Nggak Kaget, Marc Marquez Putus Kontrak Dengan Honda di Akhir MotoGP 2023

lexilx155

marc marquez testing motogp RC213V 2024

Motomaxone.com – Kesabaran Marc Marquez bersama Repsol Honda ternyata ada batasnya. Begitu juga pihak Honda, yang akhirnya mempersilahkan pembalap asal Spanyol itu angkat kaki dari keluarga besarnya. Bagi Honda, Marc Marquez bukanlah siapa-siapa. Hanya sederetan pembalap yang mampu mereka antarkan sebagai juara dunia dikelas bergengsi MotoGP, tidak lebih.

Filosofi Honda tetaplah sama dan tak bakalan berubah, bahwa Brand adalah segalanya. Dalam hal MotoGP, motor mereka yaitu Honda RC213V yang saat ini menjadi kunci untuk bisa menjuarai balapan atau tidak. Bagi Honda, Brand tidaklah lebih kecil dari nama seorang pembalap ternama. Meskipun sekaliber Marc Marquez yang telah membantu mereka ‘Honda’ meraih juara dunia beruntun setelah perginya era keemasan Valentino Rossi.

Sebuah hal yang sama, yang dialami oleh legenda besar motogp Valentino Rossi kala membela Honda, meskipun secara kondisi tidak sama persis. Dalam kondisi saat ini, Marc yang dulunya mampu mencetak juara dunia, dianggap Honda tak lagi mampu di level yang sama seperti sebelum cedera. Itulah mengapa kontrak Marc dan Honda berakhir di 2023 ini. Marc seperti ingin menjawab keraguan Honda, dengan mencoba peruntungan menjadi juara di motor berbeda.

repsol honda racers

Kondisi ini jelas berbeda dengan Rossi di periode tahun 2000-an silam. Rossi yang yang sebelumnya sukses juara bersama Honda, memutuskan pinangan Yamaha di tahun 2004. Honda pun kepedean.. dan Rossi menjawab tantangan. Dengan motor juaranya, Honda tak lagi juara saat Rossi meninggalkannya di tahun 2004 dan 2005, sebaliknya Rossi dan Yamaha lah yang keluar sebagai juara dunia. Lho… kok malah membahas Rossi nih… :mrgreen:

BTW, Apa benar Marquez akan pindah dari Repsol Honda ? Jawabannya meyakinkan. Keduanya baik itu Marquez maupun Repsol Honda sudah sama2 ketok palu. Bahwa kontrak mereka akan berakhir di tahun 2023. Marc Marquez juga sudah menentukan tujuan baru untuk berlabuh setelah menyelesaikan kompetisi musim ini.

Ducati Gresini, tim balap dengan motor Ducati yang khas disponsori oleh obat herbal anti masuk angin, Antangin. Tim yang saat ini menaungi adik kandungnya yaitu Alex Marquez lah yang akan menjadi tim yang diperkuat Marc Marquez berikutnya.

Ducati Gresini mengulangi sejarah Marc dan Alex berada dalam tim yang sama, seperti dulu saat keduanya sama-sama membela Repsol Honda. Bedanya, kini mereka berdua sama-sama akan bekerja sama dalam tim satelit Ducati. Bukan lagi tim pabrikan yang syarat tekanan. (FN)