butuh telaten aja apalagi pilih bahannya. Yg utama flasher jgn sampe salah.