Indonesia Dipercaya Jadi Basis Produksi Moge Yamaha MT-07 Untuk Pasar Global

lexi

Motomaxone.com – Global Factory Yamaha Indonesia kembali mendapatkan mandat untuk menjadi basis produksi salah satu moge terbaru Yamaha MT-07. Kiprah YIMM di Indonesia sudah mencapai hampir setengah abad lamanya. Pabrikan pesaing kuat dari Honda ini lambat laun terus berkembang menjadi manufaktur berkualitas standar global yang akhirnya dipercaya Yamaha Motor Company (YMC).

Dipercaya nya Yamaha Indonesia (YIMM) oleh Yamaha Motor Company membuatnya mampu memproduksi motor-motor Yamaha untuk pasar global sehingga lebih dari 2.000.000 unit telah di ekspor yimm ke banyak (40) negara yaitu Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika.

Keberhasilan itu menjadikan YIMM diberikan kepercayaan menjadi basis produksi moge model CBU yaitu Yamaha MT-07 untuk pasar Eropa. Kesempatan itu menjadi yang pertama kalinya bagi YIMM memproduksi CBU dari DNA MT series sehingga untuk saat ini YIMM mendapatkan kepercayaan dari Yamaha Global untuk dapat mengekspor beberapa produk antara lain Yamaha YZF-R3, MT-03 dan terbaru MT-07. Ekspor perdana MT-07 tersebut dilakukan secara perdana kemarin pada 18 september 2023.

”Ini adalah salah satu momen penting dalam sejarah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dalam memproduksi kategori motor besar pertama di kelas 700 cc. Kita boleh berbangga, ini adalah produksi moge pertama MADE IN Indonesia, yang mengukir sejarah baru industri sepeda motor di Indonesia. Produk ini melengkapi lini produksi MT Family yang sudah dibuat di YIMM mulai dari MT-15, MT-25, MT-03 dan sekarang MT-07. YIMM dipercaya oleh kantor pusat YMC Jepang untuk memproduksi MT-07 ini, berarti ada transfer teknologi tinggi ke pekerja Indonesia, ini sekaligus juga tentunya investasi dan penciptaan lapangan kerja. Target pasar kita adalah untuk diekspor ke banyak negara Eropa. Berarti kualitas produksi Yamaha Indonesia sudah tinggi, sehingga dipercaya memproduksi 2 juta unit hingga saat ini untuk berbagai global model seperti MAXi series Nmax, XMAX, R Series R15, R25 dan sekarang MT Series.  Dan menurut informasi, untuk pasar Eropa pada kategori ini, motor MT-07 sudah menempati posisi teratas. Adanya ekspor dari Indonesia harus bisa semakin memperkuat dan mempertahankan posisi top market share tersebut. Saya yakin dengan meningkatnya kemampuan YIMM dalam produksi MT-07, bisa menjadikan satu lompatan besar yang akan berlanjut kepada varian-varian model motor besar berikutnya, serta memperkuat kepercayaan terhadap kualitas hasil produksi Yamaha Indonesia,” ungkap Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. YIMM.

Yamaha MT-07 merupakan salah satu line up motor Big Bike alias Moge dengan kapasitas mesin 700 cc (689 cc), 2 silinder crossplane, mengusung sistem pendingin cairan dengan standar emisi Euro 5. Motor ini mengusung model naked big bike berkarakter torsi yang melimpah. Power maksimum yang mampu dihasilkan 54 kW pada putaran mesin 8.750 RPM dan torsi maksimum 67 Nm pada 6.500 RPM.

Yamaha MT-07 ini juga sudah dibekali dengan banyak fitur modern. Seperti desain modern, hadirnya aliran udara dibagian shroud menampilkan gaya visual yang kuat dalam hal torsi. Selayaknya tema MT yang menekankan karakter hyper naked dengan desain bodi kompak. Kemudian hadir layar TFT 5 inchi dengan desain kotak dan display full digital. Pada layar ini pula tersedia kita bisa melihat konektivitas smartphone yang bisa dipantau dengan aplikasi Yamaha seperti halnya fitur connected.

Sistem pencahayaan juga sudah mengadopsi teknologi LED. Headlamp yang menggunakan model LED Projector, disamping kanan dan kirinya hadir lampu DRL yang juga nampak terlihat sudah LED. Lampu sein dan lampu belakang juga sudah mengusung model LED yang mewakili kesan modern. (FN)