Menilik Kehadiran Honda CB150R Exmotion, Mantab Jika Menjadi Amunisi Baru AHM !!

Motomaxone.com – Honda CB150R Thailand yang baru-baru ini diperkenalkan ternyata menyita perhatian publik khusus nya pemerhati otomotif tanah air. Saking gregetnya sampai membandingkan motor tersebut dengan All New CB150R Streetfire versi indonesia, emang genrenya sama ? Apa saja sih yang menarik dari motor produksi massal dari motor konsep Honda 150SS Racer ini ?

Sebelumnya santer terdengar kabar bahwa produksi massal dari Honda 150SS Racer ini disebut dengan nama CB150F. Namun saat dirilis resmi di thailand, motor ini memiliki penyebutan yang hampir sama dengan di indonesia yaitu CB150R. Tapi untuk versi thailand ini memiliki nama lengkap Honda CB150R Exmotion.

Dari penampilannya, CB150R Exmotion ini benar-benar berbeda genre dengan CB150R Streetfire yang dipasarkan di indonesia. Jika CB150R versi indonesia lebih mengarah ke model street naked bike atau admin lebih suka menyebut nya bergenre streetfighter, Honda CB150R Exmotion ini memiliki genre Cafe Racer.

Admin tak membahas lebih jauh tentang CB150R SF versi indonesia, namun akan lebih fokus dengan model CB150R thailand ini.

Desain yang diusung memang memiliki konsep cafe racer yang futuristik dalam artian model cafe racer yang tetap mempertahankan kesan modern. Bentuknya memang tak ramping, lebih gambot jika dibandingkan versi indonesia. Klasik dengan headlamp bulat namun tetap modern karena headlampnya sudah mengusung LED.

Penampilannya cukup kekar sehingga nampak berotot. Desain tangkinya seperti mengusung model cover. Rangkanya mengusung model teralis namun berbeda dengan versi indo. Bagian jok pengendara terlihat lebar, meskipun mengusung double seat tapi konsepnya dibuat menyatu dengan jok boncenger. Untuk desain buritannya dibuat pendek khas dengan gaya cafe racer yang diusung.

Untuk sektor kaki-kaki, tak kalah keren dengan Xabre miliknya pabrikan ‘Y’. Suspensi depan mengusung model inverted teleskopic atau biasa disebut dengan Upside-down dengan ukuran as shock 41mm. Sedangkan di bagian belakang, Swing-arm banana berbahan aluminium memberikan warna berbeda untuk CB10R Exmotion ini.

Untuk mendukung kaki-kaki yang sudah mantab, ukuran velg dan ban pun membuat kita semakin ngiler dibuatnya. Bagaimana tidak, untuk velg depan dijejali dengan ban ukuran 110/70-17 dan untuk velg belakang dijejali dengan ban ukuran 150/60-17. Ukuran ban dan velg gambotnya membuat tampilan motor ini semakin kekar.

Panel Digital spidometernya sudah mengusung konsep negatif LCD. Fiturnya sudah cukup informatif dengan tampilan digital, ada jam, fuel meter, tachometer, speedometer, odometer, average meter hingga gir indikator. Fitur MID nya terlihat ada indikator bensin, panas mesin, top RPM hingga indikator ABS.

Yup, CB150R Exmotion ini sudah dibekali dengan pengereman ABS dengan dukungan dobel cakram di sepasang rodanya. Yang terlihat sama dari CB150R Exmotion dengan CB150R SF adalah model lampu seinnya yang benar-benar sama persis modelnya.

Bagaimana dengan spesifikasi dapur pacunya ?

Dari spesifikasi diameter dan langkah yang diusung oleh mesinnya, terlihat sama persis dengan CB150R versi indonesia. Kemungkinan besar untuk spek performanya juga tidak jauh dari versi indonesia.

Hadirnya CB150R Exmotion di thailand tentu membuat penggemar motor honda di indonesia tak sabar.

Bagi admin, dengan modelnya yang begitu menonjolkan tampilan kekar di sektor kaki-kakinya. Sangat menguntungkan jika AHM mau memasukkan motor ini ke indonesia. Apalagi jika diproduksi lokal, maka CB150R Exmotion ini akan menjadi kompetitor yang pas untuk Yamaha Xabre milik Yamaha. Konsep modelnya kan hampir sama, begitu juga kaki-kaki yang sama-sama didesain kekar.

Di thailand, CB150R Exmotion ini dibanderol dengan harga 40 jutaan. Harga yang cukup tinggi untuk motor dikelas 150cc meskipun memang menawarkan banyak fitur yang menawan untuk dimiliki. Jika memang AHM bisa memproduksi motor ini dengan status lokal, bukan tidak mungkin kelas sport 150cc Honda di indonesia akan semakin kuat. All New CB150R SF ditandemkan dengan CB150R Exmotion akan menjadi senjata tangguh kedepannya. Prediksinya sih begitu… (red)

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...