Honda Kembangan Mesin 700cc !!

Kabar baru tentang hadirnya produk motor yang lagi-lagi baru mzbro. Tak henti-hentinya Honda menelurkan ide tetang produk baru berikut juga market baru. Honda kembali telah mengembangkan mesin 700cc baru untuk sepeda motor.

Mesin ini memiliki perbandiang bore& stroke yaitu 73mm x 80 mm, mengadopsi pendingin cairan radiator, 4-stroke in-line dua silinder dan transmisi kopling baru. Mesin memiliki torsi kuat di putaran rendah sampai menengah dengan efisiensi bahan bakar yang tergolong irit sekaligus ramah lingkungan. Honda mengklaim konsumsi bahan bakar mencapai 27 km/liter, ini juga digadang-gadang menjadi motor paling irit dikelas 500cc s/d 750cc. Serbuan Honda layaknya air bah untuk para kompetitornya didunia.


Ini mesin baru dari tiga model yang berbeda berdasarkan pada konsep yang berbeda pula yang akan dipamerkan dalam pameran  EICMA 2011 yang diselenggarakan pada bulan November di Milan, Italia. Mesin ini memiliki dua jenis transmisi, transmisi manual enam kecepatan dan transmisi kopling generasi ke 2. Dimana transmisi kopling generasi pertama sebelumnya telah diperkenalkan pada model Honda VFR 1200F.

Honda mengklaim bahwa kopling generasi baru ini membuat motor menjadi lebih berakselerasi, ringan dan hemat bahan bakar.

Berikut fitur utama dari mesin baru Honda 700cc :

– Efisiensi pembakaran dan gesekan yang lebih rendah

Hal ini ntuk meningkatkan efisiensi bahan bakar melalui pembakaran terkontrol yang lebih baik sekaligus merasakan peningkatan dalam rentang rpm rendah ke pertengahan, rasio bore x stroke ditetapkan pada 73 × 80mm . Sebuah ruang pembakaran bentuk ideal dan valve timing yang optimal juga berkontribusi untuk mencapai pembakaran yang stabil. Pelapisan resin diterapkan pada piston, dan bahan aluminium ringan digunakan untuk pertama kalinya dalam sepeda motor di rocker arm untuk mengurangi gesekan di bgrol.

– Sistem emisi gas buang yang lebih bersih

Untuk memaksimalkan efisiensi pemurnian emisi gas buang dengan katalis, dapat dilakukan dengan cara ditempatkan langsung di bawah exhaust port. Desain ini memungkinkan pembakaran melewati katalis sementara gas buang masih dalam keadaan panas. Selain itu sistem injeksi bahan bakar dikontrol secara elektronik PGM-FI memungkinkan mesin untuk mencapai tingkat emisi sekitar setengah standar emisi Euro 3. Pengaruh terhadap lingkungan yang dihasilkan merupakan satu dari sekian yang terbaik di dunia tanpa mengorbankan power dari mesin itu sendiri

– Generasi kedua Transmisi Kopling Ganda

Transmisi Kopling Ganda, yang dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Honda untuk sepeda motor dan diaplikasikan pada VFR1200F, sekarang lebih ringan dan lebih kompak melalui sirkuit hidrolik disederhanakan dan perangkat tambahan desain lainnya. Fungsi riding telah dikembangkan dalam beberapa mode sehingga dapat dipilih untuk mendeteksi berbagai kondisi jalan dari kota ke jalan-jalan yang melewati pegunungan dan secara otomatis melakukan kontrol perubahan yang paling cocok. Meskipun menggunakan transmisi otomatis, diklaim bahwa transmisi kopling ganda ini memberikan penghematan bahan bakar setara dengan transmisi manual sebagai hasil dari efisiensi transmisi yang sangat baik.

Lagi-lagi Honda semakin agresif ber-inovasi dalam hal teknologi transmisi kopling ganda dan dalam fase berikutnya akan mencoba untuk memasukkan kapasitas mesin lebih kecil antara 250cc sampai 500cc. Disinyalir bahwa CBR 250R versi tahun-tahun berikutnya bakal mengaplikasikan transmisi kopling ganda, bisa-bisa malah Honda yang Semakin Didepan :).  (fnc)

[Sumber : bikeadvice]

Tingalkan Jejak Dengan Tulisan...